6 Prospek Kerja Ilmu Politik yang Menawarkan Gaji Tinggi buat Lulusannya!

Ini lho jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih bagi lulusan ilmu politik

Dunia kerja gak melulu hanya mencari lulusan ekonomi, hukum maupun komunikasi. Bagi kamu yang lulusan bidang studi ilmu politik jangan berkecil hati lho karena ada jenis pekerjaan yang bisa kamu incar. Ini lho prospek kerja ilmu politik yang bisa kamu lirik, siapa tahu gajinya lumayan banget. 

Jadi meskipun kamu lulusan ilmu politik, jangan khawatir gak bakal dapat lapangan kerja nantinya. Secara umum, prodi ini mempelajari tentang sejarah, praktik serta isu terkini yang ada di dalam negeri maupun di luar. 

Gak hanya mempelajari tentang teori, di sini kamu juga sedikit diberi ilmu tentang gimana caranya komunikasi lho. Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung yuk daftar prospek kerja ilmu politik dan sedikit biaya kuliahnya berikut ini: 

Biaya kuliah jurusan ilmu politik

Segini lho besaran biaya kuliah bagi kuliah ilmu politik
Segini lho besaran biaya kuliah bagi kuliah ilmu politik, (Shutterstock).

Pada artikel sebelumnya mengenai biaya kuliah di beberapa Universitas ternama Tanah Air, biaya kuliah ilmu politik yang satu ini di berkisar Rp 231 jutaan hingga mendapatkan status sebagai sarjana alias lulus. 

Seperti di Universitas Indonesia, biaya termurahnya mulai dari Rp 0 rupiah untuk golongan kelas 1 dan Rp 5 juta untuk golongan kelas 6. Sedangkan di perguruan tinggi swasta seperti Universitas Pelita Harapan, nominalnya mulai dari Rp 167 jutaan hingga Rp 231 jutaan dari awal hingga selesai. 

Lalu dengan biaya sebanyak itu, kira-kira prospek kerja ilmu politik apa aja ya kira-kira?

1. Anggota legislatif

Jadi anggota legislatif merupakan salah satu prospek pekerjaannya
Jadi anggota legislatif merupakan salah satu prospek pekerjaannya, (Shutterstock).

Prospek kerja ilmu politik pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi anggota legislatif. Ilmu yang kamu pelajari selama kuliah bisa digunakan dalam profesi yang satu ini.

Hanya saja kalau kamu pengin menjadi anggota legislatif memerlukan modal yang kuat dan dukungan dari partai untuk maju sebagai calon legislatif. Untuk kisaran gajinya sendiri berada di angka Rp 4 jutaan hingga Rp 7 jutaan untuk pemula per bulannya.

2. Dosen atau guru

Menjadi dosen atau guru juga bisa dijadikan guru
Menjadi guru dan dosen bisa menjadi salah satu prospek pekerjaan kamu, (Shutterstock).

Kedua, kamu juga bisa memilih pekerjaan sebagai dosen atau guru bagi yang memiliki gelar sarjana ilmu politik. Namun untuk menjadi dosen kamu perlu melanjutkan pendidikan setidaknya sampai jenjang Magister atau S2, sebab pemerintah memberlakukan hal tersebut demi meningkatkan mutu pendidikan.

Gajinya juga lumayan banget, berkisar di angka Rp 4 jutaan hingga Rp 15 jutaan untuk tingkat pemula.

3. Management trainee

Memilih menjadi manajemen trainer juga bisa lho kamu pilih
Jadi management trainee bisa kamu pilih sebagai jenjang karier bagi lulusan ilmu politik, (Shutterstock).

Selanjutnya kamu juga bisa melamar pekerjaan dengan posisi sebagai Management Trainee. MT sendiri biasanya membuka lowongan untuk semua jurusan kuliah, termasuk ilmu politik.

Posisi yang satu ini cocok banget untuk kamu yang pengin mengejar jenjang karier yang tinggi dengan waktu relatif lebih singkat. Untuk kisaran gajinya berada di angka Rp 5 jutaan sampai Rp 10 jutaan untuk fresh graduate.

4. Pegawai negeri sipil

Menjadi pegawai sipil juga bisa dijadikan pilihan kamu
Bagi lulusan ilmu politik, kamu bisa lho melirik jenis pekerjaan sebagai pegawai sipil, (Shutterstock).

Menjadi pegawai negeri sipil mungkin jadi mimpi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah gaji dan juga tunjangan yang terbilang cukup dari segala aspek.

Untuk nominalnya gajinya sendiri ada di angka Rp 4 jutaan hingga Rp 7 jutaan untuk level pemula.

5. Peneliti lembaga survei

Menjadi peneliti dan survei juga bisa kamu lalukan lho sebagai lulusan ilmu politik
Lulusan ilmu politik bisa memilih karier sebagai peneliti survei, (Shutterstock).

Kelima prospek kerja ilmu politik yang bisa kamu lirik adalah sebagai peneliti lembaga survei. Profesi ini belakangan banyak dicari karena hampir setiap tahun Indonesia mengadakan pemilu untuk pemilihan kepala daerah.

Untuk nominal gajinya sendiri ada di angka Rp 4 jutaan sampai RP 7 jutaan untuk level pemula.

6. Public relations atau humas

Menjadi humas atau public relations bisa dijadikan sebagai pilihan kamu bekerja
Menjadi humas atau public relations bisa dijadikan sebagai pilihan kamu bekerja, (Shutterstock).

Prospek kerja ilmu politik terakhir yang berpotensi menghasilkan uang banyak adalah menjadi public relations atau humas. Di pekerjaan ini kemampuan public speaking kamu akan sangat berguna saat bertemu langsung dengan orang banyak. Jadi pastikan kamu memiliki kemampuan yang satu ini.

Untuk bayarannya berada di kisaran Rp 4 juta hingga Rp 9 jutaan per bulannya. Nah itulah 6 prospek kerja ilmu politik beserta gajinya yang bisa kamu pertimbangkan. Dari keenam profesi itu, kira-kira mana nih yang paling kamu inginkan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →