Rumah Minimalis Terbaru Untuk Inspirasimu dan Harganya

rumah minimalis

Rumah minimalis selalu menjadi tren dan termasuk salah satu konsep rumah yang paling favorit di berbagai belahan dunia. Tak heran jika hampir setiap daerah, pasti ada properti berdesain minimalis. 

Ciri khasnya adalah simpel dan efisien, memiliki tata ruang yang sederhana, polos, bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan.

Secara garis besar, konsepnya mengutamakan batasan tertentu dalam penataan dekorasi sehingga tercapai target konsep rumah yang diidamkan. Semakin sederhana, maka akan semakin baik. 

Umumnya, rumah berkonsep ini ditandai dengan adanya kabinet, tangga, dan detail akhir yang bersih dan simpel, serta pencahayaan yang maksimal.

Nah, buat kamu yang sedang ingin membangun rumah minimalis, yuk cari inspirasinya di sini.

Inspirasi desain rumah minimalis modern

Kriteria rumah minimalis di antaranya bentuk yang sederhana, interior dinding yang simpel, area penyimpanan yang cukup, dan pencahayaan yang tepat. 

Berikut ini beberapa desain rumah minimalis berdasarkan tipenya yang bisa jadi inspirasi kamu. 

1. Desain rumah minimalis tipe 21

Rumah tipe 21 artinya memiliki luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, contohnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m². Rumah tipe 21 biasanya dibangun diatas tanah ukuran 50-60 meter persegi.

Model rumah sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur, serta sebuah kamar mandi.

Denah rumah minimalis tipe 21

Tipe 21 tampak depan

2. Desain rumah minimalis tipe 36

Model rumah sederhana tipe 36 memiliki luas bangunan 36 m². Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. 

Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. 

Denah rumah minimalis tipe 36

Tipe 36 tampak depan

3. Desain rumah minimalis tipe 45

Tipe 45 mempunyai luas bangunan 45 m2 dan umumnya dibangun di atas tanah seluas 96 meter persegi. Desain rumah tipe 45 biasanya memiliki teras depan rumah yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dan taman kecil pada halaman belakang.

Antara ruang keluarga dan ruang makan umumnya ditempatkan terpisah. Biasanya, ada desain dapur kecil terletak pada bagian belakang rumah. Ada juga variasi rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang.

Denah rumah minimalis tipe 45

Tipe 45 tampak depan

4. Desain rumah minimalis tipe 54

Tipe 54 ini rata-rata berukuran sebesar 6 m x 7,5 m, 9 m x 6 m, atau 8 m x 5,6 m. Tak jarang developer juga membuat rumah ukuran 8 x 7 meter dan menyebutnya sebagai rumah tipe 54. 

Rumah tipe 54 biasa dibangun diatas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi.

Denah rumah minimalis tipe 54

Tipe 54 tampak depan

5. Desain rumah minimalis tipe 60

Rumah tipe 60 adalah rumah dengan luas sebesar 60 meter persegi. Biasanya mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m. 

Meski begitu, ukuran tersebut tidak selalu pasti, sebab di beberapa kondisi, terdapat juga ukuran panjang dan lebar yang berbeda-beda. Selain 6×10 meter persegi, ukuran 8×7 meter persegi dan atau 6×12 meter persegi juga termasuk ke dalam rumah tipe 60.

Rumah ini sudah cukup luas dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah.

Denah rumah minimalis tipe 60

Tipe 60 tampak depan

6. Desain rumah minimalis tipe 70

Rumah dengan tipe 70 merupakan ‘entry level’ sebuah hunian kelas atas. Rumah dengan luas bangunan 70 meter persegi biasanya berdimensi 7 x 10 meter, 5 x 14 meter. 

Beberapa developer juga membangun rumah tipe 70 dengan dimensi 6 x 12 meter. Umumnya, rumah dengan tipe 70 sudah memiliki 2 lantai. 

Denah rumah minimalis tipe 70

Tipe 70 tampak depan

Berapa kisaran harga rumah minimalis?

Konsep minimalis menjadi solusi saat membangun rumah yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu berapa sih kisaran harga rumah minimalis?

1. Tipe 21

Biaya untuk memiliki hunian dengan konsep minimalis pada tipe 21 saat ini sekitar Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta per meter persegi. Jadi biaya pembangunan rumah type 21 minus harga tanah adalah Rp52,5 juta hingga Rp73,5 juta. 

Perbedaan harga ini tentunya tergantung spesifikasi bahan bangunan yang ingin digunakan untuk rumah, ya!

2. Tipe 36

Rumah tipe 36 kerap jadi incaran keluarga sederhana. Harga rumah tipe 36 di kota besar seperti Jabodetabek berkisar Rp220 juta sampai dengan Rp900 juta-an lebih. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya harga rumah tapak di kawasan ibu kota.  

Sebagai gambaran, berikut kisaran harga minimalis tipe 36 di beberapa kota:

  • Jakarta: Rp220 juta – Rp900 jutaan.
  • Bekasi: Rp180 juta – Rp750 jutaan.
  • Tangerang: Rp100 juta – Rp700 jutaan.
  • Bandung: Rp100 juta – Rp600 jutaan.

3. Tipe 45

Kalau kamu ingin punya rumah lebih luas, tipe 45 ini bisa jadi pilihan. Bicara mengenai harganya, berikut ini kisaran harga rumah tipe 45 di beberapa kota di Indonesia.

  • DKI Jakarta: Rp450 juta sampai Rp1 miliar.
  • Bekasi: Rp465 juta sampai Rp900 juta.
  • Depok: Rp200 juta sampai Rp800 juta.
  • Tangerang: Rp 380 juta sampai Rp900 juta
  • Bogor: Rp495 juta sampai Rp900 juta
  • Surabaya: Rp360 juta sampai Rp625 juta
  • Bandung: Rp120 juta sampai Rp600 juta  

4. Tipe 54

Jika mengacu pada harga rumah per meter persegi sebesar Rp2,5 juta per meter persegi (sudah termasuk cat tembok dan keramik dengan desain minimalis), maka harga pokok bangunannya mulai Rp135 juta belum termasuk harga lahan.

Jika sudah termasuk lahannya, di Indonesia biasanya berkisar pada Rp289 juta-Rp1 miliar tergantung lokasinya.

5. Tipe 60

Dengan lahan yang luas, harga rumah tipe 60 yang ditawarkan pun tinggi. Berikut ini kisaran harga rumah tipe 60 di Indonesia:

  • Jakarta: Rp400 juta – Rp2 miliar.
  • Depok: Rp300 juta – Rp700 juta
  • Bekasi: Rp400 juta – Rp1,5 miliar
  • Tangerang: Rp400 juta – Rp1,5 miliar
  • Surabaya: Rp220 juta – Rp2 miliar

6. Tipe 70

Terakhir, harga rumah tipe 70 juga beragam. Sebagai gambaran, ini daftar harga rumah tipe 70 di kiota besar di Indonesia:

  • Jakarta: Rp500 juta – Rp2,5 miliar.
  • Depok: Rp350 juta – Rp 1 miliar.
  • Bekasi: Rp450 juta – Rp2 miliar
  • Tangerang: Rp400 juta – Rp2 miliar
  • Surabaya: Rp250 juta – Rp2 miliar

Keuntungan rumah minimalis

Desain rumah minimalis bertujuan untuk membuat rumah mudah diatur dan tidak perlu banyak barang yang harus dipajang. Kesan bersih dan rapi tentunya bisa didapatkan.

Tak cuma itu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki rumah dengan konsep ini, yaitu:

Harga lebih terjangkau

Biasanya dibanderol dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan rumah biasa. Faktor harga ini juga tergantung dari strategis atau tidaknya lokasi rumah tersebut.

Bisa lebih berkreasi dalam menata rumah

Area ruangan yang tidak terlalu luas, sangat cocok diberi akses hiasan ruangan yang juga simpel. Dekorasi khas rumah minimalis juga mudah didapatkan. Tema-tema klasik dan vintage sangat cocok untuk rumah jenis ini.

Tentu hal ini akan menantang kamu untuk lebih kreatif dalam menciptakan suasana yang nyaman di dalamnya.

Mudah dalam penataan

Bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas sehingga memiliki keterbatasan waktu dalam membersihkan rumah, maka rumah berkonsep ini cocok untuk dijadikan sebagai rumah idaman sebab mudah dirapikan.

Menciptakan suasana yang lebih nyaman

Rumah minimalis memiliki warna cat yang cenderung terang dan cerah, lampunya terang, perabotan yang ada juga tidak terlalu banyak. Suasana yang tercipta akan semakin hangat dan nyaman.

Tentunya akan membuat suasana hangat dalam keluarga lebih tercipta. Kebersamaan dengan keluarga akan semakin akrab, dengan dukungan ruangan yang bersih dan terang.

Area ruangan yang tidak terlalu luas, tentunya membuat kita lebih mudah bertemu dengan keluarga dekat.

Investasi yang menguntungkan

Rumah minimalis yang identik dengan warna yang simpel dan tidak terlalu penuh, ruangan yang bersih dan harga yang cukup terjangkau, akan diminati cukup banyak orang. Investasi yang menguntungkan bukan?

Oleh karena itu, sebaiknya rawat rumahmu dengan maksimal agar saat akan dijual, keadaan rumahnya tetap bagus. Tentu ini menjadi salah satu investasi yang menguntungkan.

Hitung berapa lama menabung untuk mencapai anggaran

Jika kamu penasaran berapa uang yang kamu perlu sisihkan untuk ditabung dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai anggaran untuk membangun rumah minimalis impianmu, cek dengan kalkulator waktu menabung berikut.

Jangan lupa daftarkan asuransi rumah dan kebakaran

Setelah membangun rumah dengan desain impian, tentu harapannya rumah tetap aman dong. Tetapi pernah terpikir apa jadinya jika rumahmu tertimpa musibah kebakaran akibat korsleting listrik atau musibah-musibah lain yang datangnya mendadak? 

Utamanya yang kita khawatirkan adalah biaya berobat jika ada keluarga di rumah yang cedera, kerusakan barang-barang berharga, dan biaya untuk perbaikan rumah.

Semua biaya di atas tidak perlu menjadi persoalan jika kamu memiliki asuransi rumah. Dengan adanya manfaat asuransi rumah, semua kerugian finansial dan biaya yang kamu perlu keluarkan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi melalui pemberian uang pertanggungan untuk kamu.

Menariknya, besaran uang pertanggungan yang akan diterima disesuaikan dengan luas rumahmu. Jadi semakin besar rumah atau semakin kecil rumahmu, kamu akan mendapatkan uang pertanggungan yang sesuai.

Biar dapat perlindungan maksimal, yuk cari tahu selengkapnya tentang perlindungan bangunan lainnya sesuai kebutuhanmu dengan asuransi properti dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka hanya di Lifepal.

Selain itu, agar proses pembangunan rumah berjalan lancar, pastikan keuanganmu dalam keadaan sehat, ya. Kamu juga bisa melakukan cek kesehatan keuangan di Lifepal!

Jangan ragu untuk mengonsultasikan kendalamu terkait perencanaan keuangan untuk membangun rumah di Tanya Lifepal.

FAQ seputar rumah minimalis

Ciri khas dari denah rumah minimalis memiliki tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien, bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan.
Rumah tipe 36 kerap jadi incaran keluarga sederhana. Harga rumah tipe 36 di kota besar seperti Jabodetabek berkisar Rp220 juta sampai dengan Rp900 juta-an lebih. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya harga rumah tapak di kawasan ibu kota.
Rumah minimalis modern adalah konsep arsitektur atau desain bangunan yang bertujuan mencapai desain yang lebih efisien dan efektif melalui kesederhanaan dalam bentuk, ruang, material, detail dan warna. 

Desainnya hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar, menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →