Produk Bank Syariah Terbaik di Indonesia dan Kelebihannya

wanita berjilbab ke bank

Pada umumnya, masyarakat awam hanya mengetahui bahwa produk dan layanan bank terbatas pada simpanan dan pinjaman konvensional saja, padahal masih banyak lagi.

Ada banyak produk menarik perbankan yang bisa dimanfaatkan, termasuk produk bank syariah atau produk perbankan syariah yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat secara luas. Tidak hanya itu, ada pula yang menyediakan produk asuransi syariah yang bahkan bisa kamu beli tidak hanya melalui perbankan tetapi juga marketplace asuransi Lifepal.

Saat ini, ada beberapa jenis produk bank syariah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Perlu diketahui bahwa bank syariah tidak hanya melayani tabungan haji atau tabungan umroh saja, melainkan juga ada beberapa produk lain, termasuk pinjaman modal usaha. 

Produk-Produk Bank Syariah yang Bermanfaat

Produk bank syariah bisa berupa tabungan/simpanan, pembiayaan, pinjaman hingga jasa. Pada dasarnya tidak berbeda dengan produk yang ditawarkan dengan produk bank konvensional. Perbedaannya hanya terletak pada akad serta sistem yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa produk bank syariah atau produk perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas berdasarkan kebutuhan.

  • Tabungan syariah
  • Deposito syariah
  • Gadai syariah
  • Pembiayaan syariah
  • Giro syariah

Di bawah ini pembagian-pembagian produk perbankan syariah berdasarkan akadnya.

Bagi Hasil

Produk bagi hasil merupakan salah satu istilah pemberian pinjaman dana kepada debitur. Akad yang digunakan sesuai dengan ketentuan syariah yaitu bagi hasil. Sehingga tidak menggunakan konsep bunga seperti dalam bank konvensional.

1. Mudharabah

Mudharabah adalah kerja sama dengan memberikan pinjaman modal kepada mudharib (debitur) dengan perjanjian yang disepakati antara kedua belah pihak demi mendapatkan laba usaha. Seperti produk kredit dalam bank konvensional. 

2. Musyarakah

Musyarakah adalah kerja sama antara dua pihak atau lebih dengan pembagian laba dan kerugian berdasarkan persentase dana yang digunakan untuk modal usaha. Seperti produk pembiayaan untuk usaha dalam bank konvensional.

3. Muzara’ah

Muzara’ah adalah kerja sama dalam mengelola lahan atau tanah kepada orang lain dengan pembagian imbalan bagi pemilik lahan dan pengelola lahan sesuai dengan kesepakatan. Seperti produk pinjaman modal usaha dalam bank konvensional.

4. Musaqah

Musaqah adalah kerja sama dalam mengelola kebun atau tanaman dengan pembagian sesuai dengan akad antara pemilik kebun dan pengelola kebun. Seperti produk pembiayaan modal usaha dalam bank konvensional.

Simpanan

Produk simpanan atau tabungan dalam bank syariah memungkinkan untuk mengenakan biaya titipan kepada nasabah.  

1. Wadi’ah

Wadi’ah adalah titipan dimana nasabah dapat menitipkan barang atau uang dengan ketentuan terdapat biaya jasa titipan dari bank syariah sebagai pengelola titipan. Seperti produk tabungan/simpanan dalam bank konvensional.

2. Mudharabah

Mudharabah adalah simpanan dana yang dapat digunakan oleh bank (pengelola modal) untuk modal usaha dengan imbalan bagi hasil yang telah disepakati antara nasabah dengan bank. Seperti produk simpanan di bank konvensional yang dapat digunakan bank untuk memberikan modal usaha kepada debitur. 

Jual Beli

Produk bank konvensional yang paling banyak diminati adalah produk kredit. Produk kredit yang umumnya ditawarkan adalah pembelian kendaran, rumah atau barang lainnya sesuai dengan kebutuhan nasabah.

1. Bai Murabahah

Bai Murabahah adalah pembelian barang dengan penambahan keuntungan yang diketahui oleh pembeli. 

Penjual juga wajib memberi tahu modal pembelian barang tersebut sehingga ada transparansi harga serta keuntungan yang didapatkan oleh penjual. Contohnya produk pembiayaan kendaraan atau rumah dalam produk bank konvensional.

2. Bai Salam

Bai Salam adalah adalah akan jual beli dalam bentuk pemesanan barang sesuai dengan kriteria yang diinginkan pembeli serta disanggupi oleh pembuat atau penjual. Metode pembayaran akad ini di muka dengan penyerahan barang di kemudian hari.. 

3. Bai Istishna

Bai istishna adalah akad jual beli dalam bentuk pemesanan pembuatan barang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pembeli dan disepakati oleh pembuat atau penjual. Metode pembayaran dalam akad ini bisa dilakukan dengan metode cicilan.

Contoh produk ini di bank konvensional seperti pembelian kendaraan atau rumah dengan metode kredit atau cicilan

4.  Ijarah

Ijarah adalah sewa menyewa. Proses transaksi seperti ini biasanya digunakan dalam pembiayaan kendaraan. Debitur akan dikenai biaya sewa barang sekaligus menjadi cicilan pembelian barang pada saat periode sewa berakhir.

Jasa

Produk jasa yang ditawarkan bank cukup banyak. Seperti penggunaan ATM, Internet Banking dan sebagainya yang memudahkan transaksi perbankan.

Dalam konteks produk bank syariah atau produk perbankan syariah, layanan tersebut dapat dikenakan biaya yang dibebankan kepada nasabah.

1. Wakalah

Wakalah adalah nasabah memberikan kekuasaan kepada bank untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti transfer, pembukuan dan sebagainya. Atas usaha yang dilakukan oleh bank tersebut akan mendapatkan komisi dari nasabah. 

2. Hawalah

Al-Hawalah adalah mengalihkan utang kepada orang lain dengan maksud menolong. Pengalihan utang ini tetap harus berdasarkan kerelaan dari kreditur maupun debitur.  

3. Rahn

Rahn adalah menahan aset debitur dengan imbalan pinjaman dana atau modal dari kreditur. Istilah sederhananya adalah menggadaikan barang untuk mendapatkan pinjaman. Debitur akan dikenai biaya pemeliharaan yang dapat dicicil sesuai dengan akad di awal.  

4. Qardh

Qardh adalah penyaluran dana dengan maksud menolong. Nasabah wajib mengembalikan pokok pinjaman sesuai dengan akad.

Nasabah boleh melebihkan jumlah pembayaran dari pokok sebenarnya tetapi tidak boleh atas dasar paksaan apalagi dicantumkan dalam perjanjian. 

Proteksi syariah menjadi produk syariah yang tak kalah menguntungkan

Selain produk perbankan syariah, penting juga buat memiliki proteksi syariah. Apa itu proteksi syariah? Proteksi syariah adalah asuransi syariah yang berdasarkan prinsip tolong-menolong.

Dengan memiliki asuransi syariah, peserta berperan dalam menolong peserta lainnya yang mengalami risiko finansial. Ditambah lagi asuransi syariah ini telah sesuai dengan Fatwa MUI. Pastinya asuransi syariah sesuai dengan syariat Islam.

Ada banyak benefit yang didapat dengan memiliki asuransi syariah, di antaranya:

  • santunan meninggal dunia 100%,
  • santunan kecelakaan diri 100%,
  • santunan cacat tetap total 100%,
  • pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan, ICU, dan pembedahan,
  • dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan kekurangan produk bank syariah

Produk bank syariah atau produk perbankan syariah memang menentramkan khususnya bagi umat Islam. Masyarakat kontemporer yang mulai memperdalam agama biasanya lebih sadar tentang bahaya riba demi menaati aturan syariat.

Perlu diketahui bahwa produk bank syariah atau produk perbankan syariah tidak dikhususkan untuk umat dan golongan tertentu saja. Bank syariah bersifat terbuka kepada seluruh masyarakat yang ingin memanfaatkan produk-produk syariah yang disediakan.

Hanya saja kekurangan produk bank syariah menjadikan produk-produknya kurang kompetitif dibandingkan dengan bank konvensional.

Hal tersebut terjadi karena bagi hasil maupun akad keuntungan pembagian laba benar-benar harus diperhitungkan dengan matang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →