Pengin Renovasi Rumah dengan Modal Rp 5 Juta? Bisa, Asal Lakukan 5 Tips Berikut

renovasi rumah

Walaupun gak terlalu sering dilakukan oleh banyak rumah tangga, renovasi rumah masih tetap jadi sebuah kebutuhan. Umumnya, ini dilatarbelakangi oleh kondisi tempat tinggal yang udah gak layak atau kurang sedap dipandang oleh mata. Biaya yang dibutuhkan juga sangat bervariasi. Tapi kalau kamu cuma punya modal Rp 5 juta aja, kira-kira bisa gak ya renovasi rumah?

Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, udah selayaknya seseorang memiliki rumah yang layak huni. Namun sebuah rumah juga pasti akan rusak apabila gak pernah diurus oleh pemiliknya. Bukan berarti pemiliknya kurang peduli, bisa jadi karena gak punya biaya yang cukup atau bahkan gak tau harus mulai dari mana untuk memulai renovasi. Kamu salah satunya?

Terdapat berbagai macam keperluan yang harus dipersiapkan sebelum mulai membedah rumah. Antara lain yang paling utama adalah bahan baku dan tukang yang bisa mengerjakannya. Kedua hal itu menjadi poin utamanya.

Untuk bisa memperbaiki rumah paling gak kamu butuh modal sekitar Rp 5 juta dan ini udah termasuk biaya tukang yang mengerjakannya. Jadi gak perlu mikirin lagi untuk cari waktu kapan mau ambil cuti.

Rincian biaya renovasi rumah bujet Rp 5 juta

Dikutip dari Tunaiku, berikut ini adalah rincian singkat apa aja yang harus dibelanjakan beserta biayanya:

Kebutuhan Biaya
Kepala tukang (Rp 130 ribu x 7 hari) Rp 910.000
Asisten tukang (Rp 100 ribu x 7 hari) Rp 700.000
5 karung semen (Rp 70 ribu x 5) Rp 350.000
2 pick up pasir Rp 300.000
500 batu bata Rp 250.000
5 dus keramik lantai (Rp 65 ribu x 5) Rp 325.000
Cat pelapis anti bocor (Rp 172 ribu x 2 ember) Rp 344.000
Cat dinding (Rp 150 ribu x 4 ember) Rp 600.000
Genting (100 buah) Rp 790.000
Triplek Rp 200.000
Total Rp 4.769.000

Itulah rincian biaya yang bisa kamu siapkan untuk membongkar rumah. Tapi yang perlu diingat ialah biaya di atas gak berlaku pasti untuk semua orang ya, balik lagi ke kebutuhan rumahnya masing-masing dan harga itu dapat berubah sewaktu-waktu akibat inflasi.

Selain rincian biaya, terdapat 5 tips renovasi rumah juga nih yang bisa kamu lakukan supaya bisa semakin irit lagi dalam mengeluarkan uang seperti berikut ini.

Baca juga: Mau Open House Lebaran, Gini Cara Percantik Rumahmu tanpa Keluar Uang Banyak

1. Buat perencanaan renovasi rumah yang matang

renovasi rumah
Bikin perencanaan dulu. (Shutterstock)

Sebelum memulai memperbaiki rumah, kita wajib membuat perencanaan. Tentukan, bagian mana saja yang kira-kira perlu dibenah. Misalnya seperti bagian plafon, tembok ataupun lantai.

Jangan kita memasukan semua bagian rumah yang sebetulnya belum perlu dibenahi atau kondisinya masih layak. Sebab hal itu bisa membuat bujet membengkak.

Baca juga: 7 Sumber Dana Renovasi Rumah buat yang Gak Punya Duit

2. Buat daftar prioritas renovasi rumah

renovasi rumah
Bikin daftar prioritas. (Shutterstock)

Setelah membuat perencanaan yang matang, maka hal selanjutnya yang penting dilakukan adalah memprioritaskan mana yang paling butuh diperbaiki. Tips ini penting apabila bahan baku yang telah dibeli sebelumnya ternyata kurang dan kita gak mampu menambah biaya lagi.

Jadi, proses renovasi bisa tetap berlangsung sesuai rencana dan gak mengorbankan waktu lagi yang artinya mungkin aja menambah biaya tukang. Rugi 2 kali deh kalau sampai begitu.

Baca juga: 4 Renovasi yang Gak Ngaruh dalam Menaikkan Harga Jual Rumah

3. Belanja sendiri kebutuhan renovasi rumah

renovasi rumah
Beli sendiri semua materialnya. (Shutterstock)

Untuk membenahi rumah emang dibutuhkan niat yang serius, kita gak boleh menyerahkan segala sesuatunya kepada tukang. Sebab bisa aja harga bahan baku yang dibutuhkan dimainkan oleh oknum kurang bertanggung jawab.

Sebaiknya, belanjakan segala kebutuhan sendiri untuk memastikan harga yang dibeli udah sesuai dengan rencana.

4. Gunakan bahan daur ulang atau material diskon untuk renovasi rumah

renovasi rumah
Kalau masih bisa dipakai, kenapa nggak? (Shutterstock)

Guna menekan biaya, gak ada salahnya untuk mengecek lagi isi gudang rumah kamu. Gak jarang kita menemukan barang atau bahan baku yang sebenarnya masih bisa digunakan namun karena udah tersimpan terlalu lama jadi tak terpakai.

Kalau mau mengesampingkan gengsi, kamu bisa juga cari keramik diskonan. Biasanya, toko keramik akan menjual keramik-keramik stok lama dengan diskon cukup besar.

5. Pilihlah tukang yang bisa dipercaya untuk renovasi rumah

renovasi rumah
Cari tukang yang oke. (Shutterstock)

Memilih pekerja yang bisa mengerjakan bangunan rumah memang sedikit susah-susah gampang, apalagi buat kamu yang gak terlalu paham dunia bangunan. Apesnya kalau pekerja tersebut mengerjakan tugas secara asal-asalan. Kedepannya gak nutup kemungkinan kita justru harus mengeluarkan biaya lagi.

Ada baiknya kamu melakukan survei ke beberapa tukang bangunan dan carilah orang yang bisa memberikan jaminan pekerjaannya akan bagus.

Nah itu dia 5 tips renovasi rumah yang bisa kamu lakukan dengan modal Rp 5 juta aja. Gimana, apakah kamu jadi tertarik untuk mulai menabung guna memperbaiki kondisi rumah? Karena sesungguhnya rumah adalah salah satu investasi jangka panjang lho buat kita. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →