5 Provinsi di Indonesia yang Jadi Sasaran Turis di Tahun 2018!

provinsi wisata Indonesia

Indonesia memiliki begitu banyak lokasi wisata yang tidak kalah indahnya dengan negara asing. Bahkan, keindahan alam dan pesona yang ditawarkan oleh beberapa provinsi kita tidak hanya menarik pengunjung dari nusantara saja melainkan juga dari mancanegara. 

Dari sekian banyak objek wisata di Indonesia, kira-kira provinsi apa saja sih yang paling banyak diminati para turis? Berikut ini lima daftarnya! 

1. Jawa Timur  

provinsi wisata jawa timur

Jika berbicara soal wisata di Jawa Timur, mungkin sebagian besar dari kita akan langsung mengarah ke kota wisata seperti Surabaya dan Malang. Namun, tahukah bahwa provinsi ini memiliki banyak tujuan wisata lainnya yang super menarik, lho! Sebut saja kota Madiun, Kediri, Probolinggo, dan masih banyak lagi. 

Tak heran jika berdasarkan data pada tahun 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), provinsi Jawa Timur tercatat memiliki tingkat kunjungan wisata tertinggi, yaitu 53.244.287 pengunjung. Angka tersebut berhasil membuat Jawa Timur tercatat menduduki peringkat pertama sebagai provinsi yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Penduduk Jawa Timur patut bangga, nih! 

2. Jawa Barat

provinsi wisata jawa barat

Jawa Barat terkenal akan keindahan alam serta wisatanya yang tenang. Ada begitu banyak tempat wisata di provinsi ini yang dikelilingi oleh pegunungan dan didirikan di dataran tinggi. Itu sebabnya wisata Jawa Barat memiliki udara yang sangat sejuk dan cocok banget untuk kita yang ingin rehat dari hiruk pikuk kota besar.

Jika tertarik liburan ke Jawa Barat, wajib banget mengunjungi Tangkuban Perahu, Taman Sari, Bogor Botanical Garden, DeVoyage Bogor, dan destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), per tahun 2018 tercatat ada 53,203,387 pengunjung yang menikmati wisata di Jawa Barat. Tertarik untuk liburan ke daerah Jawa Barat?

3. Jawa Tengah

provinsi wisata jawa timur

Bagi yang tinggal di Jawa Tengah sudah sepatutnya bersyukur karena bisa menikmati keindahan Indonesia dengan mudah. Salah satu provinsi Indonesia ini sangat menarik untuk dikunjungi. 

Jika berbicara soal kulinernya, siapa yang tidak tertarik begitu mendengar lunpia Semarang, gudeg, garang asem, dan banyak lagi. Daya tariknya tidak sebatas itu saja, ada juga pilihan destinasi wisata bersejarah yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Salah satu contohnya adalah Candi Borobudur, yaitu kuil Buddha terbesar di dunia yang dilindungi besar besaran oleh pemerintah Indonesia. Selain itu ada juga destinasi wisata ramai turis lainnya seperti Museum Kereta Api, Gunung Bromo, Kota Lama, dan lainnya. 

Dengan begitu banyak pilihan wisata yang ditawarkan, pada tahun 2018 tercatat oleh BPS bahwa Jawa Tengah berhasil menarik 43.110.598 pengunjung. Hal ini membuat Jawa Tengah menduduki posisi ketiga sebagai provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. 

4. DKI Jakarta 

provinsi wisata jakarta

 

Selain menjadi pusat bisnis, Jakarta juga masih memiliki taji untuk menarik perhatian wisatawan lokal hingga asing. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta menyuguhkan destinasi wisata beragam, mulai dari museum, wisata kuliner, hingga pusat perbelanjaan yang megah. Beberapa contohnya adalah Taman Mini Indonesia, Monas, Museum Sejarah Jakarta,Waterbom, dan Ragunan. 

Tingginya ketertarikan wisatawan untuk berlibur ke Jakarta terbukti melalui data BPS yang mencatat jumlah wisatawan yang datang di tahun 2018 adalah 353.244.287 pengunjung. Sedangkan rata-rata waktu inap wisatawan di Jakarta adalah satu sampai tiga hari. 

Sebenarnya, hal ini tidaklah mengherankan, mengingat meski dikenal sebagai kota macet dan padat,  kota yang tidak pernah tidur ini memiliki banyak wisata menarik. 

5. Banten

provinsi wisata banten

 

Menurut data yang diambil oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Banten menduduki provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan di tahun 2018, dengan angka 13.275.125 pengunjung. Lalu, apa sih yang membuat banyak orang tertarik berkunjung ke Banten? 

Banten merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan paling cepat di Indonesia. Berbicara soal destinasi wisata yang disuguhkan umumnya adalah wisata pantai. Perlu dipahami, jika dibandingkan dengan biaya liburan di Bali atau destinasi pantai lainnya, biaya liburan di Banten terbilang cukup terjangkau.

Selain itu ada juga wisata Taman Nasional Ujung Kulon yang juga menjadi salah satu tempat perlindungan badak terbesar di Indonesia. Itu sebabnya, destinasi wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Demikian lima provinsi di Indonesia yang paling ramai dibanjiri wisatawan setiap tahunnya. Nah, bagi kita yang berencana untuk liburan ke lima provinsi di atas, jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, ya. Dengan begitu, kita dapat terproteksi dari hal-hal yang tidak diinginkan selama liburan seperti keterlambatan pesawat, keamanan bagasi, dan lainnya. 

Kabar baiknya, Lifepal menawarkan produk asuransi perjalanan dengan harga beragam. Bahkan, ada juga pilihan produk asuransi yang bisa kita dapatkan dengan bajuet hanya Rp5 ribuan per bulan. Jika tertarik, jangan ragu untuk menghubungi nomor telepon Lifepal di (021) 31116121 atau mengunjungi situs resmi kami, ya. 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →