Produk Rumah Murah BTN Miliki Kelebihan dan Kekurangan

rumah murah btn

Membeli hunian idaman di rumah murah BTN merupakan sebuah solusi bagi masyarakat, khususnya mereka yang memiliki penghasilan rendah. Pasalnya, banyak rumah-rumah layak tinggal yang dijual dengan harga sangat murah!

Selain untuk pemenuhan tempat tinggal bagi kalangan berpenghasilan rendah, program rumah murah milik BTN ini juga bisa sekalian digunakan untuk sarana investasi lho. Kamu bisa beli rumah dengan harga sangat murah, kemudian direnovasi sedikit, dan dijual kembali dengan harga tinggi.

Penasaran gak sih seberapa murah harganya dan bagaimana cara mendapatkan rumah murah BTN?

Apa itu Rumah Murah BTN?

Rumah murah BTN merupakan sebuah situs milik Bank Tabungan Negara (BTN) berisikan daftar hunian murah yang bisa dibeli oleh masyarakat umum. Kenapa murah? Karena rumah tersebut merupakan bekas agunan dari para debitur bank BTN yang kemudian tidak mampu melunasi utangnya alias kredit macet.

Konsekuensinya, rumah yang dijadikan agunan disita dan dijadikan aset oleh BTN. Jadi hak atas rumah sitaan tersebut sepenuhnya berpindah tangan ke pihak BTN.

Rumah murah ini tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Jawa, Sumatera, sampai Papua juga ada.

Produk-produk di rumah murah BTN 

Sistem penjualannya pun ada dua, yaitu dijual secara sukarela dan dengan proses lelang. Jika sukarela, berarti kamu bisa memboyong rumah tersebut sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Sedangkan lelang, kamu harus bersaing dengan calon pembeli lainnya dengan mengajukan penawaran tertinggi.

Produk yang disajikan oleh produk ini cukup beraneka ragam, seperti:

  • Tanah
  • Rumah
  • Apartemen
  • Gudang
  • Ruko
  • Perumahan

Banyaknya produk yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan nasabah yang tertarik untuk membeli rumah murah dari Bank Tabungan Negara ini.

Syarat dan dokumen mengajukan rumah murah BTN

Kalau kamu tertarik membeli produk rumah murah tersebut, harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • WNI dan tinggal di Indonesia
  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap sebagai pegawai tetap, pengusaha  atau profesional dengan masa kerja atau usaha minimal 1 tahun.
  • Memiliki NPWP Pribadi

Itulah beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon pembeli rumah murah. Selain syarat, ada juga dokumen atau berkas yang harus dipersiapkan. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Formulir pengajuan pembelian
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi surat izin usaha (untuk pengusaha)

Kebutuhan dokumen dan berkas di atas bisa aja berbeda tergantung situasi dan kepentingan bank. Jadi sebaiknya kontak langsung pihak terkait untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Cara mendapatkan rumah murah BTN 

Gimana? Tertarik untuk mengikuti lelang rumah murah dari BTN? Kalau iya, cukup enam langkah untuk bisa mendapatkan hunian idamanmu dengan harga murah.

1. Akses situs resminya

Langkah pertama adalah kamu cukup mengunjungi situs resmi rumah murah BTN di www.rumahmurahbtn.co.id. Situs ini bisa dikunjungi via perangkat komputer atau mengunduh aplikasinya di ponsel pintar.

2. Menentukan properti yang diinginkan 

Lalu, kamu bisa dengan bebas mencari-cari rumah, apartemen, ruko, atau tanah yang sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan. Fitur pencariannya pun sangat membantu, karena kamu bisa mencari berdasarkan provinsi, kota, kecamatan, sampai batas harga yang kamu inginkan.

Setiap properti sitaan yang ditampilkan di dalam situs, selalu memiliki pengelola dari pihak BTN. Di situ tercantum juga nomor telepon pengelola untuk bisa kamu hubungi kemudian.

3. Hubungi pengelola hunian yang kamu mau 

Hubungi nomor telepon pengelola rumah sitaan yang tercantum tersebut untuk mengetahui tentang rumah lebih lanjut. Misalnya kamu mau tanya-tanya seperti apa kondisi rumah sesungguhnya atau kamu pengin melihatnya langsung, silakan hubungi nomor pengelolanya.

4. Mendaftar ke KPKNL dan menyerahkan uang jaminan 

Setelah setuju, kamu akan dibantu oleh pengelola untuk mendaftarkan diri dalam pelelangan. Perlu diingat, pelelangan tidak dilakukan langsung oleh BTN, tetapi harus melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Pertama kamu langsung mendaftarkan diri ke KPKNL. Setelah pendaftaran menyiapkan uang jaminan untuk ikut serta pelelangan, biasanya besarannya sekitar 20 persen dari harga rumah.

5. Ikuti proses lelang 

Kamu bisa mengikuti proses lelang melalui internet di situs KPKNL. Berikan penawaran harga yang menarik supaya rumah tersebut bisa jadi hunian idamanmu.

6. Jika menang, rumah menjadi milikmu

Terakhir, jika proses lelang telah selesai dan penawaran hargamu unggul, kamu sudah resmi memiliki rumah tersebut. Jika pelunasan 80 persennya masih terbilang berat untuk kamu, ajukan saja layanan KPR Lelang dari BTN.

Keuntungannya membeli hunian di rumah murah BTN

Beli rumah hasil sitaan BTN bisa memberikan kamu banyak keuntungan, apa saja?

1. Bisa nyari lewat internet 

Dalam situs resmi rumah murah BTN, terdapat fitur pencarian lokasi rumah-rumah yang dijajakan. Kamu bisa memilih lokasinya berdasarkan provinsi, kota, dan kecamatan. Misalnya kamu mau mencari rumah murah BTN Bekasi, tinggal ubah lokasinya menjadi Jawa Barat dan Bekasi.

Nanti langsung kelihatan di tampilan layar, deretan rumah murah yang siap diboyong di daerah Bekasi. Untuk memudahkan kamu dalam memilih hunian idaman, pihak BTN juga menyertakan foto, jadi kamu bisa tahu seperti apa kondisi rumah tersebut.

2. Harganya murah 

Untuk harga jelas jauh lebih murah ketimbang harga di pasaran. Penyebabnya adalah karena pihak BTN menjual rumah tersebut apa adanya. Misal, kondisinya ada tembok yang retak, atau jendela ada yang rusak, dan kerusakan-kerusakan lainnya.

3. Bisa di KPR lagi 

Untuk membeli rumah lelang di BTN, kamu harus mempersiapkan uang jaminan lelang sebesar 20 persen dari harga rumah. Peraturan tentang uang jaminan ini telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Jika kamu tidak menang lelang, uang jaminan bisa dikembalikan, namun jika menang, kamu diharuskan untuk melunasi 80 persen dari harga rumah. Namun, tenang saja kamu bisa melunasinya dengan program KPR Lelang yang telah diluncurkan oleh BTN.

4. Hunian tidak ada masalah hukum 

Meski merupakan hasil sitaan kredit macet, namun BTN menjamin kalau legalitas rumah tersebut aman. Jadi, kamu gak perlu khawatir suatu saat ditagih pihak bank! Karena semua masalah hukumnya sudah diselesaikan sebelum rumah dirilis ke dalam situs.

Kekurangan rumah murah BTN 

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, berikut ini kerugian yang mungkin kamu dapatkan bila membeli rumah hasil sitaan BTN.

1. Biaya renovasi yang lumayan 

Jika kamu mendapatkan rumah yang kondisinya kurang bagus, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk merenovasinya. Jadi, pastikan kamu memilih rumah dengan kondisi terbaik. Untuk meminimalisirnya, tidak ada salahnya kamu melakukan survei langsung ke rumah tersebut.

2. Kondisi lingkungan yang kurang baik 

Kerugian kedua adalah, mungkin rumah yang kamu dapatkan bagus secara fisik, namun dari segi lingkungan bisa saja buruk. Bisa saja kalau rumah tersebut rawan banjir saat musim hujan tiba, atau rawan maling karena tidak adanya petugas keamanan.

Kisaran harga rumah murah BTN

Untuk kisaran harga rumah murah dari Bank Tabungan Negara harganya bervariasi tergantung produk yang ditampilkan seperti rumah, apartemen hingga tanah. Namun harganya sendiri berkisar di angka:

  • Rumah: Rp30 jutaan hingga Rp5 miliaran
  • Apartemen: Rp130 jutaan hingga Rp2 miliaran
  • Tanah: Rp40 jutaan hingga Rp1 miliaran

Harga tersebut bisa aja berubah sewaktu-waktu tergantung pilihan yang ditawarkan, lokasi dan situasi tertentu. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi laman ini.

Tips membeli rumah murah BTN

Buat kamu yang masih bingung dan ragu, bisa menyimak beberapa tips berikut ini agar pembelian rumah jadi lebih matang.

Sesuaikan dengan kemampuan

Banyak orang tergiur dengan promo atau tagline rumah murah yang ditawarkan oleh berbagai pihak tanpa memikirkan lebih jauh tentang kemampuan membayar. Alhasil, keuangan pribadi menjadi jebol dan sulit untuk diperbaikki.

Oleh karena itu, kamu harus memikirkan secara matang-matang tentang kondisi keuangan kamu sebelum memutuskan untuk membeli rumah murah. Kamu juga bisa mengecek kondisi finansial pribadi di Lifepal Cek Keuangan berikut ini lho!

Kunjungi rumah terlebih dahulu

Sebagai langkah antisipasi, kamu perlu mengunjungi rumah yang ingin dibeli guna mengecek kondisi lingkungan sekitar maupun kondisi fisik rumah. Kadang apa yang ditampilkan di internet mungkin sedikit berbeda dengan ekspektasi kita masing-masing.

Jadi jangan sampai nanti merasa menyesal setelah membeli, nyatanya properti yang udah dibeli berbeda dengan gambaran yang kamu lihat.

Menggunakan asuransi properti sebagai perlindungan

Tentu senang sekali mendapatkan rumah idaman dengan harga murah dan hasil bertarung dengan puluhan bahkan ratusan calon pembeli lainnya. Kamu pasti langsung gatel pengen renov sana-sini, ganti warna cat, atau beli-beli perabotan.

Antusias boleh saja, tapi jangan lupa juga untuk melindungi rumah kamu dari segala hal-hal yang bisa menimbulkan kerugian finansial, contoh seperti bencana alam, kebakaran, dan tindak pencurian dengan asuransi properti. Jadi lengkap deh, dapat rumah murah BTN dan dapat perlindungan untuk masa depan.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang rumah murah BTN, yang paling penting adalah mempersiapkan kondisi keuangan pribadi sebelum membeli hunian yang baru, sebab harga rumah itu gak murah. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →