Mug hingga Tote Bag, Merchandise Menarik demi Melakukan Promosi Bisnis

Merchandise salah satu media promosi bisnis yang masih digunakan

Merchandise memiliki peranan penting dalam sebuah promosi menjalankan sebuah bisnis. Gunanya merchandise adalah salah satu menarik perhatian konsumen agar tertarik buat membeli produk yang kita jual di pasaran. 

Kamu pasti sudah sering banget dong mendapatkan merchandise-merchandise lucu saat belanja sesuatu, benar gak? Bentuknya memang beragam ya kalau sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan dan melihat promo produk baru, ada saja tingkah laku pebisnis membagikan merchandise. 

Gak cuma itu sih, merchandise biasanya diberikan kepada konsumen dari perusahaan karena sudah mendukung atau partisipasi dalam kegiatan tertentu. Nah biasanya nih merchandise ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. 

Buat benda yang satu biasanya tersematkan nih logo perusahaan atau brand perusahaan atau profil lainnya, untuk konsumen. Biasanya gak cuma perusahaan besar aja nih memberikan merchandise secara cuma-cuma, tapi pebisnis atau usaha kecil-kecilan juga memberikan. 

Hal tersebut terjadi lantaran demi mempromosikan bisnis yang tengah dijalankan atau sedang merintis usaha. Iya dong namanya juga berbisnis, pasti ada saja nih yang mesti dilakukan demi barang dagangan laris tanjung kimpul!

Pentingnya merchandise bagi pebisnis

Merchandise salah satu bentuk promosi bisnis

Sebagai bentuk promosi bisnis, kehadiran merchandise memang sangat menunjang sekali nih. Apalagi jika benda yang satu ini memiliki keunikan dan berguna banget bagi konsumen, benar gak? 

Makanya dari itu penting banget lho bagi pebisnis memikirkan untuk melakukan promosi sebuah brand atau merek dengan memberikan gimmick pada barang dagangan. Lantas apa sih pentingnya merchandise bagi sebuah bisnis? Yuk cek di sini aja. 

Sebagai daya tarik konsumen

Dengan adanya merchandise merupakan salah satu daya tarik buat konsumen

Konsumen akan senang sekali nih mendapatkan segala sesuatu, pernak-pernik atau merchandise yang bermanfaat, benar gak? Apalagi bagi ibu rumah tangga yang pasti senang banget diberikan sebuah cindremata berupa merchandise. 

Kecenderungan konsumen di Indonesia dalam memberi suatu produk, salah satunya untuk mendapatkan sebuah merchandise. Tidak jarang kalau konsumen yang tergiur untuk mendapatkan barang kenang-kenangan dari brand tertentu, kamu salah satunya? Atau ibumu juga sangat tergoda mendapatkan merchandise?

Sangat jelas bukan sih kalau merchandise ini menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan atau brand. Misalkan kamu lagi menyempatkan waktu datang ke gelaran Jakarta Fair, pasti banyak sekali brand yang memberikan pernak-pernik bagi pengunjung, setuju dong? 

Salah satu cara mendorong terjadinya daya saing sebuah merek

Merchandise juga salah satu daya tarik bagi sebuah brand

Persaingan pasar yang semakin ketat, memang sudah gak bisa dihindari lagi. Mulai datangnya barang-barang impor dengan harga terjangkau serta kualitas oke menjadi daya tarik bagi konsumen. 

Persaingan antara brand lokal dengan luar saat ini memang marak terjadi. Maka dari itu merchandise menjadi daya tarik tersendiri nih bagi brand-brand sebagai senjata dalam persaingan bisnis. 

Jadi kalau kamu seorang pebisnis atau pengusaha, penting banget nih menyediakan merchandise buat produk yang diperjual belikan. Cara ini bisa diyakini buat menjadi daya tarik jenis usaha kamu. 

Wujud menghargai konsumen

Sebagai salah satu apresiasi konsumen dengan memberikan merchandise

Ketika bisnis kamu sudah memiliki nama dan produk yang dijual sangat digemari, sudah saatnya nih mengapresiasi konsumen. Salah satunya dengan memberikan pernak-pernik atau merchandise buat konsumen. 

Dengan memberikan merchandise kepada konsumen, secara tidak langsung kamu sudah menghargainya karena selama ini setia menggunakan produk besutan bisnis mu. 

Salah satu media promosi dalam jangka panjang

Salah satu bentuk promosi brand

Nah biasanya nih, merchandise yang diberikan pengusaha atau brand kepada konsumen memiliki nilai berjangka panjang alias bisa digunakan dalam waktu lama, benar gak? Dengan begitu, brand kamu bakal lama diingat oleh konsumen, apalagi logo bisnis ada di merchandise. 

Asal kamu tahu lho, kalau merchandise memiliki keunggulan dibandingkan media promosi lainnya seperti booklet atau brosur. Sebab media promosi yang satu ini memiliki daya guna lebih lama ketimbang booklet maupun brosur. 

Jadi, ketika konsumen membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produknya lagi. Meskipun kini sudah eranya digital, merchandise sebagai media promosi sangat menunjang sekali nih bagi kelangsungan bisnis. 

Merchandise yang populer dan disukai banyak konsumen

Ini lho deretan merchandise yang banyak digemari oleh konsumen

Beragam jenis merchandise sebagai bentuk promosi bisnis diberikan kepada konsumen. Pada umumnya jelas memiliki fungsi yang sangat berguna banget. 

Kalau kamu pernah mendapatkan media promosi yang satu ini, pasti gak jauh-jauh dengan benda-benda di keseharianmu, benar gak? Nah berikut beberapa merchandise yang begitu populer dikalangan masyarakat.

5. Jaket 

Kesan eksklusif segera terlihat oleh konsumen ketika perusahaan memberikan suatu merchandise berupa jaket. Jaket dengan desain menarik dan eksklusif biasanya diberikan oleh produsen otomotif. 

Memberikan jaket ini biasanya diberikan kepada konsumen yang sudah membeli unit sepeda motor atau mobil sport. Jaket yang didesain dengan menarik serta eksklusif.

4. Kaos

Selain jaket, kaos juga sering dijadikan media promosi suatu perusahaan atau brand. Kaos berkerah ataupun gak berkerah sering dijadikan pilihan buat promosi. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Buat kaos biasanya digunakan sebagai media promosi ketika adanya event car free day, jalan sehat atau sepeda gembira.

3. Gantungan kunci 

Gantungan kunci juga sering dijadikan media promosi bagi sebuah bisnis. Benda yang satu ini memang mempunyai daya tarik sebagai merchandise. 

Gantungan kunci memiliki daya tahan yang lama dan udah gitu biaya produksinya juga gak terlalu mahal. 

2. Tote bag

Nah ini nih paling banyak dicari oleh para konsumen sebagai merchandise, tote bag. Siapa yang gak mengincar tote bag dengan desain menarik serta daya tahan kuat sekali. 

Apalagi saat ini banyak sekali lho merchandise berupa tote bag yang memiliki desain menarik. Udah gitu dari segi harga, biaya produksi tote bag gak terlalu mahal dan memiliki fungsi yang bermanfaat sekali.

1. Mug dengan tumbler

Bagi kamu anak kantoran pasti mendapatkan mug atau tumbler sangat berguna sekali nih. Apalagi dua benda ini sangat berfungsi banget, lantaran males banget mencari gelas bersih di pantry. 

Maka dari itu, mug dan tumbler merupakan salah satu benda kenang-kenangan berbagai brand untuk dijadikan alat promosi bisnis. Belum lagi kalau kualitas atau desain mug dan tumbler ini menarik, yang ada bakal menjadi incaran banyak konsumen nih. 

Nah itu dia kegunaan merchandise dalam melakukan promosi bisnis bagi brand atau pebisnis demi kelangsungan usaha yang dijalankan. Jadi kalau bisa kamu memanfaatkan benda-benda yang sekiranya menarik nih buat dijadikan alat promosi sebuah bisnis. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →