Pelajari Prosedur Rekening Giro dan Temukan Keuntungannya

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
pengertian rekening giro

Current account atau yang dikenal dengan rekening giro adalah produk dari perbankan. Kita bisa manfaatkan untuk menyimpan uang di bank, tapi tidak terbatas pada poin itu saja.

Yang membedakan dengan rekening tabungan biasa adalah rekening giro terletak pada pelaporan, cara penarikan, jumlah penarikan dan target penggunanya.

Karakteristik Rekening Giro

Menurut pengertian Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rekening giro adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perorangan atau badan usaha. Simpanan ini bisa dalam bentuk rupiah atau mata uang asing.

Sama seperti tabungan pada umumnya, penarikan dana di rekening giro dapat dilakukan kapan saja selama jam kerja dengan menggunakan warkat cek dan bilyet giro.

Tidak ada perbedaan mendasar bagi calon nasabah yang hendak membuka rekening giro. Artinya, bisa dilakukan oleh semua warga negara Indonesia, warga negara asing, serta badan usaha dan institusi lain yang sah menurut hukum yang berlaku.

Apa saja karakteristik rekening giro yang membedakannya dengan tabungan lain?

1. Cek

Cek adalah surat berharga atau alat transaksi pembayaran yang diterbitkan oleh bank. Cek juga dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai dan dapat dicairkan secara tunai.

2. Bilyet giro

Bilyet giro adalah surat berharga atau alat transaksi yang diterbitkan oleh bank. Bilyet giro juga dapat dimanfaatkan di dalam transaksi sebagai pengganti uang tunai dan dapat dicairkan secara tidak tunai. Pencairannya dapat melalui pemindahbukuan ke rekening yang bersangkutan sesuai dengan tanggal yang tertera di dalam bilyet giro.

3. Digunakan sebagai alat pembayaran transaksi perusahaan

Disebut sebagai sirkulasi uang sebab transaksi giro dilakukan dalam bentuk transfer dana dari satu rekening bank ke rekening bank lain tanpa menggunakan cek fisik.

Alur Transaksi Rekening Giro

tata cara rekening giro

Giro dapat digunakan sebagai alat pembayaran dengan cara kerja yang spesifik. Nasabah dapat mengandalkan uang tunai atau cek untuk melakukan pembayaran ke penagihan. Selanjutnya pelanggan melakukan transfer langsung antarrekening bank.

Agar transaksi tersebut dapat berlaku, maka antarpihak yang berhubungan harus memiliki kesepakatan dalam mencapai transaksi tersebut. Ada tiga pihak yang bertransaksi dan terikat di dalam sebuah kesepakatan, yaitu nasabah (pihak pertama), mitra usaha (pihak kedua), dan bank. Berikut alur dalam transaksi lewat rekening giro.

  • Pihak pertama dan pihak kedua mengisi formulir yang tersedia di bank yang selanjutnya formulir tersebut diserahkan kepada bank.
  • Setelah menerima instruksi giro dari nasabah (pembeli), bank akan melaksanakan pesanan dengan membayar kepada mitra usaha.
  • Mekanisme debet langsung dapat dilakukan secara elektronik oleh mitra usaha. Debet tersebut menjadi sarana untuk mengumpulkan pembayaran dari nasabah sebagai pembeli.

Hal yang Perlu Diketahui tentang Rekening Giro 

Pada dasarnya, rekening giro berfungsi membantu transaksi keuangan yang umumnya bernilai besar. Rekening ini dapat dimiliki oleh nasabah perorangan atau perusahaan. Untuk membuka rekening giro, ada enam hal yang harus diperhatikan. Berikut rincian dan penjelasannya.

1. Wajib memiliki rekening tabungan di bank 

Giro mengharuskan kita untuk memiliki rekening tabungan. Lewat giro, kita tidak perlu memiliki kartu kredit, kartu debit, kartu ATM, atau aplikasi digital apa pun seperti internet banking atau semacamnya.

2. Tidak ada biaya yang dikutip 

Sebagian bank tidak mengutip biaya dari transaksi rekening giro, termasuk transfer ke bank berbeda pun tidak dikutip biaya tambahan. Hanya saja, ada sebagian bank yang membebankan biaya lain-lain jika terdapat kekurangan dana untuk menutup pengurangan giro.

3. Bermitra dengan bank 

Organisasi atau perusahaan yang hendak ditagih harus bermitra dengan bank agar lebih memudahkan transaksi. Ketiga pihak terkait harus bermitra dengan bank adalah pelanggan, penagihan, dan bank tersebut.

4. Hanya perlu persetujuan satu kali 

Bank tidak memerlukan instruksi lebih lanjut dari kita untuk melanjutkan pembayaran. Cukup satu kali saja sesuai dengan tanggal jatuh tempo penagihan yang telah dibuatkan otorisasi. Selanjutnya informasi penagihan akan diberikan oleh penagihan. Kita hanya perlu memberi izin untuk membayar tagihan secara otomatis dari rekening kita sesuai periode yang ditentukan, berapa pun jumlahnya.

5. Penagihan salah 

Apa yang terjadi ketika terjadi pengurangan yang tidak sesuai? Apabila dalam pengurangan terjadi kesalahan, maka akan dilakukan dua prosedur.

  • Pertama, bila bank salah mengurangi jumlah maka bank perlu menyelidiki dan memperbaiki pengurangan yang salah.
  • Kedua, bila pihak penagihan membuat kesalahan. Dalam situasi ini, maka pihak penagihan akan menyelidiki dan memberi konfirmasi dalam tiga hari kerja. Jika jumlah yang dikurangi memang salah, penagihan harus mengembalikan selisihnya. Jika kita tidak setuju dengan tagihan yang ditagihkan, maka yang harus dilakukan adalah segera menghubungi organisasi penagihan kita. Jika pemotongan belum dilakukan, organisasi penagihan perlu menunda pemotongan sementara penyelidikan sedang berlangsung.

6. Mengakhiri giro

Apa yang harus dilakukan jika kita ingin mengakhiri pengaturan giro. Secara teknis, giro hanyalah pengaturan antara pelanggan dan pihak penagihan.

Dalam pengaturan semacam itu, pelanggan telah memberi wewenang kepada bank untuk membayar tagihan kepada organisasi penagihan dengan mengurangi jumlah dari rekening bank berdasarkan permintaan dari pihak penagihan.

Bagi nasabah yang ingin mengakhiri pengaturan giro harus terlebih dahulu memberi tahu pihak penagihan untuk berhenti mengirim instruksi ke bank untuk pembayaran dan menyetujui metode pembayaran alternatif lainnya. Pada saat yang sama, pelanggan juga harus memberi tahu bank guna menjaga dana dalam rekening giro tidak dipotong.

Keuntungan Menggunakan Rekening Giro 

keuntungan rekening giro

Rekening giro amat disarankan untuk perusahaan atau institusi dan organisasi. Rekening ini dapat membantu mempermudah transaksi keuangan dalam berbisnis.

Berkat itu, nasabah tidak perlu repot-repot ke bank untuk mengurus transaksi harian, bulanan, atau tahunan. Lewat rekening giro, usaha kita akan lebih lancar karena bank memberikan kemudahan melakukan transaksi keuangan otomatis secara terjadwal.

Berikut sejumlah keuntungan dari memiliki rekening giro bagi perusahaan.

  • Layanan berbagai pilihan mata uang mulai dari rupiah, dolar Amerika Serikat, dolar Australia, Yen, Renminbi, hingga Poundsterling.
  • Melayani fasilitas rekening gabungan atau joint account.
  • Transaksi penarikan atau penyetoran dapat dilakukan antarcabang.
  • Dapat digunakan sebagai rekening penampungan untuk virtual account.
  • Fasilitas transfer otomatis, khususnya untuk rekening giro rupiah.
  • Dapat dijadikan sebagai rekening penampungan bagi merchant debit bank tertentu.

Adapun layanan yang diberikan dalam rekening giro dan membedakannya dengan rekening tabungan pada umumnya, antara lain:

Demikian informasi soal rekening giro. Semoga dapat menambah pengetahuan kita terkait informasi keuangan dan bisnis. Cari tahu lebih banyak mengenai ulasan-ulasan finansial dan asuransi terbaik Indonesia hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →