Rekening Koran Mandiri: Syarat Pengajuan, Biaya, dan Cara Mencetaknya

deposito mandiri

Rekening koran Mandiri merupakan sebuah rincian yang menampilkan informasi seluruh data transaksi kamu di Bank Mandiri. Dalam rekening koran ini, semua data transaksi, mutasi, dan lain-lain bisa kamu dapatkan.

Kalau kamu gak mau antre, manfaatkan cara cetak rekening koran via internet banking (i-banking). Sebelum bahas lebih jauh tentang cetak rekening koran melalui ponselmu, simak terlebih dahulu manfaat atau kegunaan rekening koran buat kamu.

Manfaat cetak rekening koran

rekening koran mandiri

Rekening koran gak selalu digunakan untuk mencari tahu transaksi keuangan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Rekening koran kamu perlukan untuk beberapa keperluan berikut:

  • Pengajuan visa
  • Mengetahui riwayat transaksi lebih detail
  • Bukti hukum untuk kondisi tertentu seperti penolakan pihak ketiga atas pembayaran yang sudah kamu lakukan
  • Mengajukan pinjaman seperti kredit tanpa agunan (KTA), atau kredit pemilikan rumah (KPR)
  • Mengikuti lelang
  • Audit keuangan perusahaan.

Kamu yang tengah dalam pengurusan di atas bisa mencetak rekening koran sesuai kebutuhan ya!

Syarat dan cara cetak rekening koran Mandiri

rekening korang mandiri

Bank Mandiri sebagai salah satu perbankan pelat merah alias BUMN punya beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum nasabah mengajukan cetak rekening koran. Hal ini diterapkan demi menjaga kerahasiaan data dan informasi nasabah, sehingga tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Buat kamu yang ingin cetak rekening koran Bank Mandiri, siapkan dokumen berikut ini:

  • Kartu identitas diri (misalnya KTP)
  • Buku tabungan Bank Mandiri
  • Kartu ATM Mandiri
  • Membayar biaya cetak sesuai jumlah lembar cetakan rekening koran.

Cetak rekening koran Mandiri di kantor cabang

Kalau kamu cetak rekening koran di kantor cabang, berarti persyaratan dokumen di atas harus kamu penuhi ya. Setelah semua dokumen yang dibutuhkan lengkap, kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Berikut ini langkah-langkah membuat rekening koran di kantor cabang Mandiri.

  • Ambil nomor antrean
  • Kalau mau cetak mutasi lebih dari satu tahun, kamu harus datang ke kantor cabang tempat membuka rekening, tidak bisa kantor cabang bank Mandiri di sembarang tempat
  • Setelah nomormu dipanggil, jelaskan keinginanmu untuk mencetak rekening koran dan beritahu juga jumlah bulan yang ingin dicetak, misalnya 6 bulan terakhir
  • Petugas biasanya akan menjelaskan soal adanya biaya cetak rekening koran dan kita diberi pilihan apakah ingin mendebet biaya tersebut dari rekening atau bayar tunai
  • Setelah itu, tunggu petugas bank mencetak rekeningmu dan bayar sesuai tarif dan jumlah lembaran yang dicetak.

Cetak rekening koran Mandiri via online

Cara ini bisa dibilang bukan cetak tapi mengetahui mutasi rekening kamu. Kalau mau tetap dicetak, kamu harus mengunduh dan mencetaknya ke printer atau ke jasa layanan print. Berikut tahapan mengecek mutasi rekening koran Mandiri secara online lewat i-banking.

  • Login ke Mandiri Online
  • Pilih menu Informasi Rekening (Klik Rekening)
  • Lalu klik rekening tabungan dan giro
  • Pilih Mutasi Rekening
  • Pilih periode transaksi keuangan yang akan dicetak

Biaya cetak rekening koran Mandiri

Kamu yang hendak cetak rekening koran harus tahu biaya-biaya yang dikenakan. Setiap lembar rekening koran yang dicetak dikenakan biaya berbeda tergantung jenis tabungan dan jangka waktu transaksi yang ingin kamu cetak. Berikut besaran biaya cetak rekening koran di Bank Mandiri:

Jenis Tabungan Jangka Waktu Transaksi Biaya per Lembar
Mandiri Tabungan 3 bulan Rp2.500
Mandiri Tabungan Rencana (Rp) 3 bulan Rp3.000
Mandiri Tabungan Rencana (Valas) 3 bulan US$0,5
Mandiri Giro Rupiah < 3 bulan Rp2.500
3-6 bulan Rp5.000
6-9 bulan Rp10.000
9-12 bulan Rp15.000
> 12 bulan Rp20.000

 

Bisakah cetak rekening koran diwakilkan?

uang teman

Jika kamu butuh banget cetak rekening koran di bank, tapi gak bisa mendatangi kantor cabang bagaimana?

Kamu gak perlu khawatir karena cetak rekening koran Bank Mandiri boleh diwakilkan asal memenuhi persyaratan yang diminta. Tenang aja, persyaratan ini bukan bermaksud bikin kamu ribet, tapi justru menjaga informasi penting transaksi agar tidak dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab.

Kalau kamu ingin diwakilkan untuk cetak rekening koran, maka kamu perlu memberikan surat kuasa kepada orang yang kamu percaya. Surat kuasa ini harus kamu tandatangani di atas materai 6000.

Dalam surat kuasa ini, kamu harus memberikan keterangan bahwa kamu memberikan wewenang kepada orang yang memegang surat kuasa tersebut dengan nama jelas sesuai identitas dan nomor identitas diri untuk mencetak rekening koranmu.

Surat kuasa ini akan diberikan kepada CS Bank Mandiri. Nantinya, pembawa surat kuasa akan ditanyai status hubungannya dengan pemilik rekening.

Sekadar informasi, tidak semua bank memiliki kebijakan tersebut. Jadi, tidak bisa disamaratakan ya! Selain itu, kebijakan di kantor cabang Bank Mandiri bisa saja berbeda. Jadi, kamu harus menanyakannya terlebih dahulu.

Demikian penjelasan mengenai serba-serbi rekening koran Mandiri. Kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar perbankan dan finansial bisa mengunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →