Punya Bakat Marketing, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget Buat Dicoba Lho!

Social media spesialis menjadi salah satu pekerjaan di dunia marketing yang kini banyak dicari (Shutterstock).

Mencari pekerjaan saat ini bisa dikatakan sulit. Apalagi kalau kamu gak punya skill atau kemampuan khusus yang bikin perusahaan melirik, udah pasti ya kalah saing. Tetapi kalau kamu punya bakat marketing, udah pasti bisa menghasilkan pundi-pundi uang tanpa harus bekerja kantoran. 

Marketing memang identik dengan penjualan atau sales. Sederhananya adalah kamu harus menjual sesuatu, baik itu jasa maupun barang. Atau bisa juga kamu menjual diri kamu sendiri seperti menjadi influencer atau selebgram

Kalau dibahas lebih lanjut, marketing merupakan kegiatan memasarkan sebuah hasil melalui berbagai cara. Tujuannya adalah mengenalkan produk tersebut ke masyarakat luas. 

Terlebih saat ini hampir semua bidang pekerjaan berhubungan dengan digitalisasi, termasuk pemasaran atau marketing. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa kamu lakukan jika memiliki bakat marketing. 

1. Influencer

Influencer tengah mempromosikan produk dari merek tertentu (Shutterstock).
Influencer tengah mempromosikan produk dari merek tertentu (Shutterstock).

Pekerjaan pertama yang sesuai dengan bakat marketing adalah influencer. Apalagi perkembangan teknologi digital membuat segalanya kian mudah, termasuk menjual produk atau jasa. Dengan menjadi influencer, kamu bisa meraup pundi-pundi uang dengan mempromosikan suatu produk orang lain. 

Tetapi sebelumnya kamu harus mencari kepercayaan masyarakat dulu, usahakan buat konten review awal suatu produk sebagai perkenalan. Juga kamu harus memiliki jumlah pengikut yang cukup meyakinkan seseorang untuk percaya pada apa yang kamu uraikan di medsos. 

Kamu juga wajib memposting secara rutin beberapa konten di sosial media. Ulas secara lengkap mulai dari kemasan, cara pemakaian, harga hingga spesifikasi lengkap lainnya. Dengan begini konten kamu akan dicari masyarakat luas karena mengulas suatu produk dengan detail. 

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi influencer, salah satunya adalah dapat dipercaya brand tertentu untuk mempromosikan produk mereka. Kamu juga bakalan sering diundang ke acara peluncuran produk dan bisa bertemu dengan para selebgram lainnya. 

2. Sosial media spesialis

Social media spesialist (Shutterstock).
Social media spesialist (Shutterstock).

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan, pasti gak heran dengan posisi ini di beberapa website pencari kerja. Tingginya kebutuhan seorang sosial media spesialis tentu imbas dari perkembangan teknologi saat ini. 

Pemasaran produk atau jasa saat ini sudah sangat canggih. Kegiatan promosi kian gencar di media sosial, baik twitter, instagram, facebook maupun youtube. Menjadi seorang sosial media spesialis bukan pekerjaan mudah lho! Pekerjaan ini cukup menarik dan sangat menantang. 

Kamu akan memegang kendali penuh atas media sosial suatu perusahaan. Ketika media sosial sudah dikelola sebaik mungkin, tentu akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap perusahaan tersebut. 

Seorang sosial media spesialis juga diharuskan merancang strategi pemasaran sekaligus menjalin relasi dengan sesama media lain. Menariknya, dari profesi ini kamu bisa berselancar di dunia maya sekaligus bekerja. Ingat, kamu harus aware terhadap segala informasi yang sedang ramai di media sosial ya. Jangan gaptek!

3. Copywriter

Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang bekerja menulis konten kreatif (Shutterstock).
Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang bekerja menulis konten kreatif (Shutterstock).

Buat kamu yang suka mengulas hal menarik dalam bentuk tulisan, dan berhasil meyakinkan seseorang, bisa mencoba pekerjaan satu ini guys. Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang bekerja menulis konten kreatif dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan agar menarik perhatian khalayak.

Peran dari pekerjaan ini tentunya akan berhubungan dengan citra perusahaan atau brand tertentu. Selain memahami definisi, kamu perlu memahami apa yang dilakukan oleh seorang copywriter. 

Tugas seorang copywriter adalah membuat promosi dalam bentuk tulisan singkat yang menarik dan persuasif. Bagaimana dari tulisan tersebut berisikan ajakan agar orang lain tertarik dengan apa yang kamu atau perusahaan jual. 

Kalau kamu merasa pernah melihat sebuah iklan dengan tagline menarik, seketika lantas membeli produk tersebut, itu artinya tugas copywriter itu dikatakan berhasil. Buktinya kamu langsung membeli produk tersebut setelah melihat iklannya bukan? Nah itu sebagian kecil dari tugas seorang copywriter. 

4. Account executive

Account executive sedang presentasi di depan klien (Shutterstock).
Account executive sedang presentasi di depan klien (Shutterstock).

Account Executive (AE) adalah mereka yang memiliki wewenang mengkoordinasi para salesman lapangan. Selain itu, pekerjaan ini juga bertugas mengatur strategi pemasaran yang akan dijalankan selanjutnya di perusahaan tersebut. 

Dalam beberapa perusahaan, seorang AE memiliki tanggung jawab sebagai jembatan antara keinginan perusahaan dan klien. Biasanya masing-masing perusahaan memiliki AE khusus yang menangani beberapa keinginan klien. Tugasnya tentu sudah jelas, mulai dari membuat perencanaan dan brainstorming, serta meeting untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh klien.

Seorang AE harus memiliki kriteria seperti bertanggung jawab, mampu membaca peluang, pintar mendeskripsikan produk perusahaan, percaya diri, tahan banting melayani berbagai kebutuhan klien yang berbeda-beda serta wajib memiliki komunikasi yang baik terhadap orang banyak. 

Profesi ini juga bisa dikatakan sangat berat! Kamu harus terbiasa dengan target dan mencari klien baru setiap harinya. Tapi tenang, kerjakan saja yang terbaik dan nikmati pekerjaanmu!

5. Content writer

Penulis konten bertugas membuat artikel perusahaan (Shutterstock).
Penulis konten bertugas membuat artikel perusahaan (Shutterstock).

Kegiatan promosi saat ini tidak hanya dalam bentuk video saja. Tetapi pemasaran konten juga dibutuhkan oleh produsen untuk mengisi situs mereka terkait produk yang dijual. Nah, pekerjaan ini harus diisi oleh seorang content writer. 

Tugas penulis konten adalah mengelola distribusi konten di website perusahaan. Selain itu mereka juga wajib mengisi deskripsi produk. Ini jika perusahaan tersebut memiliki toko online atau sejenisnya. Tugas seorang penulis konten mengisi deskripsi produk yang akan ditampilkan tersebut. 

Seorang content writer juga dituntut untuk mampu mencari konten yang segar dan relevan terkait media sosial perusahaan. Untuk itu, pekerjaan ini sangat berhubungan dengan sosial media spesialis yang disebutkan sebelumnya. 

Nah, seorang penulis konten juga gak cuma menulis saja, tetapi juga memiliki tanggung jawab besar diantaranya membangun branding perusahaan, meningkatkan kualitas SEO website, juga memonitor statistik artikel yang telah dibuat sebelumnya. 

Pekerjaan ini secara umum mudah untuk dilakukan, asal kamu memiliki keterampilan dalam menulis. Gak cuma itu, kamu juga harus kreatif dalam membuat tulisan-tulisan tersebut. 

Nah itu tadi beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba jika memiliki bakat marketing. Kemampuan tersebut harus disalurkan dengan benar agar kamu nyaman dalam bekerja dan membangun karir kedepannya. (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →