Jangan Beli Rumah Kecil Sebelum Tahu 3 Kekurangannya di Sini!

rumah kecil

Banyak yang bilang, rumah kecil bisa bikin kita lebih hemat soal operasional sehari-hari. Rumah kecil gak repot dibersihkan atau dibereskan, dan mungkin gak butuh daya listrik yang besar juga. 

Well, ada benarnya juga sih, tapi hunian mungil itu juga punya kekurangan. Selain hemat biaya operasional, rumah kecil juga terbilang likuid bagi mereka yang punya mindset investasi.

Pasalnya, mudah dijual karena peminatnya juga banyak, dan harganya lebih murah di bandingkan memiliki rumah berukuran besar. Setuju?

Buat kamu yang ingin membeli rumah kecil sebagai hunian pertamamu, gak salah kok! Tapi, kenali dulu ya beberapa kekurangannya dalam ulasan berikut:

1. Hanya untuk keluarga kecil

Rumah kecil
Hanya untuk keluarga kecil

Ketika anggota keluargamu bertambah, tentu rumah kecil yang kamu tempati bakal terasa sempit. Selain itu, para penghuni rumah juga gak bakal nyaman dengan kondisi seperti ini.

Dengan bertambahnya anggota keluarga, maka kebutuhan kamar juga pasti bertambah. Gak mungkin juga anakmu bakal tidur sekamar dengan orangtuanya hingga dewasa.

Jangankan anggota keluarga bertambah, jika sang anak mulai tumbuh dan aktif, rumah itupun bakal jadi kurang nyaman untuknya.

Baca juga: Rumah Kecil Bisa Disulap Jadi Hunian Mewah dengan 9 Cara Ini Lho

2. Salah menata interior bikin jadi sumpek

Rumah kecil
Salah menata interior jadi bikin sumpek

Menata interior di rumah mungil merupakan tantangan yang cukup berat bagi pemilik rumah. Mengapa? Pasalnya, ketika asal-asalan, bagian dalam rumah bakal terasa penuh alias sumpek. 

Bayangkan saja, sudah ukurannya kecil dan isinya penuh dengan tumpukan barang. Semakin banyak barang yang menumpuk di rumah, maka penampakan interiornya pun jadi gak enak dipandang. Ujung-ujungnya, rumahmu malah jadi tampak seperti gudang. 

Buat kamu yang punya masalah seperti ini, ada baiknya sering-sering melihat referensi desain interior minimalis di internet ya!

Biar bisa menata interior sendiri, dan makin betah juga di rumah. 

3. Cepat bosan dan boros?

Rumah kecil
Cepat bosan dan boros?

Nah, ini yang kadang gak bisa dibohongi. Ukuran rumah kecil dan tatanan interior yang gitu-gitu saja tentu bikin penghuninya lambat laun merasa bosan. 

Alhasil, karena bosan di rumah, jadi lebih sering pergi ke luar rumah untuk mencari suasana baru.

Ujung-ujungnya, ya pengeluaran lagi. Ada biaya untuk transport, nongkrong, ngemall, dan lainnya.

Solusi untuk masalah ini mungkin sama seperti masalah nomor dua, yaitu belajar menata ulang rumah mungilmu. 

Itulah tiga kekurangan rumah kecil yang patut diketahui untuk kamu yang ingin membeli rumah. Kira-kira sudah siapkah dengan risiko ini? (Editor: Chaerunnisa)