Punya Cicilan 0 Persen, Ini Bedanya Cicilan Kredit dengan Tanpa Kartu

Dulu kalau belanja, opsi satu-satunya cicilan cuma kartu kredit. Sekarang ini mau ambil cicilan bisa tanpa kartu kredit lho. Tinggal dipilih aja enaknya yang mana buat kamu.

Setuju kalau bayar bertahap alias mencicil itu emang metode pembayaran yang menguntungkan saat kondisi kantong lagi gak mendukung.

Soalnya membayar secara kontan saat kondisi yang seperti itu dikhawatirkan bakal memengaruhi pemenuhan kebutuhan yang lain. Kalau dipaksakan bayar cash, bisa-bisa ada kebutuhan yang harus dikorbankan.

Apalagi inovasi teknologi yang kian pesat turut melahirkan inovasi baru di bidang finansial. Salah satunya adalah kehadiran metode cicilan tanpa kartu ini.

Buat kamu yang pengin mengenal jauh cicilan tanpa kartu dan apa bedanya cicilan kartu kredit, cari tahu aja yuk informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

1. Alat pembayaran yang digunakan

jadi kaya
Kartu kredit (Ilustrasi).

Sebenarnya, cicilan kartu kredit dan tanpa kartu sama-sama alat pembayaran nontunai. Atau bahasa trennya dikenal dengan nama cashless.

Walaupun sama-sama nontunai, alat pembayaran yang digunakan jelas berbeda. Kalau cicilan kartu kredit udah jelas, alat yang digunakan adalah kartu yang berlogo Visa atau Mastercard.

Sementara cicilan tanpa kartu benar-benar sama sekali gak pakai kartu lho layaknya kartu kredit. Kalau kartu kredit tinggal gesek terus masukkan PIN dan selesai, cicilan tanpa kartu justru kegiatannya dilakukan secara online.

Caranya, kamu belanja online dan saat pembayaran nanti, pilih metode cicilan tanpa kartu. Namun, kamu sebelumnya wajib punya akun salah satu platform cicilan tanpa kartu. Baru kemudian transaksi bisa dilakukan.

Kini gak cuma online, cicilan tanpa kartu ini juga udah bisa secara offline lho. Bedanya dengan kartu kredit, cicilan tanpa kartu memanfaatkan quick response atau QR Code buat melakukan pembayaran.

2. Bunga yang diberikan

kartu kredit
kartu kredit

Namanya cicilan pastinya ada bunga yang wajib kamu bayarkan berikut pokok pinjamannya. Bunga ini menjadi menarik dan menentukan karena orang-orang bisa tahu cicilan kartu kredit atau cicilan tanpa kartu yang menguntungkan buat mereka.

Saat ini bunga kartu kredit yang berlaku berada di angka 2,25 persen. Besaran bunga ini mulai berlaku sejak Januari 2017 yang lalu. Bunga ini turun dari sebelumnya yang berada di angka 2,95 persen.

Walaupun dikenakan bunga, ada beberapa transaksi yang mematok bunga 0 persen alias tanpa bunga lho. Asalkan kamu disiplin bayar tepat waktu dan gak telat, dijamin gak bakal kena bunga deh.

Beda lagi dengan cicilan tanpa kartu. Bunga yang dikenakan lebih besar dan beragam tergantung dari platform yang kamu pilih. Ada yang kasih 2,95 persen, ada juga yang 5 persen.

Walaupun gitu, ada juga yang kasih bunga 0 persen. Namun, dengan syarat, ambil cicilan dengan tenor 30 hari atau sebulan.

3. Limit kredit yang ditetapkan

PRJ
Untung banget buat kamu yang pakai kartu kredit (metrotvnews)

Apa itu cicilan kartu kredit ataupun cicilan tanpa kartu, keduanya sama-sama memberlakukan limit kredit. Bedanya adalah berapa besaran limit yang ditetapkan.

Saat mencari-cari informasi soal kartu kredit, kamu pasti menemukan fakta bahwa limit kartu satu dan kartu lain gak semuanya sama. Limit kartu kredit silver kalah besar dengan gold. Atau limit kartu kredit platinum lebih besar dari limit kartu kredit gold.

Udah pasti syarat yang diminta pun juga berbeda. Paling terlihat jelas dari besaran penghasilan. Kalau pengin kartu kredit berlimit besar, kamu harus punya penghasilan yang besar. Sebab besaran penghasilan itu menentukan besar limit yang kamu dapat.

Kartu kredit yang beredar umumnya kasih limit kredit mulai dari Rp 3 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 50 juta, hingga Rp 200 juta lebih juga ada. Oh, iya. Limit kartu kreditmu bisa dinaikkan juga lho, entah itu dinaikkan bank atau kamu yang memintanya.

Limit cicilan tanpa kartu juga demikian. Besarannya dihitung berdasarkan besaran penghasilan bulanan yang diterima. Dan asal tahu aja nih. Ada platform yang membagi-bagi limit kredit berdasarkan tenor yang diambil.

Misalnya aja tenor 1 bulan, limitnya Rp 700 ribu. Tenor 3 bulan, limitnya Rp 1,8 juta. Tenor 6 bulan, limitnya Rp 3,3 juta. Dan tenor 12 bulan, limitnya Rp 6 juta. Namun, kalau limitnya dirasa kurang, kamu bisa lho menaikkannya.

4. Biaya-biaya yang berlaku

banyak utang
Terlalu bergantung pada kartu kredit (kumparan)

Ada beberapa biaya yang dikenakan selain membayar cicilan kredit plus bunga tiap bulannya. Di kartu kredit ada iuran tahunan (annual fee) yang wajib dibayar pengguna kartu kredit tiap tahun. Namun, ada juga yang kasih annual fee gratis alias gak bayar iuran tahunan.

Ini nantinya masih ditambah dengan biaya-biaya lain yang sifatnya gak rutin dibayar. Misalnya aja biaya overlimit, biaya keterlambatan bayar, biaya penggantian kartu, biaya pencetakan ulang billing statement, biaya ganti PIN, biaya kenaikan limit, hingga biaya upgrade kartu.

Lain dengan cicilan tanpa kartu. Kamu gak bakal dikenakan annual fee seperti kartu kredit. Namun, ada biaya administrasi buat transaksi dalam nominal tertentu.

Jadi, kamu tertarik yang mana nih, cicilan kartu kredit atau tanpa kartu? Gunakan cicilan kartu kredit, udah jelas kamu harus ajukan dulu ke bank dan prosesnya bukan sebentar atau satu hari langsung selesai.

Kalau urus pengajuan cicilan tanpa kartu, waktu yang dibutuhkan gak lama. Malahan ada yang saat itu daftar, saat itu juga bisa digunakan.

Moga-moga informasi di atas membantu kamu buat dapat memilih cicilan yang pas ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →