Punya Networking yang Luas Emang Penting, tapi Bukan Berarti Gak Pakai Perhitungan

Punya Networking yang Luas

Para eksekutif muda pasti udah paham kalau networking merupakan salah satu hal yang penting banget buat peningkatan karier. Apapun profesi kamu, networking yang berkualitas dan luas itu dibutuhkan untuk memudahkan tugas atau pekerjaan.

Dalam kehidupan bersosialisasi pun networking juga penting buat menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Sebab, manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Tapi, sebelum salah kaprah dan malah jadi boros demi aktivitas yang satu ini, simak dulu cara networking cerdas yang tetap hemat:

1. Cari momen networking tanpa biaya atau minim biaya

Yang utama saat mau menghemat pengeluaran ya pasti cari gratisan atau paling gak cari harga yang ramah di kantong deh. Sama halnya pas mau hadir di acara networking. Rajin-rajin kumpulin informasi, mulai dari browsing di Internet sampai tanya-tanya sama semua rekan kerja.

Bikin jadwal networking yang udah direkomendasiin dan sertakan sama detail biayanya. Setelah itu kamu bisa mulai utak-atik deh tuh mana yang sekiranya paling masuk di bujet, tapi punya benefit paling optimal buat perkembangan kariermu. Jangan cuma pilih murahnya saja ya.

punya networking yang luas
Wah ramai-ramai ada apa nih kayaknya seru juga ya mbaksis, masbro hehehe! (Sekumpulan Orang / jalantikus)

2. Tetapkan bujet tiap bulan

Ngomong-ngomong soal cari acara networking yang gak menjebol kantong, kamu harus tentukan bujet pos ini setiap bulannya. Dengan begitu, kamu punya patokan supaya gak overbudget.

Kalau misalnya bulan ini overbudget, berarti bujet networking di bulan berikutnya bisa kamu kurangin. Overbudget berkelanjutan bisa berbahaya buat alokasi pos lain yang lebih penting, seperti tagihan dan bayar cicilan.

3. Selektif

Selektif di sini maksudnya gak asal hadir ke semua acara networking tanpa tahu manfaatnya. Pilih dengan bijak dan cerdas deh acara networking yang kira-kira benefit-nya bakal optimal buat pekerjaan kamu. Apalagi yang berbayar. Rugi dong cuma datang tanpa hasil jelas.

Berhemat sama bujet networking bukan berarti jadi pelit dan cuma hadir di acara networking yang gratisan ya. Sesekali boleh kok hadir di seminar, talkshow, atau workshop yang bergengsi selama di situ bisa dapet networking yang bagus buat karier kamu.

punya networking yang luas
Duh pada serius apa pada ngantuk nih hehehe (Seminar / mjbusinessinsurance)

4. Lokasi mudah dijangkau

Yang satu ini juga wajib jadi pertimbangan. Cari acara networking yang lokasinya gak sulit dijangkau. Entah itu dari kantor kalau hari kerja atau dari rumah kalau acaranya pas weekend. Intinya sih supaya kamu bisa hemat ongkos atau pengeluaran buat bensin.

Tapi kalau setimpal dengan manfaat yang bakal kamu dapet ya gak apa-apa. Berkorban menempuh jarak yang lumayan jauh dan agak berat di ongkos masih bisa ditolerir selama manfaatnya pun terasa.

5. Sebisa mungkin manfaatkan fasilitas kantor

Selain bermanfaat buat diri sendiri, networking juga bermanfaat buat perusahaan tempat kita bekerja. Gak cuma meningkatkan skill dan produktivitas, kamu juga bisa dapetin calon klien buat perusahaan. Ujung-ujungnya, bukan gak mungkin nambah profit perusahaan.

Nah, sebisa mungkin manfaatin deh tuh fasilitas kantor buat memperluas networking. Mulai dari pakai mobil kantor, voucher taksi, sampai reimburse bensin. Toh, ujung-ujungnya berkontribusi juga buat perkembangan perusahaan, kan?

punya networking yang luas
Wow kebayang gak sih kalau kantor kita punya mobil mewah gini? Rela deh ditugasin ke mana aja hehehe (Mobil Mewah / viva)

Banyak hal selain networking yang gak kalah penting buat ningkatin karier. Jadi gak perlu lebay nguras tabungan buat kebutuhan yang satu ini ya. Cermat dan bijak saat memilih acara networking yang bakal kamu datangi. Jangan sampai cuma buang waktu, energi, atau bahkan uang.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 5 Manfaat Punya Networking Luas]

[Baca: Hal-Hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Kuliah Tapi Penting Banget Pas Kerja]

[Baca: 5 Keuntungan Jadi Si Kutu Loncat Alias Sering Pindah Kerja]

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →