Deretan Profesi Memungkinkan Work From Home dan Produktif Abis!

Kerja dari rumah

Work from home atau kerja dari rumah mungkin kata-kata ini belakangan sering kamu dengar di mana-mana mulai dari televisi, media sosial hingga lingkungan kantor. Berikut ada lho deretan profesi yang memungkinkan work from home dan tetap produktif. 

Merebaknya COVID-19 yang semakin hari semakin banyak, memaksa hampir seluruh karyawan di kota besar untuk menyelesaikan tugasnya dari rumah alias work from home. Tidak hanya itu, profesi freelance juga saat ini dapat menjalani pekerjaannya di rumah dan tetap produktif. 

Presiden Jokowi menyerukan hal serupa untuk menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air. Jokowi menyarankan agar warganya untuk tetap berada di rumah mulai dari bekerja, aktivitas belajar mengajar hingga ibadah. 

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Agar penyebarannya (COVID-19) bisa kita hambat dan stop,” ujarnya saat konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat tanggal 15 Maret 2020, mengutip dari Kompas.

Presiden jug menambahkan di waktu selanjutnya bahwa jangan memanfaatkan momen tersebut untuk liburan. Sebab beberapa waktu setelah itu terdapat tempat  wisata seperti di puncak dan pantai Carita yang dipadati pengunjung.

Aktivitas work from home tidak cegah para pelaku profesi ini dari mencapai target

Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada beberapa pekerjaan yang sudah familiar dengan metode kerja dari rumah ini sangat diuntungkan dengan kondisi seperti sekarang ini. Pasalnya mereka tidak perlu melakukan pekerjaan datang ke tempat bekerja melainkan hanya menyelesaikan tugasnya langsung dari rumah. Kira-kira profesi apa saja yang bisa melakukan pekerjaannya hanya lewat rumah alias work from home? Yuk kita simak langsung aja 7 profesi yang memungkinkan pekerjanya work from home, berikut ini:

  1. Content writer
  2. Desain grafis
  3. Dosen
  4. Arsitek
  5. Web developer
  6. Social media specialist
  7. YouTuber

1. Content writer

Pekerjaan pertama yang memungkinkan pekerjanya melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home adalah menjadi penulis konten atau content writer. Profesi ini hanya membutuh modal laptop dan internet untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Untuk koordinasinya sendiri bisa dilakukan dengan melalui video call, sedangkan kalau meeting dapat melalui conference call. Hanya saja salah satu kesulitan yang bakal kamu hadapi ketika kerja dari rumah adalah inspirasi sulit didapatkan karena lingkungannya terlalu sempit sehingga ide-ide brilian sulit ditemui.

Untuk kisaran gajinya sendiri, penulis konten pemula diupah sekitar Rp5 juta hingga Rp7 jutaan per bulannya. Semakin banyak pengalaman, semakin tinggi juga kemungkinan kamu mendapatkan gaji yang lebih banyak.

2. Desain grafis

Kedua ada profesi yang pekerjaannya menggambar yakni desain grafis. Sama seperti penulis konten, menjadi desain grafis kamu hanya memerlukan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni guna menjalankan aplikasi.

Kalau posisi lain kemungkinan proyeknya terancam tertunda, maka menjadi seorang desain grafis kamu bisa menyelesaikan tugas yang sebelumnya sudah dijanjikan kepada klien. Jadi kerja nyaman, cuan juga aman.

Gaji yang bisa didapatkan oleh desain grafis beraneka ragam mulai dari Rp6 jutaan untuk yang pemula hingga Rp15 jutaan bagi level senior.

3. Dosen

Selanjutnya ada profesi sebagai dosen yang memungkinkan orang untuk work from home nih. Demi mengakali pertemuan yang biasanya diadakan di kelas, maka seorang dosen bisa mengatur jadwal untuk mengadakan kuliah online via internet nih.

Sekarang ini juga udah banyak universitas di dalam negeri maupun luar negeri yang mengadakan kelas online demi efisiensi waktu dan kegiatan lho. Peminatnya juga lumayan banyak, umumnya para mahasiswa yang memilih jalur ini punya pekerjaan lain atau kegiatan lain yang gak bisa ditinggal.

Gaji serta tunjangan seorang dosen sendiri di Indonesia lumayan tinggi, mulai dari Rp 8 jutaan hingga Rp 20 jutaan per bulan. Salah satu penyebabnya karena untuk menjadi seorang dosen, kamu perlu menyelesaikan pendidikan S-2 sesuai peraturan dari pemerintah.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Arsitek

Keempat ada pekerjaan yang kebanyakan job desknya menggambar dan mengukur mirip seperti desain grafis yakni arsitek. Namun yang membedakan adalah arsitek menggambar untuk membangun gedung atau bangunan tertentu dengan desain dan perhitungan yang matang.

Tapi untuk mengerjakan sebuah proyek, arsitek butuh koordinasi dengan tim lainnya seperti desain interior, animator dan ahli teknik saat work from home nih. Bicara soal gaji, arsitek termasuk salah satu profesi yang mendapatkan penghasilan lumayan besar mulai dari Rp7 jutaan hingga Rp 25 jutaan per bulannya.

5. Web developer

Datang dari dunia teknologi komputer ada web developer yang tugasnya merancang dan mengembangkan sebuah situs di internet. Work from home mungkin dilakukan oleh seorang web developer karena hanya membutuhkan akses internet, gadget dan koordinasi bareng kolega kantor.

 

Bayaran untuk menjadi seorang web developer berkisar di angka Rp6 jutaan hingga Rp10 jutaan untuk level pemula.

6. Social media specialist

Perkembangan media sosial membuat posisi social media specialist banyak dicari oleh startup-startup di Indonesia dan dunia. Orang yang bekerja di posisi ini memerlukan gadget seperti handphone atau laptop dan internet untuk mengakses berbagai tools.

Jadi gak ada alasan untuk gak bisa kerja dari rumah nih. Bayaran seorang social media specialist berkisar di angka Rp5 jutaan sampai Rp8 jutaan per bulan untuk fresh graduate.

7. YouTuber

Terakhir ada profesi yang dalam 5 tahun belakangan ini banyak digandrungi anak muda Tanah Air yakni menjadi YouTuber. Ada berbagai macam konten yang bisa dibuat oleh youTuber saat work from home, mulai dari kuliner, gaming hingga financial coaching nih.

Modal yang dibutuhkan tentunya adalah kamera, komputer dan pastinya internet untuk mengunggah file ke internet. Dari sisi bayarannya sangat lumayan, kamu bisa mendapatkan uang sekitar Rp5 jutaan hingga puluhan juta Rupiah tergantung dari jumlah endorse, iklan dan viewers.

Work from home memang bukanlah perkara mudah, apalagi buat kamu yang orangnya gampang bosan dan suka bersosialisasi. Tapi gak usah panik, sebab ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menangkal hambatan tersebut.

Tips tetap produktif saat work from home

Buat sebagian orang, kerja dari rumah bisa membuat produktivitas hariannya lebih sedikit daripada yang biasanya jika datang ke kantor. Hal itu bisa diatasi dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Buat ruangan kerja sekreatif mungkin agar gak mudah bosan
  • Sering-sering jalan keliling rumah agar peredaran darah berjalan bagus
  • Minimalisir membuka website seperti media sosial dan sejenisnya
  • Perbanyak ngobrol dan bertukar pikiran dengan keluarga ketika istirahat
  • Istirahat cukup dan makan makanan bergizi
  • Hindari begadang

Dasar hukum pemberlakuan work from home di Indonesia

Pengalihan ruang kerja, yang semula para pekerja harus pergi ke kantor atau tempat kerja di luar rumah menjadi melakukan segala hal di rumah juga diatur dalam Undang-undang. Aturan ini menjadi dasar agar hak dan kewajiban pekerja tetap berjalan adil, pekerjaan di beberapa sektor vital juga tetap berjalan, serta tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. Aturan ini dapat menginduk pada pasal 86 ayat (1) huruf a, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam pasal tersebut berisi tentang hak perlindungan dan keselamatan kerja bagi buruh. 

Khusus di wilayah DKI Jakarta, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi telah menerbitkan surat edaran sebagai bagian dari tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Coronavirus Disease (Covid-19). Menurut Surat Edaran Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 tahun 2020 tentang Imbauan untuk Bekerja di Rumah, terdapat tiga langkah yang dapat diambil oleh perusahaan, antara lain:

  1. Perusahaan dapat menghentikan seluruh kegiatan usahanya sementara waktu
  2. Perusahaan dapat dapat mengurangi sebagian kegiatan usahanya (sebagian karyawan, waktu, dan fasilitas operasional) sementara waktu
  3. Perusahaan tidak dapat menghentikan kegiatan usahanya, mengingat kepentingan langsung yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, kebutuhan bahan-bahan pokok, dan bahan bakar minyak

Sebenarnya peraturan ini tidak hanya muncul di DKI jakarta. Beberapa provinsi lain juga menerbitkan peraturan serupa. Sebagian besar, imbauan ini memberikan kesempatan untuk tetap beroperasi kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya. 

Bekerja dari rumah tidak menambah beban kerja buruh. Para pekerja tetap harus menerima haknya sebagaimana yang ia terima, bahkan terus diupayakan selama sebelum pandemi. Hak-hak dasar pekerja yang harus tetap dipenuhi oleh perusahaan antara lain:

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
  1. Jam kerja tidak boleh melebihi aturan yang berlaku. Apabila harus bekerja di luar jam kerja, pekerja berhak menerima upah lembur
  2. Beban kerja harus sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak semakin banyak karena alasan tidak hadir secara fisik di kantor
  3. Pekerjaan yang dibebankan oleh pekerja harus mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak membahayakan keselamatan kerja
  4. Pekerja tetap mendapatkan gaji sesuai haknya meskipun melakukan pekerjaan di rumah
  5. Pekerja berhak mengajukan cuti haid dan cuti biasa

Aparatur Sipil Negara (ASN) juga terikat dengan aturan dengan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan kerja. Seperti sudah diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Setelah itu, muncul imbauan selanjutnya berupa Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 45 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja bagi Aparatur Sipil Negara pada Instansi Pemerintah yang Berada di Wilayah dengan Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Namun, kedua imbauan itu kini tidak berlaku dan diganti dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru (SE MENPANRB 58/2020).

Dalam SE MENPAN RB 58/2020, terdapat dua bentuk fleksibilitas pengaturan wilayah kerja, yaitu pelaksanaan tugas kedinasan di kantor (work from office/”WFO”) dan atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal (WFH). Pengaturan WFH bagi ASN ini mempertimbangkan:

  1. jenis pekerjaan pegawai;
  2. hasil penilaian kinerja pegawai;
  3. kompetensi pegawai dalam mengoperasikan sistem dan teknologi informasi;
  4. laporan disiplin pegawai;
  5. kondisi kesehatan/faktor komorbiditas pegawai;
  6. tempat tinggal pegawai berada di wilayah PSBB;
  7. kondisi kesehatan keluarga pegawai (status Orang Dalam Pemantauan /Pengawasan/dikonfirmasi positif COVID-19);
  8. riwayat perjalanan dalam negeri/luar negeri dalam 14 hari kalender terakhir;
  9. riwayat interaksi dengan penderita terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari kalender terakhir;
  10. efektivitas pelaksanaan tugas dan pelayanan unit organisasi.

Nah itulah ulasan singkat tentang profesi yang memungkinkan pekerjanya untuk work from home beserta kisaran gajinya. Dan gak ketinggalan tips untuk mengatasi hambatannya. Meskipun harus bekerja dari rumah, bukan berarti ada alasan untuk kamu bermalas-malasan ya, tetap semangat! (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →