Sukses Jadi Pengusaha, Ini 4 Kesamaan Jokowi dengan Ayahnya

Profesi Ayah Jokowi, Foto: Presiden Joko Widodo. (Tempo/M. Taufan Rengganis)

Orangtua Jokowi cuma orang biasa. Ayahnya Widjiatno Notomihardjo, sementara ibunya Sudjatmi. Mereka cuma orang kampung. Ibunya dari Boyolali dan ayahnya dari Karanganyar.

Pasangan Widjiatno dan Sudjatmi menikah muda tahun 1959. Joko Widodo lahir dua tahun setelah mereka menikah.

Melihat latar belakang keluarga yang bukan siapa-siapa, nampaknya agak mustahil bagi Jokowi buat bisa jadi presiden. Maklum, presiden kita sebelum beliau selalu berasal dari “darah biru.”

Tapi toh Jokowi membalikkan semuanya. Kini, setelah dia jadi presiden, siapa aja bisa bermimpi jadi orang nomor satu di republik, termasuk orang kampung.

Apa lagi yang menarik dari orangtua Jokowi? Ternyata, hobi dan profesi mereka sama dengan sang anak. Penasaran? Yuk simak.  

1. Orangtua Jokowi adalah pengusaha

Foto: Detik.com

Jokowi mengawali kariernya sebagai karyawan di perusahaan plat merah alias milik pemerintah. Dia kemudian bergabung dengan sang paman buat menjalankan usaha furnitur di bawah naungan CV Roda Jati yang ada di Solo.

Lambat laun, Jokowi memberanikan diri turun langsung di bisnis kayu dengan mendirikan CV Rakabu. CV ini sukses dan berubah jadi Perseroan Terbatas (PT).

Kemudian, setelah modal semakin besar, Jokowi memutuskan menggabungkan perusahaannya dengan PT Toba Sejahtera.

Semangat berusaha sendiri seperti ini sejatinya udah ada di dalam jiwa orangtua Jokowi.

Notomihardjo dan Sudjatmi berprofesi sebagai pengusaha. Mereka berbisnis jual-beli kayu di Surakarta. Bisnis kayu yang mereka lakoni merupakan usaha milik ayahnya Sudjatmi.

Bisa dibilang, bisnis perkayuan inilah yang bikin keluarga Notomihardjo jadi kaya raya. Mereka memiliki tempat pengolahan kayu sendiri di dekat rumah.

Intinya, keluarga Jokowi emang terkenal giat dalam mendirikan usaha. Anak-anak Jokowi pun kini melakukan hal yang sama.

2. Widjiatno Notomihardjo suka musik dan berjiwa sosial

Foto: Detik.com

Jokowi emang suka musik, dan ternyata itu merupakan warisan dari sang ayah.

Widjiatno yang wafat tahun 2000 silam ternyata jago memainkan musik keroncong dan gitar. Manggung dari satu tempat ke tempat lain udah jadi makanan sehari-hari buat beliau.

Selain tampil dalam pertunjukan, orangtua Jokowi juga sering mengajak anak-anak muda bermain gitar. Tempat konser kecil-kecilan itu gak jauh dari lokasi usaha Widjiatno.

Ketika menggelar kumpul bersama dalam pagelaran keroncong, Widjiatno bakal membelikan makanan dan minuman buat mereka yang ikut nonton. Dia juga menyalurkan sedekah buat orang-orang yang gak mampu. Hal ini juga dilakukan pak Jokowi saat ini.

3. Ayah Jokowi hobi motor

Selain musik, Presiden Jokowi ternyata juga hobi motor. Dia pernah turing ke Sukabumi dengan motor custom Royal Enfield karya anak bangsa. Motor ini dipajang di Indonesia International Motor Show 2018 bersama dengan motor putranya, Gibran Rakabuming.

Bukan cuma itu. Di Asian Games, Jokowi juga tampil heboh dengan menunggangi Yamaha FZ1 1.000 cc milik Paspamres.

Kegemaran Jokowi atas motor bisa jadi merupakan warisan sang ayah yang juga menggemari hal yang sama.

Ketika muda, orangtua Jokowi ternyata adalah seorang biker yang mengendarai moge Inggris BSA (The Birmingham Small Army). Konon kabarnya, Sudjiatmi jadi naksir dengan Widjiatno karena pria berkumis tebal itu tampak gagah ketika menunggangi motor.

4. Saat reformasi, Widjiatno sempat bergabung dengan partai

Di era reformasi 1998, orangtua Jokowi menunjukkan ketertarikannya bergabung di dunia politik. Dia jadi pengurus partai sebelum akhirnya meninggal dunia dua tahun kemudian.

Kabarnya, Widjiatno sempat jadi satgas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan menggantikan ketua ranting di kampungnya.

Lucunya, Widjiatno malah malah lebih terdepan buat urusan manggung lagu keroncong ketimbang pidato. Alhasil, istrinyalah yang disuruh pidato.

Bisa jadi, bergabungnya Widjiatno ke PDIP itulah yang lantas menginspirasi Jokowi buat terjun ke politik.

Terbukti kan kalau buah gak jatuh jauh dari pohonnya?

Apa yang jadi profesi, hobi, dan yang ditekuni orangtua bisa menurun kepada anak-anaknya di kemudian hari. Contohnya orangtua Jokowi yang barusan aja kita bahas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →