Selain Air dan Listrik, 5 Pengeluaran Rumah Tangga Ini Bisa Bikin Kantong Jebol

Perabotan rumah tangga (Shutterstock).

Tanpa disadari, rincian pengeluaran bulanan rumah tangga memang sangat banyak. Walaupun sifatnya printilan dan gak jumlahnya gak terlalu besar, tapi sebagian diantaranya bisa membuat kesehatan finansial kita terganggu. 

Biaya air, listrik, bahan makanan, dan pajak bumi bangunan (PBB) adalah jenis pengeluaran bulanan yang umum yang memang wajib dibayarkan. Namun di samping pengeluaran wajib itu, ada beberapa pengeluaran lain yang sifatnya “gak penting-penting amat,” dan kita bayarkan.

Maksudnya gak penting-penting amat ini bisa diartikan karena sebagai pemilik rumah, kita juga gak terlalu membutuhkan layanan barang yang kita bayar atau beli tiap bulan ini. Ujung-ujungnya ya mubazir karena uang kita terpakai untuk membayar layanan atau barang yang gak kita butuhkan.

Ingin tahu rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang dimaksud? Cek di bawah sini yuk.

1. TV kabel

Seorang anak tengah nonton televisi (Pixabay).
Seorang anak tengah nonton televisi (Pixabay).

Layanan fiber optik berupa internet dan tv kabel memang umum dipasang di rumah. Tapi pertanyaannya adalah, seberapa lama kamu menonton televisi?

TV kabel sendiri memang punya banyak paket yang ditentukan dari seberapa banyak channel televisi yang kamu inginkan. Biasanya, pelanggan seringkali terjebak dengan membeli paket HBO, Cinemax, Fox, dan lainnya padahal mereka sendiri jarang ada di rumah. 

Bisa jadi, kamu cuma butuh internetnya saja karena sering browsing dan kerja di rumah. Oleh karena itu, mending beli modem saja kan ketimbang tv kabel? 

Itulah sebabnya mengapa biaya langganan tv kabel masuk dalam rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang pertama. 

2. Asisten rumah tangga

Asisten rumah tangga sedang membersihkan meja (Pixabay).
Asisten rumah tangga sedang membersihkan meja (Pixabay).

Gaji asisten rumah tangga alias ART juga masuk ke rincian pengeluaran bulanan rumah tangga kedua. Untuk yang satu ini, jumlahnya tentu lumayan besar, apalagi kalau ARTnya nginap di rumah.

Sebagian besar pemilik rumah mengatakan bahwa alasan untuk menyewa ART didasari karena gak punya waktu untuk beres-beres rumah. Jelas banget, itu disebabkan karena waktu kerja yang gak fleksibel.

Khusus buat kamu yang belum punya momongan, alangkah lebih baiknya untuk bagi tugas sama pasangan dalam hal beres-beres rumah ya. Ada yang cuci piring, ngepel, nyuci dan setrika baju, ada yang masak, belanja, kuras kamar mandi, dan angkat jemuran.

3. Snack

snack (pixabay).
snack (pixabay).

Kudapan alias snack memang seringkali dibeli dan disimpan dalam jumlah banyak di lemari makan. Tujuannya ya apalagi kalau bukan buat ngemil saat nonton.

Tapi pertanyaannya adalah, kalau jarang di rumah ya siapa yang bakal memakan makanan itu? Ujung-ujungnya malah kadaluarsa.

Daripada mubazir, maka potong saja biaya jajanan di rumah ya. Lagi pula sebagian besar kudapan itu juga gak sehat, mengandung micin serta bahan pengawet.

Buatlah cemilan sendiri di rumah dengan bahan yang lebih sehat. Sebut saja seperti granola muesli, dan lain sebagainya. Lebih sehat, bergizi, mudah cara membuatnya, dan bisa dibawa juga untuk cemilan di kantor. 

4. Bahan makanan berupa sayur dan buah

Sayur sayuran (Pixabay)
Sayur sayuran (Pixabay)

Snack mungkin akan kadaluarsa dalam waktu yang cukup lama, namun gak demikian dengan sayur atau buah-buahan. Ketimbang membeli makanan ini dalam jumlah banyak untuk stok beberapa hari, lebih baik beli secukupnya. Karena buah maupun sayur tentu bakal busuk dalam waktu cepat kalau gak segera dimakan atau diolah. Pinter-pinter ya saat belanja bulanan.

5. Peralatan mandi dan skin care kemasan kecil

Peralatan mandi (Pixabay).
Peralatan mandi (Pixabay).

Khusus untuk yang satu ini, belilah sabun dan shampo dalam ukuran besar. Mengapa? Karena dengan kemasan besar tentu harganya jauh lebih murah ketimbang kemasan 250 ml.

Belilah di awal bulan untuk stok selama dua atau tiga bulan ke depan. Gak salah juga kok untuk membeli jumlah banyak, toh masa kadaluarsa produk-produk skin care dan peralatan mandi ini juga cukup lama.

Ketika membeli, ada baiknya juga untuk memanfaatkan promo swalayan atau promo e-wallet ya. Biar lebih irit.

Itulah rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang kiranya bisa mengganggu kesehatan finansial. Bila dibilang butuh, mungkin kita memang butuh tapi masih ada beberapa cara lain untuk bisa menyiasatinya.

Bisa dengan menghentikan layanan atau membeli barang terkait, bisa juga dengan menggantinya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →