Zaman Semakin Canggih, Sudah Tahu Risiko dan Keuntungan Reksadana Online?

Reksadana Online

Investasi reksadana online menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menggandakan kekayaannya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi online dapat memberikan kemudahan untuk setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, tinggal berselancar di internet, kamu bisa membeli berbagai keperluan bulanan di e-commerce, bahkan membeli makanan.

Gak cuma itu aja, di zaman yang udah serbadigital, kamu juga bisa berinvestasi hanya dengan mengandalkan smartphone dan internet. Salah satunya, reksadana online. Jadi, emang cocok banget nih buat kamu yang supersibuk.

Namun, sebelum memutuskan menggelontorkan kekayaanmu untuk berinvestasi reksadana online, ada baiknya kamu mengetahui dulu risiko dan keuntungannya.

Apa saja? Yuk, simak di bawah ini:

Risiko reksadana online

Reksadana online
Reksadana online

Ada beberapa risiko yang harus kamu tanggung saat memutuskan investasi di reksadana online, seperti:

  • Likuiditasi merupakan salah satu risiko yang harus siap diterima para investor. Tak hanya berlaku pada investasi reksadana konvensional, tapi juga reksadana online. Meski begitu, para investor tidak mengalami kesulitan menjual reksadana.
  • Inflasi, menjadi salah satu risiko yang paling diwaspadai para investor. Pasalnya, jika harga turun, maka nilai investasi kamu akan mengalami penurunan drastis. Makanya, banyak orang memilih instrumen investasi yang gak terkena inflasi, seperti emas batangan.
  • Risiko efek juga menjadi salah satu risiko yang harus kamu tanggung jika memutuskan berinvestasi di reksadana online.
  • Namanya juga via online, maka kamu tidak bisa bertatap muka dengan sang manajer investasi. Ya, karena memang semua transaksi dilakukan via online. Risikonya ya si manajer investasi yang mengelola dana milikmu melakukan kesalahan, seperti memilih instrumen yang tidak sesuai dengan profilmu.
  • Risiko pencurian data atau penipuan menjadi salah satu risiko yang benar-benar harus kamu waspadai banget karena sering sekali terjadi dalam transaksi internet. Ada saja oknum yang tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan, bahkan mencuri data.

Baca juga: 4 Tempat Beli Reksa Dana Online Harga Termurah, Terjangkau dan Gak Bikin Galau

Keuntungan reksadana online

Reksadana online
Reksadana online

Namanya investasi memang tak jauh dari risiko. Jadi, produk investasi apapun pasti ada risikonya. Seperti istilah yang terkenal yaitu high risk-high return. Semakin tinggi keuntungannya, maka semakin besar pula risikonya.

Selain beberapa risiko di atas, tentu saja reksadana online memiliki beberapa keuntungan. Berikut, di antaranya:

  • Lebih mudah dan tak memakan banyak waktu karena kamu hanya perlu membuka website resminya dan mengikuti beberapa langkah-langkah yang diberikan.
  • Investasi ini juga gak membutuhkan bujet gede. Bahkan ada yang bisa dimulai dari Rp 50 ribu.
  • Waktu juga lebih fleksibel karena kamu gak perlu datang ke kantor manajer investasi. Kamu hanya perlu memberikan waktu 30 menit hingga 1 jam hingga selesai bertransaksi.
  • Bisa top up dana via autodebit. Jadi, setiap bulan dana kamu secara otomatis akan terpotong sesuai dengan yang sudah disepakati di awal. Jadi, gak perlu repot melakukan top up setiap bulan kan?
  • Pencairan dananya juga cepat, manajer investasi umumnya akan sangat membantu.
  • Pada investasi reksadana online, harga juga sangat transparan. Kamu bisa melihat data NAB/UP (nilai aktiva bersih per unit penyertaan). Caranya gampang banget, kamu cuma perlu buka situs resmi Bareksa.
  • Gak perlu antri buat investasi.

Gimana, sekarang udah tahu kan risiko dan keuntungan investasi reksadana online. Balik lagi, setiap investasi itu pasti ada risikonya.

Solusinya tinggal bagaimana kamu memiliki instrumen yang sesuai profil kamu dan melakukan diversifikasi untuk meminimalisir kerugian yang besar. Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang biar kaya raya seperti Warren Buffett. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →