RHB Sekuritas: Apa Saja Kelebihannya dan Gimana Cara Daftarnya?

rhb sekuritas

RHB Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas asing yang kerap menjadi pilihan para investor Indonesia. Di Tahun 2019, sekuritas berkode DR ini sukses mencatatkan 420 ribu transaksi jual maupun beli di pasar reguler maupun non reguler dengan nilai volume sebesar 13.503 lot dengan nilai Rp 7,45 triliun!

Sebagai informasi, PT RHB Sekuritas Indonesia merupakan kepanjangan tangan dari RHB Banking Group yang berbasis di Negeri Jiran Malaysia. RHB Banking Group (RHB Capital Berhad) sendiri adalah perusahaan perbankan terbesar ketiga di negara tersebut.

RHB Banking Group sendiri terbentuk lewat merger antara Kwong Yik Bank dan DCB Bank, lalu ada pula Sime Bank dan Bank Utama. Oleh karena itu, RHB bank kerap kali disebut dengan nama Sime Darby Bank. 

RHB Sekuritas pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1990. Perusahaan ini dulunya bernama PT OSK Nusadana Securities Indonesia yang sukses menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Tanah Air.

Hingga pada akhirnya di tahun 2008, perusahaan ini diakuisisi oleh OSK Investment Bank (OSKIB), yang kemudian diakuisisi oleh RHB Capital Berhad pada November 2012. Secara otomatis, perusahaan sekuritas ini bergabung dalam RHB Investment Bank (RHBIB) pada April 2013.

Bisa dibilang, perusahaan sekuritas RHB ini gak cuma jago kandang karena mereka telah jadi salah satu pemain besar di ASEAN. Jumlah stafnya ada 4.500 dan memiliki dana pihak ketiga lebih dari 1,7 Miliar Ringgit Malaysia. Mereka juga memiliki hampir 100 kantor yang tersebar di ASEAN dan Hong Kong.

Wah keren ya, ini bukan sekuritas sembarangan lho. Apakah kamu tertarik buka akun saham di RHB? Sebelum kita bahas gimana cara buka akun di sekuritas ini, kita cari tahu dulu yuk keunggulan RHB dibanding sekuritas lainnya. 

Kelebihan Buka Akun Saham di RHB Sekuritas Indonesia ketimbang yang lain

rhb sekuritas
Mahasiswa bisa dapat akun khusus lho di RHB (Instagram RHB Sekuritas)

Apa sih keunggulan RHB Sekuritas Indonesia? Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

1. Deposit awal di RHB Sekuritas Indonesia hanya Rp 100 Ribu aja

Deposit awal untuk menabung saham lewat RHB Sekuritas memang sangat terjangkau. Mau tahu berapa? Rp 100 ribu saja. 

Memang sih, kalau mau dibandingkan siapa yang termurah ya lebih murah IndoPremier Sekuritas karena mereka gak memberlakukan minimal deposit. Bahkan, Rp 10 ribu pun bisa.

Tapi mbok ya jangan kebangetan banget pelitnya kalau buat investasi.

Rp 100 ribu untuk berinvestasi itu kecil banget lho. Setidaknya gunakan saja 10 persen dari total penghasilanmu per bulan untuk nabung saham.

2. Rekening dana nasabah di tiga pilihan bank

Semua investor yang memiliki rekening efek di RHB Sekuritas Indonesia, bisa membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk transaksi saham di tiga bank pilihan. Bank-bank itu antara lain adalah:

– Bank Central Asia (BCA)

– Bank Permata

– Bank Panin

3. Fasilitas margin (utang) cukup menarik

Dengan menggunakan fasilitas margin, kita bisa berutang dulu ke sekuritas untuk membeli saham yang kita inginkan. Intinya, gak perlu top up RDN dulu.

Fasilitas margin di RHB Sekuritas ini diberikan dengan limit transaksi hingga dua kali nilai jaminan. Lantas, bunga utang kamu untuk pembelian saham lewat margin ini adalah 18 persen per tahun, tanpa jatuh tempo.

Tentunya selama rasio marginnya adalah 65 persen dari total margin. 

Contohnya: 

Michael memiliki dana sebesar Rp 200 juta di RDN yang bisa dia gunakan untuk membeli saham. Namun sayangnya, uang Michael gak cukup untuk membeli saham incarannya dalam jumlah yang dia mau.

Sementara itu, Michael meminta fasilitas margin ke perusahaan sekuritasnya hingga dia bisa membeli saham dengan batas limit Rp 400 juta, karena di RHB Sekuritas, limit transaksi dengan margin itu bisa mencapai dua kali nilai jaminan.

Untuk akun Margin di RHB, minimal depositnya adalah Rp 200 juta. So, 200 juta x 2 = Rp 400 juta. 

Nah, satu kebijakan yang berlaku di RHB sekuritas adalah jika margin yang diajukan adalah 65 persen dari nilai jaminan, atau kurang dari itu, kamu berhak untuk mendapat fasilitas bebas jatuh tempo. Menarik bukan?

RHB Tradesmart, aplikasi trading RHB Sekuritas

rhb sekuritas
RHB Tradesmart, ini adalah aplikasi trading untuk di ponsel (Instagram : RHB)

Nah ini dia aplikasi trading andalan RHB Sekuritas Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur bernama ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur apa ini?

Intinya, ARO akan berperan membantu trader dan investor untuk mengambil keputusan dalam transaksi saham secara real time.

Fitur ARO akan memberikan analisis teknikal dan strategi investasi. Tentunya analisis ini dilakukan otomatis dengan menggunakan data real time lho ya..

Intinya, RHB Tradesmart with ARO akan menyediakan opsi ARO Signal, ARO Library serta Real Time Notification untuk transaksi. 

ARO Signal

Opsi ini akan menginformasikan ke investor soal saham apa yang menarik untuk dibeli dan dijual. 

ARO Library

ARO Library berisi indikator dan parameter tambahan mengenai saham-saham pilihan yang bisa membantu pengambilan keputusan transaksi.

Real Time Notification

Kalau yang ini, adalah informasi data harga saham secara real time. Dijamin datanya terus update!

Oh ya, RHB Tradesmart ini juga hadir dalam dua versi lho. Pertama adalah yang reguler, dan satu lagi yang syariah. Semuanya sudah tersedia baik untuk android dan iOS.

Cara buka akun di RHB Sekuritas Indonesia

Caranya gampang banget. Bisa dibilang caranya adalah gabungan dari online dan offline. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi RHB Tradesmart

rhb sekuritas
Begini penampakan RHB Tradesmart (RHB Tradesmart)

Aplikasi RHB Tradesmart bisa diunduh dari ponsel kamu. Untuk pengguna iPhone bisa mengunduhnya dari App Store, sedangkan pengguna Android, temukan di Google Play.

2. Lakukan registrasi atau sign up 

rhb sekuritas
Di bagian login, kamu akan menemukan tulisan sign up, langsung klik saja ya untuk bisa isi formulir (RHB Tradesmart)

Registrasi dilakukan dengan cara mengisi formulir data diri dan scan kartu tanda pengenal melalui kamera smartphone lewat aplikasi RHB Tradesmart, atau bisa juga di situs rhbtradesmart.co.id.

3. Cek email untuk melihat user ID dan password akunmu

rhb sekuritas
Jangan lupa emailnya dicheck ya barangkali ada email dari RHB (Pixabay)

Setelah melakukan registrasi, buka email yang digunakan untuk registrasi, dan lihat user ID dan password dari akun kamu.

4. Tunggu verifikasi dari call center RHB Sekuritas 

rhb sekuritas
Akan ada proses verivikasi terlebih dulu dari pihak sekuritas (Instragram RHB)

Pihak call center RHB Sekuritas akan menghubungimu melalui nomor telepon yang kamu daftarkan di tahap registrasi tadi. Sembari menunggu, nomor dan kode investor dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Rekening Dana Investor (RDN) akan diproses. 

5. Dokumen terkait akunmu di RHB Sekuritas akan dikirimkan lewat kurir

rhb sekuritas
Jangan lupa, dokumen yang diberikan ditandatangani dan setelah itu kirim balik ke kantor RHB ya (Pixabay)

Call center akan mengirimkan dokumen lengkap ke alamat yang kamu cantumkan. Tandatangani dokumen-dokumen itu dan kirim ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia lt. 20, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta, beserta foto kopi KTP, NPWP, dan fotokopi buku tabungan. 

6. Menunggu RDN dan Investor ID jadi. 

Setelah dokumen dikirimkan dan data terverifikasi, maka tugasmu cuma tinggal menunggu RDN dan Investor ID (SID) jadi. Informasi nomor rekening RDN dan SID akan dikirimkan ke emailmu.

7. Top up RDN dan mulai berinvestasi. 

Jika kamu sudah menerima email itu, kamu sudah bisa transfer uang ke RDN dan memulai nabung saham.

Berapa fee beli dan jual saham RHB Sekuritas Indonesia?

Oh iya, dari tadi lupa dibahas nih. Berapa ya fee atau biaya transaksi untuk beli atau jual saham lewat RHB Sekuritas Indonesia?

Jawabannya adalah, fee beli sebesar 0,15 persen dan fee jual sebesar 0,25 persen dari nilai transaksi saham kamu. Cukup terjangkau bukan?

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pelajari terlebih dulu sebelum membuka akun saham di RHB Sekuritas. Intinya, fitur di aplikasinya memang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham.

Buat investor pemula, fitur ini tentunya akan sangat berguna untuk belajar analisa teknikal. Namun bagi investor yang sudah berpengalaman, fitur ARO tentu bisa jadi second opinion.

Gak perlu mantengin layar monitor terus untuk cek kondisi pasar. ARO bakal bekerja untuk memudahkan proses trading saham kamu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →