Menjadi Pribadi yang Lebih Baik lewat Kata-Kata di Animasi Lion King

lion king

Film The Lion King sudah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air. Film ini diadaptasi langsung dari animasi Disney dengan judul sama yang tayang pada tahun 1994 silam. 

Seri animasinya telah meraih kesuksesan besar. Ditunjukkan dengan pendapatan yang besar, serta berbagai penghargaan yang diraih. 

Dikutip dari Box Mojo, cerita tentang petualangan singa yang memimpin kerajaan hewan di Afrika ini meraup keuntungan US$ 968.483.777 atau Rp 13,5 triliunan. Padahal, biaya produksinya cuma US$ 45 juta atau Rp 627 miliaran. 

Kalau pendapatannya fantastis, banyak penonton yang mengapresiasi karya animasi tersebut. Ini terbukti pula dengan sederet penghargaan yang diterima hanya dalam waktu setahun. 

Tepatnya di tahun 1995, empat penghargaan bergengsi berhasil mereka boyong, yaitu Academy Award untuk kategori musik terbaik, Golden Globe Award untuk kategori gambar terbaik dan penilaian tertinggi, terakhir juara kategori film favorit di Kids Choice Award

Sama seperti film-film Disney sebelumnya, cerita Lion King gak cuma menampilkan kisah pertarungan raja rimba memperebutkan takhta saja, tetapi juga ada pelajaran hidup yang berharga dari setiap percakapan karakternya. Apa saja? 

1.  Saling berhubungan baik antar-sesama 

Lion King
Quotes Mufasa dalam Lion King (vignette.wikia.nocookie.net)

“When we die, our bodies become the grass, and the antelope eat the grass and so, we are all connected in the great circle life.” Mufasa

Sebagai makhluk sosial, kita gak bisa hidup sendirian. Harus ada interaksi dan hubungan timbal balik dengan sesama. Jadi jangan bersikap sombong dengan siapapun, selalu jaga hubungan baik dengan semua orang. 

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup dan Finansial dari Film The Lion King yang Perlu Kamu Tahu

2. Sebagai pemimpin harus percaya diri 

Lion King
Quotes Mufasa dalam Lion King (monstersandcritics.com)

“Believe in yourself and there will come a day when others will have no choice but to believe with you.” Mufasa

Musafa mengingatkan kepada Simba untuk selalu percaya diri terhadap diri sendiri. Ini penting, karena Simba sudah digariskan menjadi raja rimba menggantikan Mufasa.  

Pelajarannya adalah, sebagai pemimpin harus percaya diri. Tujuannya, agar para pengikutnya merasa aman dan memiliki kepercayaan juga terhadapnya. 

3. Belajar dari masa lalu

Lion King
Quotes Rafiki dalam Lion King (i.pinimg.com)

“Oh yes, the past can hurt. But from the way I see it, you can either run from it, or learn from it.” Rafiki 

Pengalaman pahit maupun yang baik di masa lalu bisa sangat berharga dalam hidup. Kamu bisa menjadikannya sebagai guru di masa yang akan datang untuk bisa menjadi lebih baik lagi. 

4. Jangan terlalu pusing terhadap masalah 

Lion King
Quotes Simba dalam Lion King

“I laugh in the face of danger.” Simba 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Setiap orang pasti memiliki masalah. Kamu mungkin gak akan bisa untuk menghindarinya, dan satu-satunya cara adalah dengan menghadapinya. 

Di Lion King, Simba berkata kalau dia menghadapi setiap masalah dengan santai. Karena itulah cara agar dia bisa melewatinya dengan sangat mudah. 

5. Perubahan itu baik untuk kesuksesan

Lion King
Quotes Rafiki dalam Lion King (dyn1.heritagestatic.com)

“Change is good,” Rafiki 

Banyak orang takut menghadapi perubahan. Padahal, perubahan itu bagus lho untuk kesuksesanmu. 

Kalau gak ada perubahan, mungkin hidupmu bakalan stagnan gitu-gitu aja. Kata orang-orang, salah satu kunci untuk cepat meraih kesuksesan adalah keluar dari zona nyaman! 

6. Jangan terlalu pedulikan omongan negatif orang-orang

Lion King
Quotes Kiara dalam Lion King (vignette.wikia.nocookie.net)

“They can have the word. We’ll create our own.” Kiara

Salah satu hobi manusia adalah bergosip membicarakan keburukan orang lain, dan terkadang menilai seseorang seenak jidat. Itu menjadi sangat menyakitkan bagi orang yang menjadi objek perbincangan tersebut. 

Tapi, Kiara mengatakan, itu memang hak mereka, jangan terlalu dipikirkan. Percaya saja pada diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi dan membuktikan kamu bukanlah seperti apa yang mereka katakan. 

7. Yang lalu, biarlah berlalu 

Lion King
Quotes Pumba dalam Lion King (wallpaperflare.com)

“You got to put your behind in your past.” Pumba 

Terjebak dalam pengalaman masa lalu yang pahit memang menyakitkan. Pumba menyarankan kamu untuk melupakan semuanya, tapi jadikan itu sebagai sebuah pelajaran agar tidak terjebak dalam kondisi sama. 

Terlarut dalam masa lalu untuk waktu yang lama sangat tidak baik bagi masa depanmu. Itu bisa menghambat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, ambil hikmahnya dan buang jauh-jauh sisi negatifmu. 

Itulah tujuh quote di film The Lion King tahun 1994. Katanya sih film live action yang lagi tayang ini juga memiliki cerita yang gak jauh berbeda dari animasnya. Jadi kemungkinan besar, pelajaran-pelajaran hidupnya juga bakalan sama. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →