Asuransi Kebakaran Apartemen Terbaik [Plus Dasar Hukumnya]

asuransi kebakaran apartemen terbaik

Tinggal di apartemen juga membutuhkan proteksi layaknya tinggal di rumah biasa. Kalau asuransi rumah sudah lebih familier di masyarakat, asuransi untuk apartemen belum begitu populer, seperti asuransi kebakaran apartemen. Dapatkan produk asuransi properti terbaik dari Lifepal yang hemat hingga 25%!

Asuransi kebakaran apartemen memiliki pandangan yang berbeda dengan asuransi rumah biasa. Bentuk apartemen yang vertikal dan unit hunian yang berdempetan membuat risiko kebakaran jadi lebih rentan dan bisa berakibat lebih parah. Sedikit saja terjadi kebakaran kecil, api bisa cepat merambat ke unit lainnya.

Asuransi Kebakaran Apartemen Terbaik [2020]

Asuransi kebakaran apartemen tersedia di beberapa perusahaan asuransi terkemuka Indonesia. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

Allianz

Merupakan pengembangan dari asuransi kecelakaan diri, asuransi kebakaran dari Allianz memiliki beberapa keunggulan, yaitu: uang santunan yang bisa digunakan untuk tempat tinggal sementara ketika unit mengalami perbaikan dan bisa untuk biaya perbaikan unit yang rusak akibat kebakaran, ledakan, terkena pesawat terbang dan lain-lain.

Ada juga manfaat ketidakmampuan tetap apabila pemilik unit mengalami kecelakaan dan santunan meninggal dunia karena kecelakaan. Asuransi ini juga menawarkan manfaat santunan akomodasi sementara bila akses ke apartemen terhalang banjir.

ACA

Asuransi kebakaran dari ACA memberikan solusi dengan memberikan jaminan perlindungan dari risiko petir, kebakaran, ledakan, asap hingga kejatuhan pesawat terbang. Barang-barang yang bisa diasuransikan adalah bangunan, perabotan rumah tangga, perlengkapan rumah, mesin, barang dagangan hingga persediaan dan lain-lain.

Namun, produk asuransi kebakaran ini tidak melindungi kebakaran atau api yang timbul sendiri, hubungan arus pendek, atau api yang timbul dari sifat barang. Asuransi ini juga tak melindungi kerusakan akibat perang, kerusuhan, penyerbuan dan sejenisnya. Termasuk juga reaksi dari ledakan nuklir.

AXA

Asuransi Rumah AXA memberikan jaminan perlindungan tak hanya perihal kebakaran, tetapi juga kerusuhan, angin topan, badai, banjir, tanah longsor, hingga pencurian dengan atau tanpa kekerasan. Pemegang polis Asuransi Rumah juga mendapat perluasan otomatis berupa jaminan biaya untuk Dinas Kebakaran, biaya profesional (arsitek), pembersihan puing, tambahan nilai bangunan hingga kerusakan pada instalasi bawah tanah.

Tokio Marine 

Tokio Marine memiliki Asuransi Pro Apartemen yang memiliki manfaat asuransi utama sebagai berikut: perlindungan terhadap huru-hara, banjir, badai, gempa bumi, kebakaran, pencurian disertai kekerasan, kerusakan pipa, kecelakaan diri, pembersihan puing hingga pertanggungjawaban kepada pihak ketiga. Premi yang ditawarkan pun berbeda, tergantung dari jumlah lantai bangunan apartemen yang dihuni.

Dasar Hukum Asuransi Kebakaran Apartemen

Di Indonesia, pengertian apartemen memiliki kesamaan dengan rumah susun dan penjelasan mengenai rumah susun sudah dijelaskan dalam Undang-Undang No 16 Tahun 1985 tentang Rumah Susun.

Pengertian Rumah Susun adalah: “Bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam satu lingkungan, yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal dan vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan dihuni secara terpisah, terutama bentuk tempat hunian, yang dilengkapi dengan bagian berama, benda bersama dan tanah bersama.

Dari Undang-Undang tersebut bisa disimpulkan bahwa yang berhak mengasuransikan apartemen adalah pengelola atau Perhimpunan Pemilik Apartemen (PPA).

Mengasuransikan apartemen juga merupakan kewajiban dan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 Pasal 61 ayat (2) huruf b, yaitu:

Setiap penghuni berkewajiban:

  • Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  • Membayar iuran pengelola dan asuransi kebakaran.
  • Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama.

Ketentuan lain tercantum pada Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988, yaitu: “Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran.”

Dalam dua peraturan tersebut sudah jelas bahwa Perhimpunan Penghuni Apartemen (PPA) atau Paguyuban Penghuni Rumah Susun (PPRS) wajib mengkoordinir pembayaran asuransi apartemen yang dananya bisa diambil dari dana maintenance atau dana tambahan.

Bagaimana bila pihak PPA atau PPRS tak menjalankan kewajibannya untuk membayar asuransi kebakaran apartemen? Sanksinya pun sudah secara tegas juga ditentukan dalam Pasal 77 Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1988, yaitu: “Barangsiapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 30, Pasal 31, Pasal 34, pasal 35 ayat (1) dan ayat (3), Pasal 38 ayat (2), Pasal 39 ayat (1), Pasal 61 ayat (2) dan ayat (3), dan Pasal 67, diancam dengan hukuman pidana kurungan selama-lamanya satu tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)”.

Dalam beberapa kasus, ada juga PPA atau PPRS yang tidak mengasuransikan bangunan apartemen, jadi pemilik unit harus mengasuransikannya sendiri. Namun cara ini tidak disarankan karena dalam Undang-Undang sudah ditegaskan bahwa PPA atau PPRS berkewajiban mengasuransikan bangunan apartemen.

Jadi kalau memang ingin menjadikan apartemen sebagai hunian, jangan lupa untuk memastikan kamu punya asuransi kebakaran apartemen. Temukan produk asuransi terbaik hanya di Lifepal ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →