Beranda
Media
Pengertian Rem Mobil: Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian Rem Mobil: Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

rem mobil

Setiap kendaraan dilengkapi dengan sistem pengereman. Rem mobil yang paling sering digunakan oleh produsen kendaraan mempunyai dua sistem, yakni sistem cakram dan sistem tromol. 

Sesuai dengan energi yang dihasilkan oleh mesin mobil, keduanya punya sistem kerja yang berbeda. Selain itu, rem cakram dan rem tromol juga memiliki beberapa kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Seiring berkembangnya teknologi, sistem rem juga semakin canggih. Kini tersedia rem ABS yang mampu mengendalikan mobil walaupun ngerem secara mendadak.

Sebagai pemilik mobil, kamu perlu memahami cara kerja rem mobil. Dengan begitu, kamu juga bisa lebih mengenali tanda-tanda kerusakan dan mencari tahu penyebabnya. 

Cara kerja rem mobil

Pada dasarnya, sistem pengereman kendaraan adalah serangkaian sistem yang kompleks. Proses kerja rem melibatkan pemicu terjadinya gesekan antara jalan dengan ban kendaraan agar kendaraan bisa berhenti berjalan.

Secara garis besar, cara kerja rem mobil terdiri atas dua rangkaian proses. Berikut ini penjelasan mengenai kedua proses tersebut. 

1. Rem memberikan efek gesekan

Saat rem ditekan, posisi ban yang tadinya berputar akan mengalami perubahan menjadi statis. Hal ini membuat roda yang tadinya bergerak dengan kecepatan tinggi, perlahan melambat. 

Seiring dengan melambatnya gerakan roda, gaya gravitasi mobil juga akan berpindah dan membuat roda bergesek dengan permukaan jalan. Inilah yang membuat roda akhirnya bisa berhenti berputar. 

2. Rem mengubah gaya kinetik menjadi panas

Ketika rem diinjak, kendaraan tidak akan langsung berhenti sepenuhnya. Rem tidak akan langsung menghentikan gaya kinetik pada kendaraan. 

Rem akan bekerja dengan mengalihkan gaya kinetik atau gaya gerak kendaraan menjadi daya panas. Daya panas ini terbentuk ketika roda bergesekan keras dengan permukaan jalan.

Tenaga panas yang terbentuk akan langsung terbuang ke udara luar. Tenaga panas inilah yang berkontribusi dalam melambatkan laju roda mobil dan membuat kendaraan bisa direm.

Pengertian dan fungsi rem pada mobil

Rem mobil adalah komponen pada mesin kendaraan yang berperan untuk mengatur laju kendaraan. Rem seringkali dianggap sebagai bagian dari fitur keselamatan kendaraan.

Karena, keberadaan rem akan berpengaruh pada keamanan saat berkendara. Rem yang tidak pakem akan menyebabkan kecepatan kendaraan tidak berhasil dikendalikan dengan baik, sehingga akan membahayakan ketika dipakai berkendara. 

Fungsi rem pada mobil adalah mengatur laju kendaraan. Rem dipakai untuk melambatkan laju kendaraan maupun menghentikan laju sepenuhnya. 

Rem dirancang secara khusus agar kendaraan bisa berhenti secara halus sehingga tidak mengancam keamanan pengendara. Selain itu, keberadaan rem juga penting untuk memastikan kendaraan tetap berhenti saat sedang diparkirkan.

Bagian rem mobil

Komponen rem bisa berfungsi dengan baik karena setiap komponen di dalamnya saling berkaitan dan bekerja sama. Sistem rem mobil tidak akan maksimal apabila komponennya tidak lengkap atau mengalami kerusakan.

Rem terdiri atas beberapa bagian. Umumnya, bagian rem mobil adalah sebagai berikut.

1. Disc brake

Disc brake merupakan komponen yang utama, dimana komponen ini memiliki fungsi untuk berputar secara bersamaan dengan roda mobil.

2. Rem master

Komponen yang berikutnya adalah rem master. Rem master akan mengumpulkan tekanan yang disalurkan dari pedal rem. Nantinya, tekanan yang sudah dikumpulkan akan dikirimkan ke komponen tromol.

3. Drum brake

Drum brake adalah komponen yang bekerja dengan mengurangi laju ban. Komponen ini mampu mengurangi laju ban ketika sudah mendapatkan tekanan dari tromol.

4. Pedal rem

Pedal rem terdapat di bagian dalam kendaraan. Pedal inilah yang pertama kali mendapat kontak langsung dari pengemudi ketika laju kendaraan ingin dikurangi atau dihentikan. Kamu akan menemukan pedal di bawah setir mobil.

5. Brake poster

Brake poster ditempatkan ke dalam komponen rem agar pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu besar untuk menekan pedal. Ini akan membuat tekanan terasa ringan ketika mobil mengerem mendadak.

6. Proportioning valve

Proportioning valve merupakan komponen pendingin supaya gesekan antara komponen rem tidak memicu energi panas yang membuat kendaraan jadi overheat dan brake pad tidak mengeras.

Jenis rem mobil

Ada beberapa jenis rem yang sering digunakan pada kendaraan. Berikut ini jenis-jenis rem tersebut. 

1. Rem tromol mobil

Rem tromol atau drum brake dan cara kerja rem mobil adalah dengan mengandalkan gesekan kampas dengan tromol. Komponen rem tromol yang utama adalah silinder roda, kampas rem, dan tromol rem. 

Tromol sendiri adalah komponen yang berbentuk serupa mangkuk. Komponen rem tromol ini mampu berputar sesuai putaran roda.

Ketika kamu menginjak pedal rem, minyak rem akan mendorong piston rem mobil untuk menggerakan kampas. Kampas juga akan menekan tromol yang kemudian akan mengakibatkan gaya gesek untuk melambatkan roda mobil.

Umumnya, rem tromol memiliki kampas yang lebih lebar. Permukaan kampas yang lebih lebar ini juga bisa menghasilkan daya pengereman yang kuat tetapi tetap terasa lembut. 

Rem ini cocok digunakan buat mobil-mobil besar. Apalagi, rem tromol juga cenderung lebih bersih, sebab sistem kerjanya yang lebih tertutup jika dibandingkan dengan rem cakram.

Namun, sistem kerja yang tertutup ini justru malah bisa menghambat udara untuk mendinginkan gesekan. Bersih, memang, namun kadang lebih susah mendapatkan sirkulasi udara. Selain itu, respon rem tromol juga lebih lambat daripada rem cakram.

Jika kamu memiliki kendaraan dengan ukuran besar seperti bus dan truk, maka lebih menggunakan rem tromol. Sementara mobil-mobil modern, mobil sport, dan mobil lainnya dengan CC yang besar, maka mereka lebih cocok menggunakan rem cakram. 

2. Rem cakram mobil

Rem cakram juga kerap disebut dengan disc brake. Komponen rem cakram terdiri dari piringan cakram dan kaliper rem yang berisi piston serta kampas. 

Sama seperti namanya, cara kerja rem cakram dan fungsi dari sistem rem atau fungsi rem ini mengandalkan penjepitan piringan cakram pada ban mobil

Ketika kamu menginjak pedal rem, master rem akan mendorong minyak rem supaya mengalir ke piston. Kaliper kemudian akan mendorong piston agar bergerak, membuat kampas menjepit cakram. 

Kecepatan roda mobil lalu akan menjadi lebih lambat sampai pada akhirnya akan berhenti. Sistem kerja rem cakram ini juga bertumpu pada penjepitan cakram itu sendiri yang langsung berhubungan dengan roda-roda kendaraan.

Tak hanya itu saja, rem cakram juga memiliki sistem pendinginan yang baik lewat rongga-rongga atau lubang-lubang yang ada pada cakram. Panas dari gesekan kampas rem bisa langsung berkurang karena pengaliran udara sangat leluasa. 

Namun, adanya rongga-rongga atau lubang-lubang tersebut bisa jadi kekurangan tersendiri. Cakram jadi mudah kotor karena debu dan kotoran lainnya sehingga kinerja cakram dapat terganggu.

Penyebab rem mobil tidak pakem

Dalam beberapa situasi, rem mungkin terasa tidak pakem. Rem yang tidak pakem adalah kondisi rem yang tidak bisa digunakan untuk mengurangi kecepatan mobil dengan baik, atau sering disebut juga dengan istilah rem blong atau ngempos. 

Nah, kondisi rem blong bukan terjadi tanpa sebab. Ada beberapa penyebab rem mobil tidak pakem atau ngempos, yaitu: 

1. Kurang minyak atau oli rem

Sama seperti komponen lain pada mesin kendaraan, sistem pengereman juga memerlukan minyak atau oli. Minyak atau oli ini berfungsi sebagai pelumas pada kampas rem agar kampas bisa menekan cakram dengan halus tanpa tersendat.

Ketika sistem pengereman kekurangan minyak, maka kampas mudah tersendat. Akibatnya, ketika rem diaktifkan, kampas tidak berhasil menekan cakram tepat waktu, membuat rem jadi blong.

2. Kampas sudah aus

Kampas rem mobil atau brake pad adalah komponen yang sangat penting pada sistem rem. Kampas lah yang menyalurkan tekanan ke cakram agar roda mobil bisa berhenti bergerak. 

Ketika kampas sudah aus, kampas bisa mengikis permukaan cakram. Akibatnya, cakram tidak bisa berfungsi dengan baik dan rem pun jadi blong.

Biasanya, kampas yang aus terjadi karena faktor usia. Semakin tua usia pemakaian mobil, maka semakin tinggi potensi kampas menjadi aus. 

3. Booster rem bermasalah

Setiap sistem pengereman dilengkapi dengan booster. Booster rem mobil berfungsi untuk memberikan tekanan pada pedal ketika diinjak. 

Seiring pemakaian, booster bisa saja mengalami penurunan kualitas, sehingga tidak bisa memberikan tekanan maksimal pada pedal rem. Ini membuat pedal jadi terasa sangat keras ketika diinjak.

Cara mengatasi rem mobil ngempos

Cara mengatasi rem mobil yang ngempos atau tidak pakem perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini beberapa upaya penanganan berdasarkan penyebab rem ngempos.

1. Ganti minyak rem mobil

Cara pertama cocok dilakukan apabila minyak rem sudah berkurang dan membuat rem jadi tersendat. Kamu bisa membeli minyak rem secara bebas, bisa di tempat penjualan oli khusus atau bisa juga di marketplace online.

Pastikan kamu memilih minyak rem dari merk terbaik. Umumnya, harga minyak ini tergantung pada setiap merknya. Berikut ini minyak rem mobil yang bagus dan harganya: 

  • Dobeli Super Heavy Duty Brake Fluid BF30 – Rp50.000
  • Fuso DOT 3 Brake Fluid Minyak Rem Bening Neutral 300 ml – Rp45.000
  • Jumbo DOT 3 Brake Fluid Neutral Minyak Rem Merah 300 ml – Rp45.000
  • Wurth Brake Fluid DOT 4 250ml – Rp65.000
  • Total Minyak Rem DOT 4 500ml – Rp70.000
  • Fuso DOT 3 Brake Fluid Neutral Minyak Rem Bening Netral 946 ml – Rp70.000
  • Prestone DOT 3 Brake Fluid Neutral Minyak Rem 1 L – Rp90.000
  • Amsoil Brake Fluid DOT 3 & 4 355 ml – Rp150.000
  • Redex Brake Fluid DOT 3 48 x 50 ml – Rp187.000
  • Lucas Brake Fluid Synthetic DOT 4 – Rp211.000

2. Ganti kampas rem mobil baru

Kalau penyebab rem blong adalah kampas yang sudah aus, maka solusi terbaiknya adalah mengganti kampas yang baru. Penggantian kampas bisa dilakukan sendiri di rumah maupun di bengkel. 

Harga ganti kampas rem baru di bengkel berkisar antara Rp120 ribu sampai dengan Rp392 ribu, tergantung jenis kendaraannya. Berikut perkiraan biaya ganti kampas rem mobil: 

Merek mobilHarga
AvanzaRp225 ribu
Grand LivinaRp300 ribu
Honda JazzRp165-335 ribu
ChevroletRp210-275 ribu
MazdaRp392 ribu
Honda MobilioRp195-205 ribu
Datsun GoRp120 ribu
XeniaRp125-179 ribu
Suzuki ErtigaRp392 ribu

Biaya service rem mobil

Perbaikan rem di bengkel tentunya akan memakan biaya. Biayanya servis mobil ini bervariasi, tergantung jenis mobil, tingkat keparahan kerusakan, serta bengkel yang dituju.

Umumnya, biaya service rem mobil dimulai dari Rp250 ribu untuk perbaikan di bengkel umum maupun bengkel resmi. Harga ini baru berupa harga jasa saja.

Tapi, kalau perlu dilakukan penggantian kampas, maka harga kampas baru umumnya dimulai dari Rp300 ribu untuk dua pasang kampas rem depan.

Selain harga untuk servis rem mobil maupun penggantian kampas, perlu juga dilakukan penggantian minyak rem. Biaya minyak rem dimulai dari Rp60 ribu. 

Dimana letak rem mobil?

Kalau kamu adalah pengendara atau pemilik mobil baru, mungkin kamu belum familiar dengan letak rem. Lantas, rem mobil ada di sebelah mana?

Pada bagian pengemudi, terdapat tiga buah pedal. Pedal rem adalah pedal yang ada di posisi tengah. Sementara, pedal paling kiri adalah pedal kopling dan pedal paling kanan adalah peda gas.

Gambar rem mobil

Sudah tahu bentuk asli dari komponen rem? Sebagai referensi, berikut ini gambar rem mobil.

rem mobil

Ciri kampas rem mobil habis

Kalau kampas rem sudah aus dan habis, maka ada baiknya agar kamu segera menggantinya. Untuk cara cek kampas rem, kamu juga bisa mengetahuinya dari berapa jumlah kilometer yang tertera di speedometer

Secara umum, jumlah jarak tempuh dan masa pakai kampas rem bisa bertahan hingga jarak tempuh 40.000 kilometer. 

Namun di beberapa jenis mobil dengan transmisi manual, tanda kampas habis adalah saat mereka mencapai 70.000 kilometer. Selain itu ada beberapa tanda kampas rem mobil habis dan perlu diganti secepatnya, seperti misalnya: 

  • Pijakan rem mobil semakin dalam.
  • Rem terasa bergetar saat kamu menginjaknya dalam kecepatan tinggi.
  • Terdengar suara gesekan logam saat rem diinjak.
  • Minyak rem turun ada kemungkinan kampas rem perlu diganti.

Sementara itu, cara ganti kampas rem mobil bisa kamu serahkan kepada petugas di bengkel supaya lebih praktis. 

Sebab jika melakukannya sendiri, bisa saja kamu salah melakukannya dan malah membuat kerusakan yang seharusnya bisa dihindari.

Kapan harus ganti kampas rem mobil?

Waktu ganti kampas rem sebaiknya disesuaikan dengan jarak tempuhnya. Saat kendaraan sudah mencapai jarak tempuh tertentu, disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem.

Sebaiknya, ganti kampas rem saat kendaraan sudah menempuh hingga 40.000 km. Akan tetapi, ada juga beberapa merk mobil yang kampasnya bisa bertahan sampai jarak tempuh 70.000 km.

Harga kampas rem mobil

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk proses ganti kampas rem pada merek-merek kendaraan di Indonesia nyatanya akan sangat bervariasi.

Harganya bisa sekitar Rp100.000 hingga Rp300.000. Jika kamu tidak paham cara mengganti kampas rem tromol, kamu pun bisa membawa mobil ke bengkel saja supaya lebih praktis.

Umumnya harga kampas dan biaya jasa ini akan bergantung pada material dan merek yang akan digunakan, apakah onderdil yang digunakan asli atau tidak.

Harga kampas rem yang original umumnya cenderung lebih mahal, yakni berkisar dua kali lipat dari spare part mobil yang tidak original. 

Namun, semakin mahal harga mobil, maka semakin mahal juga harga kampas remnya. Terlebih lagi, harga untuk kampas rem bagian belakang dan depan juga bisa berbeda. Namun, biaya ini bisa ditutupi oleh asuransi mobil. 

Asuransi mobil untuk biaya perbaikan rem

Tips dari Lifepal! Simak pula ulasan mengenai kenapa rem mobil tidak berfungsi saat mesin mati di artikel Lifepal lainnya!

Biaya servis rem akan lebih ringan lagi jika kamu memiliki asuransi mobil yang akan menjamin biaya ganti rem kampas sesuai dengan jenis dan manfaat asuransi yang kamu pilih. 

Prosesnya juga lebih mudah karena perusahaan asuransi tidak hanya membantu dengan proses klaim, tetapi memiliki bengkel rekanan dengan reputasi baik yang bisa langsung dirujuk untuk menangani perbaikan mobilmu. 

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu asuransi mobil all risk atau asuransi mobil TLO (total loss only). Sebaiknya, pilihlah jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan proteksi kendaraan, perusahaan asuransi akan meng-cover biaya apabila mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun.

Belum memiliki asuransi mobil? Cari tahu apa produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini.

Pertanyaan seputar rem mobil 

Kampas rem mobil sebaiknya diganti  apabila jumlah jarak tempuh dan masa pakai kampas rem bisa bertahan hingga jarak tempuh 40.000 kilometer. Namun di beberapa jenis mobil dengan transmisi manual, tanda kampas rem habis adalah saat mereka mencapai 70.000 kilometer.
Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO).