Punya Anak Itu Mahal Lho, Ini 5 Biaya yang Harus Kamu Siapkan

Hampir setiap pasangan pengin punya anak. Salah satu alasannya anaklah yang nantinya bisa mengurus orangtua saat udah tua. Lagipula, ada kebahagiaan yang gak bisa dijelaskan bila pasangan bisa punya anak, bukan?

Sebagai orangtua yang ingin membahagiakan anaknya tentu kamu harus siap pula dengan hal materi. Beberapa di antaranya adalah biaya-biaya berikut.

Bukan mau mengeluh dengan biaya-biaya berikut namun kamu bakal bisa lebih bersiap dari awal.

[Baca: Berapa Sih Biaya Membesarkan Anak dan Gimana Cara Menekannya?]

1. Biaya awal kehamilan dan persalinan

Punya Anak
Gak sabar menunggu sang buah hati (Alodokter)

Saat awal kehamilan, ada biaya-biaya tertentu yang harus udah disiapkan. Misalnya, biaya buat USG dan cek kesehatan kandungan ke dokter secara rutin.

Kemudian, tentu aja biaya melahirkan benar-benar harus disiapkan dari awal. Gak semua wanita siap buat melahirkan normal, oleh karena itu siapkan dana buat operasi bila tiba-tiba dibutuhkan.

Biaya persalinan dengan operasi caesar minimal Rp 10 juta dan bahkan ada yang sampai Rp 30 jutaan. Itu belum biaya lainnya di rumah sakit. DuitPintar udah pernah merinci biaya kehamilan hingga persalinan di artikel berikut.

[Baca: Butuh Operasi Caesar Saat Melahirkan? Siapkan Dana Persalinan dengan Cara Ini]

2. Biaya kebutuhan dasar anak

Punya Anak - 1
Biaya buat memenuhi kebutuhan dasar sang buah hati (bigthink)

Sandang, makan, dan pangan adalah kebutuhan dasar buat setiap manusia, termasuk anak-anak.

Secara naluriah, orangtua pasti bakal udah gak berpikir buat berdua aja. Kini orangtua bakal memasukkan biaya kebutuhan dasar anak setiap bulannya dalam daftar pengeluaran mereka.

3. Biaya kesehatan

biaya ke dokter
Ke dokter pasti jadi hal wajib (fakta)

Selain kebutuhan primer yang udah disebutkan, biaya kesehatan adalah yang gak boleh terlupakan.

Terlebih anak masih rentan terhadap beragam penyakit maka orangtua mesti siap buat membawanya ke dokter. Inilah manfaat adanya penyisihan dana buat dana darurat seperti obat dan ke dokter.

[Baca: 7 Pengeluaran Besar yang Tak Terduga Saat Kamu Punya Anak]

4. Biaya pendidikan anak

biaya sekolah anak
Pendidikan adalah hal wajib (suratkabar)

Saat kamu punya anak tentu kamu udah membayangkan ingin masa depan yang seperti apa buat si kecil. Nah, salah satu buat mewujudkan masa depan tersebut adalah memberikan pendidikan yang tepat buat anak.

Biaya ini bisa dibilang salah satu biaya paling mahal yang mesti orangtua siapkan. Cara menyiapkannya? Kamu bisa mulai tahap demi tahap.

Bila anak belum bersekolah, kamu udah bisa mulai bikin tabungan pendidikan anak buat kelak dia masuk sekolah dasar. Kemudian, saat si kecil udah duduk di bangku sekolah dasar, kamu bisa sisihkan dana buat biaya pendidikan selanjutnya. Begitu seterusnya.

5. Biaya hiburan dan lainnya

biaya liburan bersama anak
Liburan bersama anak (pegipegi)

Biaya yang terlihat kecil namun cukup menyedot uang yang kamu miliki adalah biaya hiburan dan lainnya.

Misalnya, anak minta diajak buat bermain ke suatu tempat. Selain itu, bisa jadi anak minta jajan tanpa diduga. Biaya-biaya ini terlihat kecil namun mengaplikasikan pepatah “sedikit demi sedikit jadi bukit”.

[Baca: Sayang Anak Bukan Berarti Boros. Nih, 4 Cara Menghemat Biaya Membesarkan Anak]

Paparan biaya-biaya di atas bukan buat menakut-nakuti, lho. Justru daftar biaya ini bikin kamu lebih bisa siapkan diri sejak awal.

Jadi, udah siap buat punya anak? Semoga kamu dan pasangan bisa dapat momongan sesegera mungkin.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →