Cara Jitu Hadapi Tes Psikotes Online [Plus 5 Situs Terbaiknya]

tes psikotes online

Tes psikotes menjadi salah satu langkah yang harus ditempuh saat menjalani tes penerimaan kerja di perusahaan maupun penyedia beasiswa. Tes psikotes online kini banyak dipilih karena lebih efisien dan menguntungkan penyelenggara tes dan peserta. 

Tes psikotes online ini dilakukan untuk mengetahui berbagai aspek yang ada pada diri kita. Dari hasil tes psikotes ini, perusahaan akan menilai apakah kita sesuai dengan kriteria perusahaan atau tidak

Sehingga bisa disebut kalau tes ini dapat memengaruhi keputusan penyelenggara tes atas kelulusan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Meski begitu, tes psikotes ini bukan satu-satunya langkah yang ditempuh saat kita melamar posisi tertentu, masih ada seleksi berkas dan wawancara.

Agar tes psikotes online yang akan kita jalani berjalan lancar, ada baiknya kita persiapkan diri dengan menyimak tips sebelum memulai tes tersebut, dan situs tes psikotes online di bawah ini.

Tips persiapan tes psikotes online

Banyak yang menentukan keberhasilan kita saat tes psikotes online. Salah satunya, persiapan yang memegang peran penting dalam mencapai kesuksesan. Apa saja tips saat sebelum menjalani tes satu ini?

1. Siapkan mental dan fisik

Tips ini sebenarnya bisa kita lakukan kapan pun, bukan hanya saat akan menghadapi tes psikotes online saja. Mental dan fisik sangat penting untuk dipersiapkan karena akan memengaruhi diri kita. Pastikan kita dalam keadaan siap, fokus, konsentrasi, dan tenang saat tes berlangsung.

Begitu juga dengan fisik, kita harus mempersiapkannya dengan baik. Tes psikotes online terkadang memakan waktu yang lama. 

Lama atau tidak tes tersebut, kita tetap harus mengerjakannya sampai selesai, jangan sampai mengantuk atau bahkan kelelahan.

2. Ketahui lebih dalam apa itu tes psikotes

Kita pasti pernah mengerjakan tes psikotes dan merasa soal dan bentuknya hampir sama dengan tes-tes sebelumnya yang pernah dilalui. 

Memang benar ada beberapa tes psikotes yang hampir sama bentuk bahkan soalnya, tapi walaupun kita pernah mengerjakannya berkali-kali, pasti hasil dan keadaan saat mengerjakan tidaklah sama, banyak faktor yang memengaruhi.

Lalu, sebenarnya apa itu tes psikotes? Tes psikotes adalah rentetan tes yang dibuat sedemikian rupa yang hasilnya bisa menunjukkan karakter kita sebenarnya. 

Dengan demikian, penyelenggara akan mempertimbangkan pantas atau tidak karakter diri kita dengan posisi yang dilamar.

3. Ketahui cara menjawab soal

Sebelum mengetahui cara menjawabnya, kita juga harus tahu jenis pertanyaan yang sering muncul walaupun tes tersebut akan dibuat sedemikian rupa. Tapi, tetap tidak ada salahnya jika kita mempelajarinya, bukan?

Tes yang akan kita kerjakan memiliki beberapa tujuan, seperti untuk mengukur tingkat kecerdasan, minat dan bakat, bahkan kepribadian dan karakteristik. Kita akan menjumpai soal dengan berbagai macam rupa seperti angka, aritmatik, permainan kata-kata, dan gambar. Pernah mendengarnya, bukan?

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Persiapkan gawai dan pastikan jaringan stabil

Tes psikotes online mengharuskan kita mempersiapkan gawai sebagai media pengerjaan tes. Jadi tes ini akan sangat tergantung pada performa gawai dan jaringannya. 

Sebelum tes dimulai, pastikan baterai terisi penuh dan jaringan stabil. Jika mengandalkan kuota, pastikan isinya mencukupi. Jika menggunakan jaringan wifi, pastikan koneksinya stabil.

5. Cari tempat yang aman

Meski tes ini mengandalkan gawai dan koneksi internet, menentukan tempat saat kita tes juga jangan sampai luput dari persiapan. Tempat yang nyaman dan aman akan mendukung jalannya tes. 

Kita bisa memakai kamar dengan kondisi yang mendukung, jauh dari keributan. Tempat aman, tes inipun akan lancar.

Perhatikan hal-hal ini saat tes psikotes online berlangsung

Setelah mempersiapkan hal di atas, di bawah ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan saat tes psikotes online berlangsung, yaitu:

1. Baca cara jawab dengan saksama

Setiap jenis tes pasti memiliki aturan bagaimana kita harus menjawab. Yang harus kita lakukan adalah mencermatinya dengan seksama, jangan sampai kita bingung saat mengerjakan jenis soal tes online tersebut dan waktu habis untuk memikirkan cara menjawab. Jika sudah paham caranya, maka saat mengerjakan pun lancar.

2. Perhatikan waktu pengerjaan

Ada beberapa bentuk tes psikotes online yang mengharuskan kita mengerjakan soal secara cepat dan tepat. Pada bentuk soal tes psikotes berbentuk angka, misalnya, tersedia timer yang akan menghitung kecepatan waktu penyelesaian dalam berhitung.

3. Matikan aktivitas chat

Agar bisa berkonsentrasi saat pengerjaan, sebaiknya matikan saja semua aktivitas chat karena kemunculannya akan sangat mengganggu, bisa-bisa fokus kita bukan ke soal tes melainkan chat yang masuk.

Coba 5 situs tes psikotes online ini

Agar tidak kaget saat tes psikotes online berlangsung, kita bisa asah kemampuan lewat 5 situs terpercaya yang dapat kamu akses secara gratis kapan saja.

Mencoba situs tes psikotes online dapat membantu kamu untuk belajar psikotes secara gratis tanpa harus ikut kursus tertentu. Apa saja situs yang dimaksud? Yuk, ketahui lengkapnya di sini:

1. Psikotesyuk.com

Jika kita ingin mencoba latihan di situs ini, kita perlu membuat akun terlebih dahulu. Ada beberapa jenis soal yang tersedia yaitu tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal. 

Keuntungan jika kita sudah membuat akun adalah nilai tes yang sudah kita lalui akan muncul. Jadi, kita bisa merefleksikan diri sejauh mana kemampuan dalam menjawab soal. Di situs ini tersedia modul contoh soal psikotes yang bisa kita unduh.

2. Tipscv.com

tipscv.com menyediakan latihan tes psikotes lengkap dengan berbagai tips seputar dunia kerja. Berbeda dengan situs di atas, di situs ini kita tidak perlu membuat akun dan soal-soal beserta kunci jawaban bisa kita unduh secara langsung.

Ada soal-soal dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang bisa kita coba. dan berbagai tips seputar dunia kerja.

3. Ggkarir.com

Kita bisa temukan latihan soal tes psikotes lengkap dengan serba-serbi informasi dunia kerja. Sama halnya dengan tipscv.com, kita tidak perlu membuat akun, soal dan kunci jawaban bisa diunduh secara cuma-cuma. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Saat pertama masuk ke portal ini, kita bisa langsung temukan contoh-contoh soal tes psikotes online, seperti analogi, verbal, sinonim, dan antonim walaupun sebenarnya ggkarir.com adalah situs lowongan pekerjaan.

4. proprofs.com

Tersedia berbagai macam latihan soal, salah satunya psikotes. Luar biasanya, situs ini bisa diakses dengan 40 lebih bahasa termasuk Indonesia. Fitur yang tersedia pun sangat beragam. 

Dengan klik “Quizzes”, kita bisa langsung masuk “Latihan Tes Psikotes” dan pilih “Mulai”. Latihan soal pun langsung bisa kita coba.

5. Latihanpsikotes.com

Situs ini sama dengan situs-situs di atas, tersedia latihan soal-soal tes yang bisa kita coba. Kita juga bisa mengunduh latihan serta pembahasannya. Jadi, kita bisa mempelajarinya sewaktu-waktu.

Urgensi tes psikotes online

Tes psikotes online memiliki pengaruh dalam perusahaan merekrut calon karyawan. Selain itu, tes psikotes dijadikan pertimbangan dalam seleksinya. 

Meski begitu, ingatlah masih banyak pertimbangan lain yang perusahaan gunakan, apalagi kandidat terkuat harus sesuai dengan citra dan budaya yang ada di sana.

Itulah informasi menarik mengenai tes psikotes online yang bisa kita baca, dan jadikan referensi manakala akan menghadapi tes yang sebenarnya. Persiapkan diri untuk hasil maksimal dengan membaca tips-tipsnya. 

Saran tambahan dari Lifepal, lebih baik lagi untuk senantiasa menambah wawasan kita tentang contoh-contoh soal psikotes yang bisa didapatkan secara online atau di toko buku. Untuk tips-tips bermanfaat lainnya, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal, ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →