Trik Memilih Asuransi Jiwa dan Membandingkan Manfaatnya

produk asuransi jiwa

Apa sih yang membuat asuransi jiwa menjadi penting bagi keluarga? Alasan penting untuk memiliki asuransi jiwa memberikan perlindungan pada saat kepala atau anggota keluarga meninggal dunia.

Saat tulang punggung keluarga masih ada, keuangan serta kebutuhan bulanan akan terpenuhi. Namun, ketika tiba-tiba dia meninggal dunia, tidak ada jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Agar keluarga tetap mendapatkan standar hidup yang sama sembari mencari jalan keluarnya, asuransi jiwa hadir sebagai proteksi dalam jeda waktu tersebut.

Itulah sebabnya asuransi jiwa dibutuhkan terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Sebab asuransi tersebut memberikan perlindungan finansial saat pencari nafkah mendapatkan musibah yang tidak diduga.

Upaya perlindungan diri dan keluarga dengan asuransi jiwa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi jiwa dapat menjadi sebuah perlindungan finansial ketika pencari nafkah mendapat musibah yang tidak diduga. Melalui asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan dapat terlindungi dari kesulitan finansial. Karena kehilangan orang terdekat atau keluarga dapat mempengaruhi tiap individu secara emosional juga finansial.

Misalnya adalah masalah keuangan seperti biaya medis pemakaman atau hutang yang belum terbayar lunas. Sebab jiwa manusia adalah suatu hal yang berharga dan tidak tergantikan, maka asuransi jiwa penting untuk memberikan perlindungan pada tiap jiwa manusia.

Teliti sebelum memilih asuransi jiwa

Jika kamu ingin membeli asuransi jiwa, pastikan bahwa kamu benar-benar mengetahui segala informasi mengenai asuransi jiwa yang kamu pilih. Setelah mendapatkan cukup banyak informasi mengenai asuransi jiwa tersebut bandingkanlah dengan beberapa perusahaan asuransi jiwa.

Misalnya hal yang dapat kamu jadikan perbandingan adalah besarnya premi yang harus kamu bayar, perlindungan yang ditawarkan dan jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki.

Ketika memilih produk asuransi jiwa, pertimbangkan juga jumlah tanggungan kamu yang akan muncul di masa depan. Perencanaan yang cermat dapat mengoptimalkan manfaat perlindungan dari asuransi jiwa yang kamu pilih juga menghindari kamu dari penipuan oleh pihak asuransi jiwa yang tidak bertanggung jawab.

Tips pilih asuransi jiwa sesuai kebutuhan

Kamu bisa dibuat bingung dengan dengan banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa. Sebab setiap produk yang ditawarkan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Biasanya perusahaan asuransi membuat tawaran asuransi jiwa yang menggiurkan para calon customer. Jika kamu lengah akan hal itu, ini bisa membuat kamu memilih asuransi jiwa secara gegabah tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu.

Jangan sampai kita jadi salah satu yang menyesal karena memilih asuransi jiwa yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Maka berikut adalah tips yang harus dilakukan dalam memilih asuransi jiwa sesuai kebutuhanmu.

1. Reputasi perusahaan asuransi jiwa

Tips yang pertama sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli produk asuransi jiwa, kamu harus banget tahu mengenai reputasi dari perusahaan asuransi jiwa yang kamu pilih. Kenapa penting mengetahui reputasi perusahaan? Jawabannya adalah dengan mengetahui reputasi perusahaan kamu dapat melihat track record dan performa dari perusahaan asuransi tersebut.

Kemudian secara tidak langsung kamu juga jadi tahu bagaimana perusahaan asuransi memberikan pelayanan kepada para nasabahnya. Maka jika begini, kamu tentu tahu mana perusahaan yang aman untuk menginvestasikan dana dan mana yang sebaliknya.

2. Besaran premi

Premi atau beban biaya yang harus kamu bayar ketika membeli produk asuransi bisa dibandrol dengan harga terjangkau hingga harga tinggi. Biasanya premi dengan harga murah memberi manfaat yang rendah, tapi bukan berarti premi tinggi juga bisa menjamin manfaat yang besar bagi asuransi dan kehidupan kamu.

Nah! Untuk menjawab persoalan ini, yang harus kamu lakukan adalah menghitung secara matang kemampuan finansial kamu. Jangan mengedepankan premi tinggi namun kondisi keuangan kamu berantakan dan mengkhawatirkan. Jadi pastikan kembali ya sebelum memilih besaran premi.

Faktor yang menentukan besaran premi yaitu:

Usia

Semakin tua usia tertanggung maka akan semakin besar premi yang dikenakan oleh perusahaan asuransi. Ini disebabkan karena lebih tingginya resiko yang ditanggung oleh perusahaan.

Riwayat medis

Ketika mendaftar atau membeli produk asuransi jiwa, perusahaan asuransi biasanya akan meminta riwayat medis tertanggung. Ini dilakukan untuk menghitung besarnya resiko yang akan ditanggung perusahaan.

Keseharian

Premi tinggi akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki profesi atau hobi yang extrem dan berbahaya. Seperti skydiving atau bahkan seorang perokok aktif akan dikenakan premi dua kali lipat dari perokok pasif.

3. Proses administrasi

Selanjutnya yakni proses administrasi, dalam asuransi jiwa ini merupakan hal yang krusial. Alasannya adalah jika proses administrasi berbelit atau ribet, dapat membuat proses pengajuan klaim juga semakin sulit. Sebab tak sedikit ahli waris yang dipersulit ketika mengajukan klaim. Maka telitilah memilih produk asuransi jiwa.

4. Pastikan jenis asuransi sesuai kebutuhan

Tips terakhir yaitu ketahui secara rinci jenis asuransi jiwa. Lakukanlah perbandingan dari tiap jenis asuransi jiwa yang ada. Pilih yang paling sesuai kebutuhan kamu saat ini dan di masa mendatang.

Kategori dan contoh produk asuransi jiwa

Asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat yang berbeda. Berikut adalah perbedaan produk atau jenis asuransi jiwa berdasarkan manfaat dan contohnya.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jenis ini adalah asuransi yang paling aman karena preminya sangat murah dengan nilai yang tetap atau flat sepanjang masa pembayaran premi.

Bagi kamu yang punya keluarga muda dengan penghasilan terbatas bisa memilih asuransi jiwa berjangka atau familier disebut dengan asuransi konvensional murni.

Alasan kenapa preminya lebih terjangkau karena polis asuransi hanya memberikan perlindungan dalam kurun waktu tertentu saja.

Kamu bisa memilih masa perlindungan mulai dari 5, 10, 15, dan sampai dengan 20 tahun. Artinya, semakin pendek durasinya maka semakin murah premi yang harus dibayarkan. Begitu pula sebaliknya. Pilihan ini bisa digunakan untuk menyiasati premi yang dianggap mahal atau tidak terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Meski demikian, premi yang mahal biasanya akan disesuaikan pula dengan manfaat yang diberikan. Begitu juga jika preminya murah. Salah satu contoh asuransi jiwa yang terjangkau sebagai berikut.

Contoh, kamu berusia 35 tahun. Kamu bisa membayar premi Rp100 ribu per bulan selama 5 tahun, maka kamu akan mendapatkan uang pertanggungan sekitar Rp40 juta dengan masa pertanggungan selama 20 tahun.

Keuntungannya jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan maka premi yang sudah dibayarkan akan hangus. Terkecuali bila diperpanjang sehingga mendapatkan uang pertanggungan yang lebih besar lagi.

Oh ya, premi ini juga tidak ada investasi. Ini juga salah satu alasan mengapa premi asuransi jiwa berjangka lebih terjangkau untuk semua kalangan.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jenis ini cocok untuk kamu sebagai kepala keluarga yang sudah memiliki penghasilan tetap. Dalam penerapannya, kamu bisa menyisihkan 10 persen hingga 20 persen dari total penghasilan per bulan untuk alokasi asuransi.

Perbedaannya dengan asuransi jiwa berjangka adalah premi lebih mahal dengan durasi yang lebih lama pula. Namun, kelebihannya uang pertanggungannya lebih besar yaitu bisa mencapai Rp1 miliar hingga Rp2 miliar. Begitu juga dengan usia pertanggungan mencapai 100 tahun.

Sama halnya seperti asuransi berjangka, saat melewati masa pembayaran premi selesai, kamu tetap bisa terlindungi sesuai dengan masa perlindungan yang tertera dalam polis asuransi.

Hanya saja premi yang kamu bayarkan bisa naik. Alasan lain mengapa asuransi jiwa seumur hidup lebih mahal karena ada manfaat investasi yang didapatkan.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jika dilihat dari maknanya, kita sudah bisa mengartikan bahwa asuransi jenis ini mempunyai dua manfaat sekaligus dalam satu produk. Pertanyaannya, apa manfaat tambahan yang bisa didapatkan selain asuransi jiwa?

Nah, asuransi jiwa dwiguna ini adalah penggabungan antara asuransi jiwa berjangka dengan tabungan. Jadi, berbeda dengan dengan asuransi jiwa berjangka, pada saat masa perlindungan habis dan tidak ada klaim, maka premi akan hangus.

Sementara dalam asuransi jiwa dwiguna, premi yang sudah dibayarkan akan dikembalikan dengan nilai yang lebih besar. Sebagai contoh ada produk asuransi dwiguna yang memberikan pengembalian premi sampai dengan 160 persen dari total premi yang sudah dibayarkan.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Ini dia produk asuransi yang cukup populer di Indonesia. Sayangnya, para pemula yang memiliki literasi yang rendah tentang asuransi justru kerap merasa terjebak dengan produk asuransi unit link.

Biasanya ada beberapa agen asuransi yang kurang transparan dan tidak menjelaskan perbedaan antara produk asuransi jiwa yang ada.

Asuransi jiwa unit link adalah asuransi jiwa yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Keuntungannya bisa lebih besar daripada asuransi jiwa dwiguna. Tetapi, konsekuensinya adalah premi jadi lebih mahal sebab sebagian premi yang dibayarkan akan digunakan untuk memberikan manfaat asuransi dan sebagian lagi untuk membayar unit investasi.

Bunga investasinya sendiri bisa mencapai antara 15 persen hingga 30 persen dari total premi yang sudah dibayarkan.

Dua produk di atas yaitu asuransi jiwa dwiguna dan unit link memang tampak menarik. Akan tetapi, konsekuensinya adalah kamu tidak bisa memperoleh manfaat asuransi yang maksimal.

Uang pertanggungan yang kamu dapatkan juga akan jauh lebih rendah karena dibagi dengan investasi. Begitu juga dengan nilai investasi yang kamu keluarkan tidak akan berjalan dengan maksimal.

Perbandingan manfaat dari semua produk

Jenis Produk Asuransi Jiwa Berjangka Asuransi Jiwa Seumur Hidup Asuransi Jiwa Dwiguna Asuransi Jiwa Unit Link
Premi Rendah Mahal Rendah Mahal
Uang Pertanggungan Menengah Tinggi Rendah Rendah
Usia Pertanggungan Pendek Panjang Pendek Panjang
Masa Perlindungan Pendek Panjang Pendek Panjang
Pengembalian Premi Tidak Ada Ada Tidak Ada Ada

Tabel di atas dapat menjadi pertimbangan saat memilih produk asuransi jiwa yang tepat. Tapi jika kamu masih bingung dan membutuhkan konsultasi secara langsung, jangan ragu untuk menghubungi Lifepal. Tim kami siap membantumu memahami apa saja manfaat asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu.

Yuk kunjungi Lifepal sekarang juga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →