Psikotes: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

mengerjakan psikotes

Psikotes adalah serangkaian ujian untuk mengukur aspek psikologis seseorang melalui serangkaian tes maupun tanya jawab oleh psikolog.

Beberapa perusahaan biasanya menggunakan tes ini untuk mengukur tingkat kematangan seseorang sebelum diterima di perusahaan.

Tidak seperti ujian pada umumnya yang mencari nilai tertinggi, hasil dari psikotes dapat menunjukkan risiko kegagalan ataupun peluang keberhasilan seseorang. Pertanyaan yang diajukan meliputi aspek-aspek kecerdasan, minat dan bakat, kepribadian, dan bahkan kestabilan emosi peserta tes.

Jenis-Jenis Psikotes

psikotes

Secara umum, psikotes dibagi ke dalam empat bagian utama, yaitu:

  • Tanya jawab klinis.
  • Tes kecerdasan (IQ).
  • Tes karakter.
  • Tes kepribadian.

1. Tanya jawab klinis

Tanya jawab klinis atau wawancara yang dilakukan bukan seperti wawancara kerja, melainkan tanya jawab dengan seorang ahli dengan latar belakang psikologi, psikiatri, dan sejenisnya.

Dalam sesi tanya jawab klinis ini menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk menggali latar belakang seseorang, termasuk dari lingkungan keluarganya.

Dalam sesi ini seseorang akan ditanya tentang fase dalam hidupnya mulai dari yang paling menyenangkan sampai dengan yang paling menyedihkan.

Namun demikian, tanya jawab klinis seperti ini juga bisa diujikan dalam bentuk pertanyaan tertulis. Akan tetapi, psikolog biasanya lebih memilih pembicaraan secara empat mata untuk sekaligus memahami ekspresi peserta tes.

2. Tes kecerdasan

Secara teoritis, tes kecerdasan atau tes IQ dibangun oleh beberapa kecerdasan. Perlu diketahui bahwa tes IQ tidak bisa mengukur kecerdasan seseorang sesungguhnya. Parameter kecerdasan yang digunakan bersifat subjektif yang dianggap mewakili kecerdasan secara keseluruhan.

Dalam fase ini, seseorang akan melalui tes inteligensi dan tes neuropsikologis yang mengukur ada tidaknya gangguan fungsi kecerdasan. Gangguan neuropsikologis umumnya terjadi pada seseorang yang pernah terserang stroke atau cedera kepala.

3. Tes karakter

Tes karakter adalah serangkaian tes yang digunakan untuk mengukur sikap, perilaku, dan kapasitas seseorang.

Tes karakter pun menggunakan berbagai metode pengukuran, seperti tes tertulis dengan diberikan soal psikotes, observasi, dan wawancara. Dua nilai utama yang digali dari tes karakter adalah kapasitas dan batasan kemampuan seseorang.

Hasil tes karakter akan menunjukkan kelebihan, kekuatan, potensi, dan sekaligus kelemahan seseorang sehingga memberikan gambaran yang jelas jika menjadi salah satu tolok ukur di sebuah perusahaan.

4. Tes kepribadian

Tes kepribadian mengukur respons seseorang terhadap sesuatu apakah dia akan bertindak proaktif atau sebaliknya menjadi reaktif. Tes kepribadian juga melalui berbagai rangkaian tes yang meliputi observasi, wawancara, dan tes tertulis.

Tes psikotes dalam tes kepribadian bisa saja berbeda-beda sesuai dengan output yang diinginkan. Intinya melalui tes kepribadian, dapat diketahui bagaimana kepribadian seseorang sesungguhnya hingga yang paling dalam dan tersembunyi.

Kelebihan dan Kekurangan Psikotes

psikotes

Psikotes tidak memiliki risiko secara signifikan terhadap seseorang. Apalagi hasil tes bukanlah menjadi angka mati yang menggambarkan kondisi seseorang secara nyata pada saat itu.

Psikotes sangat dibutuhkan sebuah perusahaan untuk mengetahui potensi calon karyawannya sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Itulah mengapa beberapa perusahaan multinasional mensyaratkan psikotes sebagai salah satu faktor diterima atau tidaknya seseorang di perusahaan tersebut.

Dalam kehidupan nyata beberapa kali terjadi peristiwa yang tidak terduga seperti seseorang yang menembak rekan kerjanya sendiri. Menanggapi hal-hal semacam itu, psikotes menjadi sebuah upaya preventif atas hal-hal yang tidak diinginkan dalam lingkungan kerja.

Dalam kehidupan sehari-hari, psikotes juga berguna bagi beberapa orang yang mengalami tekanan kerja atau mengalami stres karena berbagai hal.

Psikolog dapat membantu memberikan jalan keluar sehingga orang-orang yang dilanda kecemasan seperti ini bisa kembali menemukan ketenangan dan mengembalikan semangat hidupnya kembali.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →