Mengenal Dasar-Dasar Produk Asuransi Syariah

produk asuransi syariah

Maraknya produk asuransi syariah saat ini kerap membuat kita bingung untuk memilih mana yang terbaik atau yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pada tahun 2015 merilis daftar perusahaan asuransi berbasis syariah yang beroperasi di Indonesia dan mencatat 3 perusahaan umum asuransi syariah, 23 izin unit syariah perusahaan asuransi umum, 3 unit syariah perusahaan reasuransi, 3 perusahaan asuransi jiwa syariah, dan 18 izin unit syariah perusahaan asuransi jiwa.

Secara global, masyarakat memang masih menaruh minat pada asuransi konvensional dan belum terlalu berminat untuk menggunakan asuransi syariah. Namun, ada beberapa hal yang perlu dicermati terkait asuransi ini, seperti konsep, keunggulan, serta apa yang membuatnya lebih baik dari asuransi konvensional.

Memahami Pengertian Asuransi Syariah

Hal paling mendasar yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional adalah prinsip saling melindungi dan tolong-menolong antar sesama nasabah asuransi dalam menanggung suatu risiko. 

Jadi, bila salah satu nasabah asuransi mengalami risiko dan mengajukan klaim ganti rugi, maka yang menanggung dananya adalah sesama nasabah itu sendiri. Ini berbeda dengan asuransi konvensional yang membayar klaim langsung dari dana perusahaan.

Ada banyak aspek dari asuransi syariah yang juga dinilai lebih sesuai dengan masyarakat di Indonesia yang mayoritasnya adalah beragama Islam, seperti pengelolaannya yang lebih transparan, investasi yang tidak melibatkan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam hingga prinsip kepemilikan dana premi yang tetap menjadi milik nasabah meski nasabah tidak lagi mampu membayar premi asuransi di tengah jalan.

Keunggulan Produk Asuransi Syariah

Asuransi syariah memiliki beberapa keuntungan yang tidak ditawarkan di dalam asuransi konvensional. Selain menjamin bebas dari berbagai hal yang dilarang oleh syariat, keuntungan lainnya adalah:

1. Diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS)

DPS bertugas mengawasi jalannya perusahaan agar tetap sesuai dengan prinsip dasar syariah. Dengan demikian, nasabah bisa menjadi lebih tenang bahwa produk asuransi syariah yang dibelinya senantiasa diterapkan tanpa mengena pada unsur-unsur riba. Hal ini tentu saja tidak ditemukan di dalam produk-produk asuransi konvensional.

2. Kepemilikan dana adalah sepenuhnya milik nasabah

Perusahaan hanya mendapat amanah untuk mengurus pengelolaan dana saja. Ini berbeda dengan asuransi konvensional yang mana status kepemilikan dana adalah mutlak milik perusahaan dan bebas digunakan sesuai kebutuhan perusahaan.

3. Sistem bagi hasil

Keuntungan perusahaan adalah milik nasabah juga dan dibagikan melalui aturan bagi hasil dengan perusahaan asuransi syariah. Sedangkan dalam asuransi konvensional pada umumnya, keuntungan adalah milik perusahaan saja.

Terkecuali dengan produk asuransi unit link konvensional yang mana hasil investasi terbagi untuk perusahaan dan nasabah dalam bentuk nilai tunai.

4. Asuransi syariah tidak mengenal kondisi dana hangus

Bila nasabah tidak mampu lagi membayar premi di tengah jalan, sebagian besar premi asuransi yang sudah dibayarkan akan tetap menjadi milik nasabah. Sedangkan pada asuransi konvensional, kondisi ini berarti premi asuransi yang sudah dibayarkan selama ini menjadi milik perusahaan sepenuhnya.

5. Satu akun nasabah untuk semua keluarga

Asuransi syariah memungkinkan satu akun nasabah untuk digunakan oleh keluarga inti dalam urusan klaim asuransi. Tentu saja hal ini tidak akan terjadi pada asuransi konvensional pada umumnya.

Pilihan Produk Asuransi Syariah

pilihan produk asuransi syariah

Mencermati keuntungan yang bisa didapatkan bila kita menjadi nasabah asuransi syariah, ada baiknya kita mengenal dahulu produk-produk yang dilahirkan dari asuransi berbasis syariah ini.

1. Takaful individu 

Perlindungan yang diberikan asuransi ini bersifat pribadi dan terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Takaful Dana Investasi yang memberikan perlindungan untuk hari tua.
  • Takaful Dana Haji yang memberikan perlindungan bagi nasabah yang berniat menunaikan ibadah haji.
  • Takaful Dana Siswa yang menjamin dana pendidikan.
  • Takaful Dana Jabatan yang memberikan santunan bagi ahli waris dari nasabah yang menduduki suatu jabatan penting bila nasabah meninggal dunia.

2. Takaful kelompok

Ini jenis asuransi yang memberikan perlindungan dan perencanaan finansial bagi individu atau kelompok. Contohnya meliputi:

  • Takaful al-Khairat dan Tabungan Haji yang memberikan perlindungan bagi karyawan yang berencana menunaikan ibadah haji dan didanai secara bersama-sama atau berkelompok.
  • Takaful Pembiayaan yang memberikan perlindungan untuk pelunasan utang bila nasabah meninggal di dalam periode pelunasan.
  • Takaful Wisata dan Perjalanan yang memberikan perlindungan bagi nasabah yang sedang bepergian atas risiko kecelakaan yang berakibat kepada meninggal dunia atau cacat tetap.
  • Takaful Kecelakaan Group yang memberikan perlindungan bagi sekelompok karyawan dalam sebuah perusahaan atau kelompok lain.

3. Takaful umum

Jenis proteksi yang diberikan di luar dari lingkup jiwa dan kesehatan, yaitu:

  • Takaful Kendaraan Bermotor yang memberikan perlindungan bagi kendaraan bermotor.
  • Takaful Kebakaran yang memberikan perlindungan keuangan atas kerugian yang disebabkan oleh api.
  • Takaful Rekayasa yang memberikan perlindungan atas risiko pekerjaan pembangunan, seperti pembangunan rumah dan konstruksi lain-lain.

Memilih asuransi syariah dinilai sebagai langkah yang paling untuk memproteksi keuangan kita dari pengeluaran atas biaya berobat dan perbaikan harta kita tanpa khawatir bahwa produk keuangan yang kita pilih terlibat unsur-unsur riba.

Tidak hanya itu, perusahaan yang menawarkan produk asuransi syariah pun turut diawasi oleh sebuah Dewan Pengawas Syariah yang akan menjamin segala prosedur yang dijalani senantiasa sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk mendapatkan ulasan-ulasan selengkapnya tentang produk-produk asuransi syariah dan referensi berbagai perusahaan asuransi yang menawarkannya, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal.