Penyuka Modifikasi Mobil Wajib Tahu, Ini Resiko Mobil Ceper

resiko mobil ceper

Banyak pemilik mobil yang suka melakukan modifikasi pada mobilnya. Umumnya orang-orang melakukan modifikasi pada mobilnya untuk membuat mobilnya terlihat lebih keren, atau bahkan juga untuk menambah performa mobil.

Salah satu modifikasi yang cukup populer untuk mobil adalah modifikasi mobil ceper. Mobil yang mengadopsi gaya ceper ini biasanya adalah mobil-mobil bertipe sport. Selain menambah penampilan menjadi lebih menarik, modifikasi mobil ceper juga memiliki kelebihan tersendiri.

Meski memiliki kelebihan, ada pula resiko mobil ceper yang perlu kamu ketahui. Nah, buat kamu yang akan memodifikasi mobil menjadi ceper, kamu perlu mengetahui resiko mobil ceper terlebih dahulu seperti yang akan kita bahas pada artikel ini.

Apa itu mobil ceper?

Mobil ceper atau modifikasi mobil ceper adalah tipe modifikasi mobil yang dimodifikasi agar ground clearance-nya lebih rendah atau ceper. Dalam bahasa Inggris, mobil ceper dikenal sebagai low car, flat car, atau stance car.

Modifikasi mobil ceper biasanya diaplikasikan pada mobil-mobil sport. Hal ini karena modifikasi ini dapat menambah aerodinamika dari sang mobil. Dimana jarak yang lebih dekat dengan tanah dapat mengurangi hambatan angin sangat melaju kencang.

Ada beberapa cara untuk membuat mobil menjadi ceper. Yaitu dengan potong per, modifikasi velg, mengganti shockbreaker, dan chamber. Biaya untuk modifikasi mobil ceper bervariasi, mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah.

Kelebihan modifikasi mobil ceper

Modifikasi mobil ceper memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah:

  • Mobil menjadi lebih stabil pada kecepatan tinggi
  • Aliran udara di bawah mobil dapat menambah aerodinamika mobil
  • Hambatan udara dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak, sehingga aerodinamika juga membuat konsumsi bahan bakar lebih irit
  • Jika terjadi tabrakan, resiko mobil terbalik akan lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil yang memiliki ground clearances tinggi
  • Secara penampilan terlihat lebih menarik
  • Namun kembali lagi, meski modifikasi mobil ceper memiliki sejumlah kelebihan dari segi penampilan dan performa, ada pula resiko mobil ceper yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memodifikasi mobil kamu menjadi ceper.

    Resiko mobil ceper

    Resiko mobil ceper, atau bisa dibilang kekurangan dari modifikasi mobil ceper perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memodifikasi mobil kamu. Hal tentu penting untuk diperhatikan karena modifikasi nantinya akan memakan banyak biaya, serta merubah banyak bagian dari mobil.

    Kenapa kita menyebut resiko mobil ceper, dikarenakan modifikasi mobil ceper memanglah bisa dibilang cukup beresiko. Di bawah ini adalah sejumlah resiko dari mobil ceper yang harus kamu pertimbangkan.

    Mobil terasa lebih tidak nyaman

    Kekurangan pertama dari modifikasi mobil ceper adalah kenyamanan berkendara yang berkurang. Semakin rendah ketinggian mobil yang dimodifikasi, semakin terasa pula perubahan dari segi kenyamanannya.

    Mobil ceper umumnya juga akan sangat terasa guncangannya saat melewati jalan yang tidak mulus. Namun, hal ini biasanya juga tergantung pada komponen yang digunakan. Semakin berkualitas komponen yang digunakan, semakin kecil pula ketidaknyamanan yang terasa.

    Shockbreaker mudah rusak

    Shockbreaker adalah komponen yang akan bekerja sangat keras pada mobil ceper. Karena beban yang meningkat, shockbreaker pada mobil ceper adalah komponen yang akan cepat mengalami kerusakan jika sering digunakan.

    Resiko mobil ceper chamber

    Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu metode untuk memodifikasi mobil menjadi ceper adalah dengan chamber. Chamber adalah modifikasi mobil ceper dengan merubah kemiringan ban mobil.

    Modifikasi dengan chamber ini dapat membuat tingkat keausan pada ban tidak merata, serta mengurangi daya cengkram ban pada aspal.

    Beresiko untuk digunakan pada jalanan Indonesia

    Seperti yang kita semua ketahui, kualitas jalanan di Indonesia tidaklah sebaik di Eropa atau Amerika. Banyak jalan yang tidak rata dan berlubang. Tentu akan sangat beresiko apabila menggunakan mobil ceper pada jalanan yang tidak rata.

    Kerusakan yang sangat mungkin jika mobil ceper dipaksakan melintasi jalanan yang rusak adalah kerusakan pada body mobil karena menghantam aspal.

    Sulit didongkrak dan diderek

    Mobil ceper tentu akan cukup sulit dan membutuhkan usaha ekstra jika saja akan didongkrak untuk mengganti ban. Begitu pula jika mobil akan diderek.

    Tips untuk mobil ceper

    Ada sejumlah tips yang juga perlu diperhatikan jika kamu ingin memutuskan untuk memodifikasi mobil menjadi ceper. Tips ini dapat mengurangi beberapa resiko mobil ceper yang disebutkan sebelumnya.

    Tips pertama, modifikasi menggunakan coilover. Coilover adalah suspensi yang keras atau empuknya bisa diatur. Sehingga tingkat kekerasan suspensi dapat diatur sesuai dengan medan, agar tetap nyaman selama berkendara.

    Tips kedua, jangan gunakan mobil ceper untuk jarak jauh. Mobil ceper umumnya lebih banyak digunakan untuk perjalanan dekat, dan tidak disarankan untuk perjalanan antar kota. Dan juga pastikan medan yang dilalui adalah jalanan mulus yang tidak berlubang.

    Nah itu dia sedikit banyak penjelasan mengenai resiko mobil ceper. Semoga bisa membantu menjadi pertimbangan untuk kamu yang akan memodifikasi mobil.

    Tips dari LIfepal! Umumnya modifikasi mobil ceper tidak digunakan untuk mobil sehari-hari. Jadi, jika kamu hanya memiliki satu mobil, dan mobil tersebut adalah daily driver kamu, sebaiknya kamu tidak perlu memodifikasinya menjadi mobil ceper.

    Memiliki asuransi mobil bisa membantumu terhindar dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak terduga dan menjamin risiko-risiko seperti biaya perawatan dan perbaikan akibat kerusakan kecil maupun total. 

    Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasi pun jadi aman.

    Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia dan memiliki reputasi baik.

    Manfaatkan asuransi mobil sebagai perlindungan terbaik

    Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

    Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

    Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

    Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

    Ikuti kuis asuransi mobil Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    Pertanyaan seputar resiko mobil ceper

     
    Beberapa resiko mobil ceper antara lain membuat shockbreaker mudah rusak, ban jadi mudah aus, dan sulit didongkrak maupun diderek.
    Mobil ceper, yang juga dikenal dengan istilah “stance”, adalah modifikasi mobil yang mengubah tinggi ground clearance menjadi lebih rendah. Umumnya, mobil ceper digunakan oleh pembalap untuk meningkatkan stabilitas dan penampilan mobil saat mengejar kecepatan di lintasan. Namun, bagi beberapa penggemar mobil, modifikasi ini juga dipilih untuk alasan estetika. Mobil ceper menampilkan penampilan yang unik, menarik, dan berbeda, yang membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas penggemar mobil modifikasi.