Ruben Onsu Ajak Masyarakat Jadi Produser Dapat Cuan Bermodal Ceban

Ruben Onsu, Aditya Gumay, dan KETIX meluncurkan program Produser 10.000 (Instagram).

Mau dapat untung gede dari ngajak orang nonton film? Serius lho, cuma ngajak nonton aja tapi dapat duit.

Bersama Aditya Gumay dan Ketix, startup besutan Dewa Eka Prayoga, Ruben Onsu mengkampanyekan gerakan Produser 10.000. Apa itu Produser 10.000? 

Program ini cukup unik, intinya mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan film dengan modal Rp 10 ribu alias ceban saja. Nantinya, ketika mereka berhasil mengajak satu orang untuk nonton film itu, mereka akan dapat cashback Rp 10 ribu. 

Bayangin kalau ngajak 10 orang ya bisa dapat Rp 100 ribu! Asyik gak tuh?

Nah, film perdana yang bekerja sama dengan Produser 10.000 ini adalah film drama musikal Bus Om Bebek yang diperankan Ruben Onsu sendiri.

Ingin tahu lebih lanjut soal gerakan yang satu ini secara detail? Mari simak ulasannya yuk.

1. Film lokal harus bertarung dengan film Hollywood

Ruben Onsu
Ruben luncurkan KETIX (Lifepal Indonesia/Aulia Akbar)

“Dalam dunia perfilman, masyarakat itu cuma jadi penonton pasif. Mereka cuma bisa melihat apa yang disajikan di bioskop,” demikian pernyataan Aditya Gumay dalam Konferensi Pers Produser 10.000 di Gedung Perfilman H. Usmar Ismail, 28 Oktober 2019.

Sementara itu, gak bisa dipungkiri juga bahwa film-film lokal kalah saing dengan film Hollywood. So, pendiri Sanggar Ananda dan Teater Kawula Muda ini mengatakan bahwa butuh suatu jurus jitu untuk membantu mengangkat para produser film lokal ini. Salah satunya dengan Produser 10.000.

Aditya menjelaskan bahwa ide Gerakan Produser 10.000 ini adalah ide yang sudah tercetus 10 tahun yang lalu. Tapi baru bisa direalisasikan sekarang bersama KETIX dan Ruben Onsu.

2. Referral Marketing

Ruben Onsu
Peluncuran KETIX (Lifepal Indonesia/Aulia Akbar)

Gak dipungkiri bahwa gerakan ini punya sifat referral marketing. Sebut saja, dengan modal Rp 10 ribu dan mendanai film ini, kamu ibarat punya saham di film ini. 

Jika punya saham, otomatis pengin balik modal investasi dan cuan kan? Nah, kamu pun gak akan ragu untuk mempromosikan film ini ke rekan-rekanmu. 

“Yang dimaksud dengan referral-marketing di Gerakan produser 10,000 ini adalah kita mengajak masyarakat untuk mengajak temannya, tetangga, saudara, pacar, orangtua, siapapun itu untuk nonton film nasional. Kalau mereka berhasil, akan dapat komisi 10,000 rupiah per orang yang berhasil mereka ajak nonton ke bioskop,” ujar Ruben.

Aditya menambahkan, cara ini tentunya jauh efektif ketimbang merekrut 10 orang staf marketing untuk promosi film.

3. Gimana sih cara ikut program Produser 10.000?

Ruben Onsu
KETIX (Instagram).

Cara mendaftarkan diri untuk ikutan program ini sama sekali gak sulit. Modal ponsel pun bisa. 

“Ketika mau mendaftarkan Produser 10.000 download KETIX dulu, setelah itu langsung ada tampilan join ke gerakan ini. Biaya Rp 10 ribu aja plus biaya administrasi 3.500, ini cuma dibayar sekali aja. Transfernya sudah bisa pakai Gopay,” ujar Dewa Eka Prayoga.

“Intinya, ini adalah sebuah co-creation (dari pembuatan sebuah film). Produser 10.000 juga bukan crowdfunding melainkan sebuah crowdsourcing, kalau crowdfunding fokusnya cuma menggalang dana untuk buat film tapi belum bakal terdistribusi dengan baik. Makanya, kita pakai semangat crowdsourcing dan co-creation di sini,” lanjutnya.

Jadi beda ya, cara kerja Produser 10.000 itu gak kayak crowdfunding. Sebagai co-creator, dan sebagai co-creator pasti pengin dong karyanya dikenal ke khalayak ramai.

4. Apa saja keuntungan gabung di sini?

Ruben Onsu
Jadi produser dengan modal Rp 10 ribu (INstagram).

Bukan cuma dapat cuan, tapi bisa dapat ilmu juga. Itulah asyiknya bergabung di Gerakan Produser 10.000.

KETIX sendiri adalah aplikasi yang telah menjadi tempat berkumpulnya komunitas penulis. Mereka bisa mengunggah karya-karya mereka di sana, dan bahkan karya terbaik bisa difilmkan. 

Nah, Aditya Gumay sendiri mengatakan bahwa, mereka yang tergabung dalam gerakan ini akan mendapatkan pelatihan seputar sinematografi darinya. Wuih, kapan lagi bisa dapat ilmu dari ahlinya!

Selain itu, masih banyak ilmu digital marketing dari kang Dewa yang bisa kamu curi juga di aplikasi ini.

Itulah sekilas tentang Produser 10.000 yang diprakarsai Ruben Onsu, Aditya Gumay, dan KETIX. Tertarik bergabung? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →