Reksadana BCA – Jenis Produk dan Cara Membelinya

Reksadana BCA

Reksadana BCA adalah salah satu pilihan kamu untuk membeli produk reksa dana melalui bank. Bagi yang belum familier, reksa dana merupakan produk investasi yang menggunakan metode penghimpunan dana dari investor.

Nantinya, dana yang dihimpun akan diinvestasikan manajer investasi ke berbagai instrumen seperti saham, obligasi, deposito, dan produk pasar uang lainnya. Jadi, dalam berinvestasi reksa dana, bukan kita yang mengelola langsung.

Bagi yang masih pemula dalam dunia saham, reksadana memudahkan kita untuk tetap bisa berinvestasi tanpa perlu memikirkan cara pengelolaannya. Nah, salah satu pilihan tempat untuk investasi reksa dana yang lebih mudah lagi adalah melalui bank.

Biar jelas, yuk simak ulasan mengenai jenis produk reksadana BCA, cara membelinya, dan manajer investasi yang bekerja sama!

Jenis produk reksadana BCA

Berikut beberapa pilihan produk reksadana yang bisa kita beli melalui manajer investasi yang bekerja sama dengan BCA.

Jenis-jenis produk reksadana serta profil risiko dan imbal hasilnya berikut ini dapat menjadi pertimbangan penting. Tentu saja sesuai dengan tujuan investasi kita.

1. Reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang adalah investasi yang ditempatkan pada instrumen pasar uang atau efek dalam negeri dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun.

Cocok untuk investasi jangka pendek dan tidak menginginkan risiko tinggi alias konservatif.

2. Reksa dana terproteksi

Sesuai dengan namanya, terdapat proteksi 100 persen untuk nilai investasi kita di awal bila tidak dicairkan hingga jatuh tempo. Jangka waktu investasi produk ini adalah satu sampai tiga tahun dan cocok bagi investor konservatif.

3. Reksa dana pendapatan tetap

Reksa dana pendapatan tetap mengharuskan kita berinvestasi sedikitnya 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) di efek utang atau obligasi. Jangka waktunya adalah satu sampai tiga tahun.

4. Reksa dana campuran

Reksadana campuran adalah produk investasi reksadana yang dananya ditempatkan di saham, obligasi, dan pasar uang.

Jangka waktu investasi yang disarankan adalah tiga sampai lima tahun. Profil risikonya cukup tinggi namun dengan imbal hasil yang sebanding pula. 

5. Reksa dana saham

Reksa dana saham merupakan produk investasi reksadana dengan dana ditempatkan pada pasar saham minimal 80 persen dari NAB.

Jangka waktu yang disarankan adalah lebih dari lima tahun dengan profil risiko tinggi namun imbal hasil tinggi. Cocok bagi investor agresif.

Cara membeli reksa dana BCA

Cara membeli reksadana BCA cukup mudah, kok. Kita bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat yang menjual produk reksadana. Sejauh ini, lokasi pembelian reksadana BCA tersebar dari kantor cabang Sumatera hingga Papua. 

Selanjutnya, jangan lupa bawa identitas diri seperti KTP atau Paspor serta NPWP. Di meja petugas bank, kita akan diminta mengisi formulir pembelian dan portofolio. Segera setelah selesai, kita dapat melakukan transfer dana.

Kelebihan dan kekurangan reksa dana BCA

Reksadana BCA memiliki sejumlah kelebihan. Salah satu keuntungan investasi reksa dana adalah minimal pembelian yang sangat ringan. Di BCA, kita hanya perlu menyiapkan dana Rp100 ribu di awal dan bahkan selanjutnya.

Jadi, bagi kita yang masih enggan berinvestasi karena menganggap harus setor dana cukup besar di awal. Tepis pikiran tersebut, ya!

Selain itu, diversifikasi produk reksadana yang dihadirkan oleh Reksadana BCA pun cukup beragam. Bahkan, BCA bekerja sama dengan perusahaan manajer investasi yang ternama, seperti Danareksa dan Panin Asset Management. 

Hanya saja, sebagaimana kita tahu bahwa kita membeli reksadana tidak langsung ke manajer investasinya ya. Jadi, kemungkinan ada biaya-biaya tertentu yang mungkin akan dikenakan. 

Semoga informasi mengenai produk Reksadana BCA di atas bisa bantu kita menentukan pilihan investasi yang tepat.

Pastikan mobil kamu terproteksi dengan maksimal dengan asuransi terbaik. Salah satunya Wahana Tata yang meberikan pilihan asuransi all risk dan TLO terbaik!

Manajer investasi kerja sama dengan BCA

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, pembelian reksadana di BCA lebih mudah. BCA ibarat supermarket reksa dana.

Jadi, dalam transaksi reksa dana, BCA berperan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana, yaitu pihak yang melakukan penjualan Efek Reksa Dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana.

Investor dapat memperoleh penjelasan terkait produk serta melakukan transaksi pembelian (subscription), penjualan (redemption) dan pengalihan (switching) Reksa Dana melalui BCA. Perlu ditekankan, BCA tidak punya produk reksadana, ya. Tapi, mereka kerja sama dengan banyak manajer investasi.

Berikut beberapa manajer investasi yang telah menggandeng BCA sebagai agen penjual:

  • PT Ashmore Asset Management Indonesia
  • PT Bahana TCW Investment Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT BNP Paribas Asset Management
  • PT Danareksa Investment Management
  • PT Eastspring Investments Indonesia
  • PT Nikko Securities Indonesia
  • PT Panin Asset Management
  • PT Schroder Investment Management Indonesia

Berikut tabel produk reksadana beserta minimal pembelian pertama dan selanjutnya. Sebagai informasi saja, pembelian Reksadana BCA mulai dari Rp100 ribu saja, lho.

Manajer InvestasiNama ProdukJenis reksadanaMin. Pembelian Pertama
Ashmore Asset Management IndonesiaAshmore Dana Ekuitas NusantaraSahamRp200.000
Ashmore Dana Progresif NusantaraSahamRp200.000
Bahana TCW Investment ManagementBahana Dana LikuidPasar UangRp100.000
Bahana Pendapatan Tetap Makara PrimaPendapatan TetapRp100.000
Batavia Prosperindo Aset ManajemenBatavia Dana Kas MaximaPasar UangRp100.000
Batavia Dana Obligasi UltimaPendapatan TetapRp100.000
Batavia Dana SahamSahamRp100.000
Batavia Dana Saham OptimalSahamRp100.000
BNP Paribas Asset ManagementBNP Paribas EkuitasSahamRp100.000
BNP Paribas PesonaSahamRp100.000
BNP Paribas Pesona SyariahSahamRp100.000
BNP Paribas Prima IIPendapatan TetapRp100.000
BNP Paribas Prima USDPendapatan TetapUS$5.000
Danareksa Investment ManagementDanareksa Gebyar Dana LikuidPasar UangRp100.000
Danareksa Gebyar Indonesia IIPendapatan TetapRp100.000
Danareksa Mawar Konsumer 10SahamRp100.000
Eastspring Investments IndonesiaEastspring Investments Value DiscoverySahamRp100.000
Eastspring Investments Yield DiscoveryPendapatan TetapRp100.000
Nikko Securities IndonesiaNikko Gebyar Indonesia DuaPendapatan TetapRp1.000.000
Panin Asset ManagementPanin Gebyar Indonesia IIPendapatan TetapRp1000.000
Schroder Investment Management IndonesiaSchroder 90 Plus Equity FundSahamRp100.000
Schroder Dana IstimewaSahamRp100.000
Schroder Dana PrestasiSahamRp100.000
Schroder Dana Prestasi PlusSahamRp100.000
Schroder Dana Terpadu IICampuranRp100.000
Schroder Syariah Balanced FundCampuranRp100.000
Schroder Dana Mantap Plus IIPendapatan TetapRp100.000
Schroder Prestasi Gebyar Indonesia IIPendapatan TetapRp1000.000
Schroder USD Bond FundPendapatan Tetap$5.000
Schroder Dana LikuidPasar UangRp100.000

Kalkulator reksadana dan simulasi

Untuk menghitung imbal hasil atau keuntungan investasi reksadana di BCA, sebenarnya kita bisa gunakan kalkulator yang tersedia di situs web resmi BCA.

Pada halaman tersebut, kita dapat memasukkan dana investasi di awal. Oh iya, terdapat pula pilihan investasi satu kali atau reguler (setiap bulan).

Rawat Inap Desktop Lifepal
Rawat Inap Promo Lifepal Mobile

Kemudian, pilih jangka waktu. Selanjutnya, pilih profil risiko yang sesuai untuk kita, yaitu mulai dari sangat konservatif, konservatif, moderat, dan agresif.

Dari situ, kalkulator tersebut akan menampilkan return atau keuntungan dalam bentuk persentase per tahun.Berikut contohnya.

Tim Lifepal memilih metode investasi satu kali dengan dana Rp10 juta, jangka waktu 3 tahun, dan profil risiko sangat moderat. Berikut perhitungannya.

  • Dana investasi: Rp10.000.000
  • Jangka waktu: 3 tahun
  • Estimasi return per tahun: 6%
  • Target hasil investasi = Rp11.910.160

Apakah berinvestasi reksadana cocok sebagai pilihan?

Pilih investasi reksadana atau saham? Pilih investasi deposito atau reksadana? Memilih instrumen investasi sebaiknya didasarkan pada profil risiko investasi.

Bagaimana cara mengetahui profil risiko investasi? Isi kuis profil risiko di bawah ini.

Tanya jawab seputar reksadana BCA

Apa saja produk reksadana BCA?

Produk reksa dana di BCA terdiri atas:

  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana terproteksi
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana saham.

Bagaimana cara membeli reksadana BCA?

Cara membeli reksadana BCA cukup mudah. Kita bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat yang menjual produk reksadana. Sejauh ini, lokasi pembelian reksadana BCA tersebar dari kantor cabang di Kepulauan Sumatera hingga Papua. 

Selanjutnya, jangan lupa bawa identitas diri seperti KTP atau Paspor serta NPWP. Di meja petugas bank, kita akan diminta mengisi formulir pembelian dan portofolio. Segera setelah selesai, kita dapat melakukan transfer dana.

Di mana bisa membeli reksa dana selain di BCA?

Selain BCA, beberapa perbankan nasional melayani pembelian reksa dana. Beberapa di antaranya adalah Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.

Produk reksa dana di BCA terdiri atas:

  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana terproteksi
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana saham.

Cara membeli reksadana BCA cukup mudah. Kita bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat yang menjual produk reksadana. Sejauh ini, lokasi pembelian reksadana BCA tersebar dari kantor cabang di Kepulauan Sumatera hingga Papua. 

Selanjutnya, jangan lupa bawa identitas diri seperti KTP atau Paspor serta NPWP. Di meja petugas bank, kita akan diminta mengisi formulir pembelian dan portofolio. Segera setelah selesai, kita dapat melakukan transfer dana.

Selain BCA, beberapa perbankan nasional melayani pembelian reksa dana. Beberapa di antaranya adalah Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.