Prulink: Pengertian, Premi Bulanan, dan Manfaat

legalitas usaha

Pada dasarnya, perusahaan asuransi jiwa memiliki dua produk, yaitu asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa plus investasi.

Asuransi jiwa tradisional adalah produk yang mengalihkan risiko kesehatan atau jiwa kepada perusahaan asuransi.

Sementara itu, asuransi jiwa plus investasi atau yang dikenal sebagai unit link merupakan produk yang tidak hanya mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi, tapi juga menginvestasikan dana yang kita setor ke perusahaan asuransi ke berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito, dan sebagainya.

Dengan kata lain, produk asuransi unit link tidak hanya menjamin risiko kesehatan (sakit) atau jiwa (meninggal) kita tapi juga menawarkan potensi keuntungan dari investasi.  Salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki produk unit link adalah Prudential. Prudential memiliki produk unit link bernama PRUlink.

Apa yang Dimaksud dengan PRUlink?

Dalam penjelasan mengenai PRUlink ini, kita ambil contoh PRUlink assurance account. Menurut penjelasan resmi Prudential, PRUlink assurance account adalah produk asuransi jiwa terkait investasi dengan pembayaran premi secara berkala yang memberikan fleksibilitas yang memungkinkan kita sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, premi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Kita juga bisa menambahkan produk asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan atau kondisi kritis. Di samping itu, kita bisa memilih satu atau kombinasi dari beberapa jenis dana investasi yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi dana investasi sewaktu-waktu.

Detail Produk

Berikut ini ringkasan detail produk PRUlink assurance account.

Mata Uang Rupiah dan Dolar
Minimum Premi/Kontribusi Bulanan Rp400.000
Usia Masuk Tertanggung/Peserta 1-70 tahun (ulang tahun berikutnya)
Masa Perlindungan s/d Usia Tertanggung/Peserta Sampai dengan jika tertanggung meninggal dunia sebelum berusia 99 tahun, atau apabila tertanggung menderita cacat total dan tetap setelah berusia 6 tahun dan sebelum berusia 70 tahun.

Manfaat Memiliki PRUlink Assurance Account

Setidaknya, PRUlink assurance account memiliki sejumlah manfaat utama antara lain.

  1. Memberikan santunan meninggal dunia atau cacat total dan tetap sebesar uang pertanggungan.
  2. Kita dapat memilih jenis investasi sesuai dengan profil risiko yang diinginkan.
  3. Kita diperbolehkan untuk menambah perlindungan asuransi dengan memiliki asuransi tambahan.
  4. Kita bisa menggunakan cuti premi di mana kita diperbolehkan untuk berhenti membayar premi selama jangka waktu tertentu, karena alasan-alasan darurat.
  5. Kita memiliki fasilitas withdrawal atau penarikan nilai tunai sebagian.
  6. Memberikan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun.
  7. Memberikan perlindungan terhadap cacat total dan tetap hingga usia 70 tahun.
  8. Pembayaran manfaat akan dilakukan sesuai yang tertera dalam polis dan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Produk ini memiliki beberapa kondisi dimana manfaat asuransi tidak dapat dibayarkan. Hal itu tercantum dan dijelaskan lebih detail pada ketentuan pengecualian yang tertera pada polis asuransi

Manfaat perlindungan asuransi jiwa-meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan diberikan hingga tertanggung berusia 99 tahun dan/atau asuransi cacat total dan tetap sampai dengan usia 70 tahun selama polis masih berlaku, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.

Apa Keistimewaan Memiliki PRUlink?

Prudential menyatakan PRUlink assurance account memiliki sejumlah keistimewaan seperti:

  1. Dapat menambahkan nilai Uang Pertanggungan (sum assured) setiap saat sampai dengan usia tertanggung 70 tahun.
  2. Dapat melakukan penambahan premi (top-up) setiap saat.
  3. Dapat menentukan sendiri besarnya komposisi dari nilai proteksi dan nilai investasi. Komposisi minimal nilai proteksi 30% dan maksimal nilai investasi 70%.*
  4. Dapat melakukan pengalihan dana (fund switching).
  5. Pilihan manfaat asuransi tambahan (riders) yang beragam.

Penanggung menjamin polis akan tetap berlaku dalam 10 tahun sejak tanggal mulai berlakunya polis walaupun nilai tunai pada tanggal perhitungan terdekat sebelum tanggal pembebanan biaya asuransi dan biaya administrasi tidak cukup untuk melunasi biaya asuransi dan biaya administrasi, selama:

  • Premi berkala dan premi top-up berkala selalu dibayar lunas paling lambat dalam  masa leluasa pembayaran premi.
  • Fasilitas cuti premi atau premium holiday  tidak pernah dimanfaatkan oleh pemegang  polis;
  • Pemegang polis tidak pernah melakukan  penarikan (withdrawal);
  • Polis tidak pernah berakhir karena lewat  waktu atau lapsed; dan
  • Pemegang polis tidak melakukan perubahan  mayor yang dapat mengakibatkan penurunan premi berkala.
  • Pemegang polis setuju untuk melakukan  penyesuaian terhadap premi berkala dan premi top-up berkala (jika diadakan)  sebagaimana diminta oleh penanggung dalam hal terjadi perubahan terhadap biaya  asuransi. Detail ketentuan mengacu pada polis.

Bagaimana Caranya Memiliki PRUlink Assurance Account

Berikut ini sejumlah persyaratan kepesertaan produk PRUlink assurance account.

Persyaratan Usia Masuk

  1. Calon Pemegang Polis: minimal 21 tahun (usia sebenarnya).
  2. Calon Tertanggung: 1 – 70 tahun (ulang tahun  berikutnya).

Persyaratan lainnya

  1. Mengisi dan menandatangani Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ).
  2. Melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan nilai uang pertanggungan dan usia  masuk (apabila dipersyaratkan).

Biaya-biaya terkait PRUlink

Berikut adalah fakta-fakta yang kita perlu ketahui bagian dari persyaratan yang perlu dipenuhi.

  • Sebagian premi dialokasikan ke dalam unit dengan menggunakan harga unit yang berlaku saat itu. Harga unit dapat berubah mengikuti kinerja masing-masing dana investasi.
  • Penilaian harga unit link dilakukan setiap hari kerja, Senin sampai dengan Jumat, dengan mengacu pada harga pasar yang berlaku bagi instrumen investasi di mana dana investasi ditempatkan.
  • Premi yang dibayar sudah termasuk biaya akuisisi, biaya top-up, biaya administrasi, dan biaya asuransi.
  • Biaya asuransi ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, merokok atau tidak merokok, dan besarnya Uang Pertanggungan.
  • Biaya Administrasi sebesar Rp27.500/US$5 per bulan.
  • Bebas biaya pengalihan dana investasi (switching) di tahun polis yang sama untuk  5 transaksi per tahun. Switching berikutnya di tahun polis yang sama akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000/US$15 per transaksi.
  • Tidak ada biaya penarikan dana. Minimum penarikan dana adalah Rp500.000 atau US$100 dan minimum dana tersisa setelah penarikan dana adalah Rp1.000.000 atau US$250.
  • Premi berkala dikenakan biaya akuisisi dengan memotong dari setiap jumlah premi berkala yang dibayarkan dengan komposisi sebagai berikut.
    1. Tahun 1: 100%
    2. Tahun 2: 60%
    3. Tahun 3 – 5: 15%
    4. Tahun 6 dan seterusnya: 0%
  • Biaya akuisisi meliputi biaya-biaya pemeriksaan kesehatan, pengadaan polis dan pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi serta remunerasi karyawan dan tenaga Pemasar.
  • Premi Top-up Berkala/PRUsaver atau Premi Top-up Tunggal yang dibayarkan kepada Penanggung, akan dikurangi dengan Biaya Top-up sebesar 5% dari Premi Top-up Berkala/PRUsaver atau Premi Top-up Tunggal dan sisanya akan diinvestasikan dalam suatu dana investasi PRUlink sesuai dengan pilihan kita.
  • Biaya pengelolaan investasi tergantung dari jenis dana investasi yang dipilih.
  • Pajak yang dikenakan atas penarikan atau penebusan polis adalah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pajak yang berlaku, dan/atau setiap perubahannya sebagaimana dapat ditentukan oleh pemerintah Republik Indonesia dari waktu ke waktu.

Pilihan Dana dan Strategi

Ada 10 macam pilihan dana investasi yang dapat kita pilih, beserta profil risikonya masing-masing sebagai berikut.

Dana Investasi Strategi Investasi
PRUlink Rupiah Value Discovery Equity Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi tinggi. 98% dana investasi akan diletakkan di saham dan 2% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang
PRUlink Rupiah Infrastructure & Consumer Equity Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi tinggi. 98% dana investasi akan diletakkan di saham dan 2% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang seperti deposito berjangka dan Sertifikat Bank Indonesia
PRUlink Rupiah Equity Fund plus Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi tinggi. 98% dana investasi akan diletakkan di saham dan 2% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang
PRUlink Rupiah Indonesia Greater China Equity Fund Dana investasi akan ditempatkan secara langsung dan/atau tidak langsung, terutama pada efek bersifat ekuitas dari perusahaan-perusahaan yang tercatat, didirikan, atau melakukan kegiatan operasional utama di Indonesia dan kawasan Greater China (Republik Rakyat Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan). Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi tinggi. 95% dana investasi akan diletakkan di saham dan 5% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang
PRUlink US Dollar Indonesia Greater China Equity Fund Dana investasi dalam dollar Amerika Serikat akan ditempatkan secara langsung dan/atau tidak langsung, terutama pada efek bersifat ekuitas dari perusahaan-perusahaan yang tercatat, didirikan, atau melakukan kegiatan operasional utama di Indonesia dan kawasan Greater China (Republik Rakyat Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan). Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi tinggi. 98% dana investasi akan diletakkan di saham dan 2% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang.
PRUlink Rupiah Managed Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi sedang-tinggi. 60% dana investasi akan diletakkan di obligasi, 30% di saham dan 10% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang
PRUlink Rupiah Managed Fund plus Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi sedang-tinggi. 60% dana investasi akan diletakkan di saham, 30% di obligasi dan 10% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang
PRUlink Rupiah Fixed Income Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi sedang. 90% dana diletakkan di obligasi dan 10% di kas, deposito dan instrumen pasar uang
PRUlink US Dollar Fixed Income Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi sedang. 90% dana diletakkan di obligasi dan 10% di kas, deposito dan instrumen pasar uang. Dana yang ditempatkan dalam dollar Amerika Serikat
PRUlink Rupiah Cash Fund Dana investasi ini sesuai untuk nasabah yang bersedia menanggung tingkat risiko investasi rendah. 100% dana diletakkan kas, deposito dan instrumen pasar uang

Risiko Investasi PRUlink

Berikut ini sejumlah risiko yang kita hadapi apabila membeli PRUlink assurance account.

  • Risiko pasar

Risiko ini disebabkan oleh kondisi makro ekonomi yang kurang kondusif sehingga harga instrumen investasi mengalami penurunan dan akibatnya nilai unit yang dimiliki oleh Pemegang Polis dapat berkurang.

  • Risiko gagal bayar

Risiko ini dapat terjadi jika perusahaan yang menerbitkan instrumen investasi mengalami wanprestasi (default) atau tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk membayar pokok utang, bunga, dan/atau dividen.

  • Risiko nilai tukar

Risiko ini  dapat terjadi jika investasi dilakukan dalam mata uang yang berbeda dengan mata uang yang digunakan untuk pembayaran premi dan manfaat, mengingat nilai tukar dapat beruktuasi mengikuti pasar.

  • Risiko likuiditas

Risiko ini dapat terjadi jika aset investasi tidak dapat dengan segera dikonversi menjadi uang tunai atau pada harga yang sesuai, misalnya ketika terjadi kondisi pasar yang ekstrim atau ketika semua pemegang polis melakukan penarikan (withdrawal/surrender) secara bersamaan.

  • Risiko ekonomi dan politik

Risiko ini disebabkan oleh perubahan kondisi ekonomi, kebijakan politik, hukum dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan dunia investasi dan usaha, baik di dalam maupun luar negeri.

  • Risiko kredit

Risiko ini berkaitan dengan kemampuan Prudential Indonesia dalam membayar kewajiban terhadap nasabahnya. Prudential Indonesia terus mempertahankan kinerjanya untuk melebihi minimum kecukupan modal yang ditentukan oleh pemerintah.

  • Risiko operasional

Risiko ini timbul dari proses internal yang tidak memadai/gagal, atau dari perilaku karyawan dan sistem operasional, atau dari peristiwa eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan.

Cara Mengajukan Klaim PRUlink

Berikut ini langkah-langkah untuk mengajukan klaim produk unitlink.

  1. Meminta formulir klaim dengan cara menghubungi Tenaga Pemasar, atau Customer Line 1500085 Prudential Indonesia. Formulir Klaim juga diunduh di situs web www.prudential.co.id.
  2. Isi formulir klaim dengan benar dan lengkap.
  3. Persiapkan dokumen yang wajib disertakan. Dokumen yang disyaratkan dapat dilihat di situs web www.prudential.co.id.
  4. Serahkan/kirimkan formulir klaim beserta dokumen-dokumen yang diperlukan baik secara langsung, melalui pos, atau melalui Tenaga Pemasar, ke kantor pusat Prudential Indonesia.

Kasus Klaim Tidak Dibayar 

Prudential membuat sejumlah ketentuan yang membuat klaim tidak dibayar karena sejumlah hal berikut.

  1. Jika kita tidak jujur atau tidak memberikan informasi dengan lengkap dalam mengisi antara lain data kesehatan, pekerjaan, dan hobi.
  2. Jika meninggalnya Tertanggung disebabkan di antaranya oleh hal-hal, seperti tindakan bunuh diri, percobaan bunuh diri, atau pencederaan diri oleh Tertanggung yang terjadi sebelum polis berusia 12 bulan atau tindak kejahatan, percobaan tindak kejahatan,  pelanggaran hukum, dan peraturan perundang-undangan atau hukuman mati berdasarkan putusan badan  peradilan.
  3. Jika Tertanggung mengalami cacat total dan tetap (sebagaimana diatur di dalam Polis) yang disebabkan di antaranya perang, ikut serta dalam huru-hara, pemogokan dan kerusuhan sipil atau tindak kejahatan, percobaan tindak kejahatan, pelanggaran hukum, percobaan pelanggaran hukum dan peraturan perundang-undangan. Selain itu, termasuk juga percobaan bunuh diri, atau pencederaan diri oleh Tertanggung atau Tertanggung turut dalam suatu penerbangan udara selain sebagai penumpang resmi atau  awak pesawat dari maskapai penerbangan sipil komersial yang berlisensi dan beroperasi dalam penerbangan rutin atau Tertanggung turut serta dalam kegiatan atau olahraga yang berbahaya atau Tertanggung berada di bawah pengaruh atau terlibat penyalahgunaan narkotika, psikotropika,  alkohol, racun, atau bahan-bahan sejenis.
  4. Adanya AIDS atau HIV dalam tubuh Tertanggung.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai PRUlink. Mudah-mudahan membantu kita yang ingin membeli produk asuransi Prudential, ya!

Lifepal turut menyediakan banyak informasi penting mengenai produk asuransi lainnya yang bermanfaat bagi kita dan keluarga. Jangan ragu untuk cek di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →