Pengertian Reward, Manfaat, Jenis, dan Syarat Pemberiannya 

reward adalah

Reward adalah penghargaan atau apresiasi yang diberikan pada seseorang atas prestasi atau hal positif yang telah dilakukan. Dalam dunia kerja reward biasanya berbentuk bonus sebagai imbalan untuk kinerja atau pemenuhan target perusahaan. 

Biasanya perusahaan memberikan reward untuk mempertahankan SDM unggulan dan memicu kinerja karyawannya. 

Diharapkan dengan adanya kompensasi atau benefit tersebut, bisa menekan angka turnover dalam perusahaan. Dengan kata lain, imbalan tersebut berbalas dengan loyalitas yang diberikan karyawan. 

Lalu apa saja bentuk reward dalam dunia kerja? Apa saja bentuk dan syaratnya? Jika kamu penasaran akan pemberlakukan reward, silahkan membaca ulasan artikel ini lebih lanjut untuk mendapatkan gambaran komplit akan reward. 

Apa itu reward? 

Menurut Sastrohadiwiryo (2009), reward adalah imbalan jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada para tenaga kerja, karena tenaga kerja tersebut telah memberikan sumbangan tenaga dan pikiran demi kemajuan perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Leman (2000) juga menjelaskan reward adalah sesuatu yang diberikan kepada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keunggulan di bidang tertentu. 

Dari pengertian menurut ahli tersebut, dapat dikatakan bahwa reward merupakan imbalan atas kinerja karyawan yang membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Umumnya perusahaan memberikan reward atau imbalan berbentuk uang. 

Tapi ada juga yang memberlakukan penghargaan tersebut dengan barang atau sejenisnya. Intinya, reward dari perusahaan bisa dalam bentuk materil dan non materil. 

Manfaat reward 

Pemberian imbalan diharapkan perusahaan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Juga, agar terjalin relasi yang baik antara atasan dan bawahan. Sehingga iklim positif yang terbangun di lingkungan kerja bisa membuat karyawan tersebut loyal pada perusahaan. 

Nah, pernahkah merasa setiap pencapaian yang sudah kamu lakukan tapi tidak ada reaksi dari atasan atau perusahaan atas prestasi tersebut? Lalu kamu pun terpikir untuk resign dan mencari perusahaan baru? 

Jika ya, bisa jadi perusahaan kamu saat ini belum menyadari manfaat reward bagi karyawan. Padahal, sebuah imbalan jasa atau reward memiliki arti penting bagi karyawan. Kenapa? Berikut alasannya : 

1. Karyawan jadi lebih produktif 

Perlu diingat, reward yang diberikan bukan berarti harus berbentuk materil. Bentuk non material seperti pujian atau apresiasi bisa membuat karyawan senang dan bahagia. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tak hanya mengambil benefit dari karyawan saja, tapi juga ada timbal balik berupa perhatian. 

Apresiasi dan pujian ini faktanya malah membuat karyawan bahagia karena kinerjanya dihargai. Lebih dari itu, karyawan menjadi loyal dan jadi lebih produktif. Sebab, semuanya dilakukan dengan hati yang bahagia dan senang. 

2. Atasan lebih dekat dengan bawahan

Atasan yang sering memberikan reward terhadap karyawannya, terbukti memiliki relasi yang baik dengan karyawannya. Bahkan, tanpa disadari, apresiasi atau pujian kecil yang sering dilakukan atasan bisa menambah rasa percaya diri bawahannya. 

Dengan begini, lingkungan kerja pun jadi lebih kondusif sehingga produktivitas karyawan juga meningkat. 

3. Membentuk karyawan yang loyal 

Minimnya perhatian perusahaan terhadap kinerja karyawan dapat menyebabkan turnover yang tinggi. 

Alhasil, karyawan yang potensial pun lepas dari genggaman. Ditambah lagi, untuk mendapat karyawan baru akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, lebih banyak kerugian yang didapat perusahaan bila tidak ada kebijakan reward. 

4. Membangun image perusahaan 

Karyawan yang kecewa kemudian memutuskan resign dari kantor, secara tak langsung akan membawa gambaran perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan tersebut berbicara negatif tentang perusahaan setelah dirinya keluar. 

Tanpa disadari image perusahaan pun dilihat kalangan profesional menjadi kurang baik. Bagi perusahaan besar yang memiliki target jangka panjang, hal ini sangat membahayakan bagi berjalannya bisnis. 

4. Target perusahaan tercapai 

Apresiasi yang diberikan perusahaan pasti akan membentuk karyawan yang bahagia, loyal, dan produktif. Dengan begitu, karyawan akan lebih bersemangat dan menjadi kompetitif untuk mencapai target perusahaan. Sudah tentu, hal tersebut jadi menguntungkan bagi perusahaan, karena goalsnya cepat tercapai. 

Jenis-jenis reward 

Bila melihat dari manfaatnya, reward menjadi efektif dalam membentuk karyawan yang produktif. Karyawan produktif pastinya mempengaruhi akan kinerja perusahaan. Kinerja yang baik pasti menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Nah, untuk memahami apa saja reward yang pantas diberikan kepada karyawan, berikut penjelasan jenis-jenis reward yang terbagi menjadi dua, yaitu : 

Ekstrinsik 

Extrinsic reward adalah diartikan sebagai penghargaan yang datang dari luar atau dalam hal ini perusahaan memberikan apresiasi terhadap pencapaian prestasi karyawan. Penghargaan ekstrinsik sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yaitu finansial dan non finansial. 

Bentuk finansial dalam jenis ekstrinsik ini terdiri dari : 

  • Gaji dan upah merupakan kewajiban perusahaan memberikan tanda balas jasa tetap bagi karyawan yang sudah memberikan daya dan upayanya untuk perusahaan. Biasanya penghargaan ini diberikan berdasarkan jam kerja, atau jumlah barang yang dihasilkan. 
  • Tunjangan karyawan dari perusahaan berbentuk dana pensiun, asuransi kesehatan dan liburan. Besarannya bukan dari kinerja bagus yang dihasilkan, tapi dari lamanya bekerja atau senioritas. 
  • Bonus atau insentif diberikan perusahaan sebagai imbalan di luar gaji atau upah yang diberikan perusahaan. Umumnya, posisi sales dan marketing yang mendapat bonus atau komisi karena target tercapai. 

Bentuk non finansial, biasanya terdiri dari : 

  • Penghargaan interpersonal seperti fasilitas-fasilitas perusahaan
  • Penghargaan berbentuk promosi yang diukur dari pencapaian target yang signifikan berturut-turut. 

Intrinsik 

Intrinsic reward adalah penghargaan yang dibuat untuk diri sendiri. Atau target yang disusun oleh karyawan dan diberlakukan untuk pencapaiannya sendiri. Ada beberapa penghargaan dalam jenis ini, yaitu : 

  • Penyelesaian 

Kemampuan karyawan tersebut dalam memulai dan menyelesaikan suatu pekerjaan yang dianggap penting bagi perusahaan. Perusahaan pula yang akan menilai penyelesaian akhir tersebut. 

  • Pencapaian 

Penghargaan dalam diri sendiri ini bisa berbentuk kepuasan atau rasa bangga, karena sudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

  • Otonomi 

Penghargaan otonomi akan muncul setelah karyawan melakukan pencapaian penyelesaian pekerjaan. Misalnya sistem kerja yang fleksibel atau bekerja tanpa pengawasan langsung. 

Syarat pemberian reward bagi karyawan 

Motivasi dan reward adalah dua hal yang saling terikat satu sama lain. Keduanya menjadi aspek penting untuk pencapaian goals perusahaan. 

Namun, dalam memberikan penghargaan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi perusahaan. Antara lain : 

  • Semua karyawan sama rata, artinya tidak ada unsur pilih kasih dalam pemberian penghargaan. 
  • Dilakukan secara transparan sehingga setiap lini dalam perusahaan mengetahui sistem dan proses pemberian apresiasi. 
  • Pemberian penghargaan ini dilakukan secara konsisten dan konsekuen. Misalnya satu tahun sekali setiap di akhir tahun memilih karyawan berprestasi dengan pemberian bonus yang besarnya tergantung kinerja selama satu tahun. 

Kontribusi sekecil apa pun yang dilakukan karyawan secara tak langsung membawa peningkatan bagi perusahaan. Karenanya perlu ada apresiasi atau reward yang konsisten dari perusahaan untuk investasi jangka panjang. 

Tips dari Lifepal! Selain reward yang diberikan perusahaan untuk karyawannya, jangan lupa juga untuk memberikan proteksi pada karyawan berupa asuransi karyawan.

Asuransi karyawan adalah produk asuransi yang ditujukan bagi karyawan yang biasanya difasilitasi oleh perusahaan. Jenis asuransi yang ditawarkan beragam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sampai dana pensiun.

Hal ini diberikan sebagai bentuk terima kasih atas kerja keras yang dilakukan oleh karyawan untuk perusahaan.

Kamu bisa membeli asuransi online di Lifepal dengan premi yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan polis sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

Jika punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal

Pertanyaan seputar reward 

Dapatkan Promo