7 Prospek Kerja Sastra Inggris dan Nominal Gaji yang Bisa Kamu Dapatkan!

Mahasiswa baru lulus kuliah (Shutterstock)>

Prospek kerja sastra inggris menawarkan berbagai macam pekerjaan yang ternyata lumayan banyak untuk dipilih. Saking banyaknya, sebagian lulusan ini bingung harus memilih profesi apa sebagai langkah pertama memulai karir.

Bagi fresh graduate, pastinya bukan hal yang mudah untuk mencari pekerjaan yang menjanjikan jenjang karier yang baik. Kamu harus memilih satu dari sekian profesi yang dilamar ketika mencari pekerjaan.

Sedangkan untuk yang udah memiliki pengalaman bekerja, biasanya ia akan berada di bidang yang udah digeluti selama bertahun-tahun bekerja. Tapi hal itu gak menutup kemungkinan untuk pindah ke jenis pekerjaan yang lain apabila tawaran yang datang lumayan menggiurkan.

Sastra Inggris merupakan salah satu jurusan yang banyak dipilih oleh mahasiswa dan menawarkan posisi kerja yang bervariasi. Penasaran apa aja? Daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja yuk prospek kerja Sastra Inggris beserta kisaran gajinya berikut ini:

1. Penerjemah atau translator

Penerjemah bahasa (Shutterstock).
Penerjemah bahasa (Shutterstock).

Prospek kerja Sastra Inggris pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi penerjemah. Pekerjaan yang satu ini merupakan profesi yang paling umum diambil oleh lulusan kerja dari jurusan Sastra Inggris karena sangat relevan dengan bidang yang ditekuni.

Disini pekerjaan utama kamu adalah menerjemahkan tulisan bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia untuk dimengerti oleh pembaca, bisa itu berupa komik, surat kabar, majalah hingga film. Untuk kisaran gaji seorang penerjemah sendiri memiliki range di angka Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk tingkat pemula.

2. Prospek kerja Sastra Inggris jadi Interpreter

intrepeter (Shutterstock)
intrepeter (Shutterstock)

Kalau kamu pengin kemampuan lisan bahasa Inggris kamu semakin terasah bisa memilih menjadi Interpreter dibandingkan menjadi penerjemah. Sebab perbedaan kedua profesi ini adalah perantaranya, kalau penerjemah lebih cenderung ke tulisan, sedangkan Interpreter adalah lisan atau verbal.

Sosok Interpreter biasa kamu lihat ketika kunjungan kerja pemerintahan negara sahabat ke Indonesia. Sosok yang menerjemahkan pembicaraan antara kedua pejabat negara itu biasanya adalah seorang Interpreter.

Karena tugasnya yang terbilang sulit, maka kisaran upah yang bisa didapatkan oleh seorang Interpreter Rp 6 juta hingga Rp 12 jutaan. Tergantung tempat kamu bekerja dan lama pengalaman yang dimiliki.

3. Penulis

Wanita yang tengah asyik di perpustakaan (Shutterstock)
Wanita yang tengah asyik di perpustakaan (Shutterstock)

Prospek kerja Sastra Inggris ketiga yang bisa kamu coba adalah sebagai seorang penulis. Profesi yang satu ini erat kaitannya dengan dunia jurnalistik, jadi kalau kamu punya cita-cita menjadi seorang wartawan gak ada salahnya untuk mencoba.

Selain di dunia jurnalistik, kamu juga bisa bekerja sebagai penulis di dunia konten kreatif. Saat ini industri yang satu ini lagi sangat berkembang seiring perkembangan teknologi internet yang semakin maju. Untuk masalah gaji, seorang penulis bisa mendapatkan bayaran per bulan sekitar Rp 5 juta hingga 8 jutaan untuk level pemula.

4. Tour guide

Para wisatawan bersama tour guide sedang berkeliling (Shutterstock).
Para wisatawan bersama tour guide sedang berkeliling (Shutterstock).

Selanjutnya ada prospek kerja Sastra Inggris sebagai tour guide atau dikenal sebagai pemandu wisata. Para pelancong yang baru pertama kali datang ke Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, celah itu bisa kamu manfaatkan sebagai mata pencaharian.

Selain bisa membantu orang lain, menjadi tour guide juga memungkinkan kamu untuk traveling di saat yang bersamaan. Malah gak jarang kamu dibayarin makan dan masuk ke tempat wisata oleh para pelancong tersebut. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 jutaan per bulannya, tergantung jumlah panggilan yang didapat.

5. Pramugari

Para pramugari berpose di depan pesawat (Shutterstock).
Para pramugari berpose di depan pesawat (Shutterstock).

Profesi kelima yang bisa dicoba oleh lulusan Sastra Inggris adalah menjadi pramugari. Meski gak berkorelasi secara langsung, tapi pekerjaan yang satu ini bisa dicoba oleh siapapun yang punya cita-cita menjadi pramugari.

Prospek kerja Sastra Inggris yang satu ini juga menawarkan penawaran yang menarik dimana kamu bisa berjalan-jalan ke luar negeri beriringan dengan tugas yang kamu dapatkan dari pihak maskapai. Modal utama menjadi seorang pramugari adalah wajah yang cantik, badan yang tinggi dan juga kemampuan komunikasi yang baik. Untuk urusan gaji, seorang pramugari bisa dibayar sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta setiap bulannya. Belum termasuk tunjangan lain yang bakal didapatkan.

6. Diplomat

Pertemuan antar diplomat (Shutterstock).
Pertemuan antar diplomat (Shutterstock).

Prospek kerja Sastra Inggris keenam yang bisa dicoba adalah menjadi Diplomat. Bukan hanya lulusan Hubungan Internasional yang bisa menjadi Diplomat lho, Sastra Inggris juga ternyata memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kursi tersebut.

Kelebihan yang bisa kamu tunjukkan ketika pengin menjadi Diplomat adalah kemampuan bahasa Inggris secara lisan maupun tertulis di atas rata-rata. Gaji profesi Diplomat berkisar dari angka Rp 4 juta hingga Rp 8 jutaan per bulannya.

7. Dosen atau pengajar

Dosen tengah mengajar mahasiswa (Shutterstock).
Dosen tengah mengajar mahasiswa (Shutterstock).

Pekerjaan terakhir yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang dosen atau pengajar akademis. Namun untuk mencapai titik tersebut kamu perlu meningkatkan jenjang pendidikan hingga S2 sebagai syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan untuk gajinya sendiri berkisar di angka Rp 7 juta hingga Rp 14 jutaan per bulannya. Berapa sih biaya kuliah sastra inggris?

Ngomongin soal sastra inggris, kurang afdol kayaknya kalau gak ngomongin biaya kuliahnya. Berdasarkan artikel biaya kuliah sebelumnya, untuk program studi sastra inggris berkisar di angka Rp 0 hingga Rp 5 juta di Universitas Indonesia tergantung golongan.

Sedangkan di Universitas Bina Nusantara, biaya kuliah sastra Inggris berada di angka Rp 15 jutaan hingga Rp 18 jutaan per semester.

Nah itulah 7 prospek kerja Sastra Inggris yang bisa kamu coba beserta kisaran gajinya. Ternyata banyak juga kan pilihan pekerjaan yang bisa kamu coba, semoga sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →