Ini Alasan Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Alternatif Investasi

Tempo/ Seto Wardhana

Reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan investor, dikala menghadapi gejolak ekonomi nasional dan dunia.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia menyatakan, reksa dana pasar uang merupakan pilihan yang tepat. Itu karena reksa dana pasar uang memiliki tingkat resiko yang paling konservatif.  

Selain itu, reksa dana pasar uang terdiri dari deposito perbankan dan obligasi yang jatuh tempo di bawah satu tahun. Sehingga risiko dan fluktuasinya minimal.

“Hingga akhir tahun ini, prospek investasi di reksa dana pasar uang masih menarik. Hal ini didukung oleh tren kenaikan suku bunga Bank Indonesia. Perlahan-lahan, suku bunga deposito perbankan juga akan mengalami kenaikan.

Tentunya akan berdampak positif bagi produk ini,” ujar Katarina Setiawan Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, kemarin.

Katarina juga mengungkapkan jika reksa dana pasar uang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan deposito. Seperti dana investasi yang lebih terjangkau, penempatan dana minimal yang hanya Rp 10.000. Dan penarikan dana bisa dilakukan kapan saja tanpa dikenakan biaya.  

“Dari sisi imbal hasil, reksa dana pasar uang memiliki imbal hasil yang kompetitif dengan deposito perbankan,” ungkapnya.

Reksa Dana Pasar Uang Manulife Asset Management

ihsg hari ini
Reksadana saham juga boleh

Menurut Katarina, saat ini PT Manulife Aset Manajemen Indonesia mengelola dua reksa dana pasar uang, salah satunya adalah Manulife Dana Kas Syariah (MDKS).  

Sejak diluncurkan bulan lalu pada 31 Agustus 2018, reksa dana ini telah memiliki dana kelolaan Rp 28,07 miliar di akhir September 2018. Dalam sebulan, reksa dana MDKS tercatat memberikan imbal hasil 0,46 persen.

Saat ini reksa dana MDKS dipasarkan oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia melalui online platform transaksi milik PT Manulife Aset Manajemen.  

Jadi jika kamu ingin berinvestasi yang relatif lebih aman dibanding saham dan obligasi, reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan. Investasi ini juga cocok bagi kamu para pemula yang ingin belajar investasi.

Kamu cukup mengisi formulir, setorkan dana dan serahkan pilihan investasi-mu kepada manajer investasi profesional yang kamu percaya.

Selain tentunya jangan lupa di cek terlebih dahulu, apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau belum.

Selamat berinvestasi, dan happy cuan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →