Seluk Beluk Karier Marty Natalegawa, Mantan Menlu RI

marty natalegawa

Mereka yang tahun 2009 hingga 2014 kuliah di jurusan hubungan internasional pasti tahu siapa itu Marty Natalegawa. Mantan Menteri Luar Negeri RI ini pada masa aktifnya dulu selalu terlihat keren, disegani negara lain, dan berwibawa.

Emang sih sekarang beliau gak lagi muncul di layar kaca. Tapi  sebenarnya nih, karier pak Marty bisa dibilang makin moncer lho sekarang.

Kabar terakhir tentang Marty muncul pada 2015 lalu, lebih tepatnya saat dia mengakhiri jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri. Setelah itu, pria asal Bandung ini benar-benar hilang dari sorotan media.

Marty dikabarkan bekerja bersama PBB, lebih tepatnya di UN Secretary General High Level Pannel on Global Response to Health Crisis sebagai panel khusus buat menangani isu krisis kesehatan. Jangan salah, meski udah gak jadi pejabat tinggi di negaranya, di sana Marty kerja bareng Presiden Swiss dan Tanzania lho.

Bisa dibilang, kariernya saat ini malah lebih bergengsi ketimbang sebelumnya. Dulu cuma di level negara, sekarang udah di level dunia.

Keberhasilan Marty Natalegawa dalam memiliki jenjang karier baik di tingkat dunia ini sejatinya berawal dari prestasinya yang memukau sebagai diplomat karier.

Nah, bicara soal karier pak Marty nih, ternyata selain jadi diplomat dia juga pernah bekerja di bidang lain lho.

Pengin tahu apa aja bidangnya? Berikut adalah empat profesi yang pernah dan sedang dilakoni seorang Marty Natalegawa.

1. Loper koran

View this post on Instagram

The IME conference is in TWO WEEKS! Hurry up and get your tickets NOW by pressing the link in our description box ☝🏼️☝🏼☝🏼 ————- Presenting his eminency, our 6th speaker of the IME Conference, Dr. Marty Natalegawa. ————– Dr. Marty Natalegawa served as Foreign Minister of the Republic of Indonesia between 2009-2014. ——————————————– Dr Natalegawa served as Permanent Representative of Indonesia to the United Nations (UN) in New York (2007-2009). During that time, he served as President of the Security Council in November 2007 and as Chair of the UN Special Committee on Decolonisation. ——————————————– Between 2005 and 2007, he served as Ambassador of the Republic of Indonesia to the Court of St. James and Ireland. In November 2012, he was made Honorary Knight Commander of the Order of St. Michael and St. George (KCMG) by Her Majesty Queen Elizabeth II of the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. ——————————————– In 2013, the Foreign Policy Magazine included Dr Natalegawa among the list of 500 most influential individuals in the world. ——————————————– He currently also serves as a member of the United Nations Secretary-General High Level Panel on Global Response to Health Crises. #imeconference2016 #martynatalegawa

A post shared by IME Conference (@imeconferenceofficial) on

Marty Natalegawa adalah seorang doktor. Gelar itu dia raih dari Australian National University jurusan Hubungan Internasional.

Selama tiga tahun tinggal di Negeri Kanguru, Marty mengakui bahwa kehidupan di sana cukup keras. Dia terpaksa bekerja sebagai loper koran, sementara istrinya Sraya Bamruphong juga ikut bekerja pada saat itu.

Gak nyangka ya orang sekelas Marty yang SMP-nya aja di Singapura ternyata pernah kerja sebagai loper koran di negara lain. Tapi ya itulah yang namanya perjuangan hidup. Asalkan kerja halal pasti berkah.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

2. Komisaris Independen Asuransi Prudential

marty natalegawa
Ketika bertemu dengan mantan Menlu AS John Kerry (U.S. Department of State/Flickr)

Tahu dong sama asuransi dari Inggris ini? Ternyata, Marty Natalegawa sampai saat ini masih tercatat sebagai komisaris independen di perusahaan asuransi tersebut.

Emang sih, bisa dibilang pas banget kalau komisarisnya Marty. Secara Marty sendiri adalah seorang jebolan dua universitas di Inggris.

Komisaris independen adalah komisaris dari pihak luar perusahaan. Dia gak berhubungan dengan anggota direksi atau dewan komisaris lain yang diatur di Anggaran Dasar.

Komisaris Independen diangkat berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS) perusahaan yang bersangkutan.

3. Direktur Independen Jardine Cycle and Carriage Limited (JC&C)

marty natalegawa
Satu hal yang mencolok adalah penampilan beliau yang selalu menggunakan kacamata Moscot (World Economic Forum/Flickr)

Jabatan yang sama juga diemban Marty Natalegawa di JC&C. Dia diangkat pada Februari 2015 lalu. Informasi ini disebar ke media lewat sebuah siaran pers.

Perusahaan otomotif asal Singapura ini adalah sebuah perusahaan konglomerasi raksasa yang punya saham di Astra Internasional. Mungkin kamu baru dengar ya nama perusahaan ini.

Bergabungnya Marty di JC&C pada saat itu disambut dengan cukup baik. Pasalnya, Marty dinilai punya pengetahuan yang luas serta pengalamannya dalam hubungan internasional.

Selain itu, Marty juga merupakan figur yang cukup dikenal oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

4. Anggota Kehormatan Asia Society Policy Institute di New York

marty natalegawa
Soal public speaking, Marty juga ahlinya deh (UNCTAD/Flickr)

Asia Society Policy Institute adalah sebuah organisasi di Amerika Serikat yang bergerak di bidang edukasi. Organisasi non-profit ini didirikan oleh John D Rockefeller III pada tahun 1956. Dan Marty Natalegawa adalah anggota kehormatan organisasi ini.

Saat awal didirikan, lembaga ini bertugas buat mengkaji segala bentuk aspek tentang Asia di Amerika Serikat. Asia Society Policy Institute juga bakal bikin kajian-kajian penelitian seputar ekonomi dan sosial, yang nantinya bakal dijadikan sebagai referensi kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap Asia.

Menurut mantan Presiden Cina, Hu Jintao, keberadaan lembaga ini udah terbukti berhasil dalam memperkuat hubungan antara Negeri Paman Sam dan Negeri Tirai Bambu.

Kesimpulannya, lembaga ini bukan lembaga sembarangan. Mereka adalah LSM kaliber tinggi yang udah berjasa dalam menghubungkan satu negara besar dengan negara lainnya.

Itulah empat profesi yang pernah dan masih diemban oleh Marty Natalegawa. Tentu aja, tiga profesi selain yang pertama adalah profesi bergengsi.

Dan emang, profesi tersebut bakal makin baik jika ditangani oleh seorang dengan yang memiliki kemampuan tinggi dalam hal public speaking atau negosiasi. Seperti pak Marty Natalegawa itu deh.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →