Jadi Rumah Terbesar di Dunia, Ini Lho Isinya Rumah Sultan Brunei

rumah terbesar di dunia

Mungkin kamu kaget ketika mendengar siapa orang terbesar di dunia yang menjadi pemilik rumah terbesar di dunia. Pemilik rumah itu adalah seorang yang berasal dari Asia Tenggara alias tetangga kita sendiri: Sultan Brunei Darussalam.

Sultan Hassanal Bolkiah adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan negeri kaya minyak itu. Pria itu naik tahta menggantikan ayahnya pada 1967 silam.

Sultan Brunei tinggal di Istana Nurul Iman di Kota Bandar Sri Begawan. Istana itu dikelilingi oleh Sungai Brunei. Pemandangannya benar-benar indah!

Istana tersebut dinobatkan sebagai rumah terbesar di dunia. Jelas banget luas istana ini mengalahkan rumah Bill Gates atau Mukesh Ambhani, orang terkaya di India. Meski gitu, rumah ini tetap aja dianggap setara sama beberapa hunian lain seperti Buckingham Palace, The Forbidden City, The Louvre Palace, dan beberapa istana lainnya.

Penasaran sama isi dan penampakan Istana Nurul Iman? Kita bahas yuk.

1. Luasnya 2.152.782 meter persegi

rumah terbesar di dunia
Megah! Satu kata yang menggambarkan Istana Nurul Iman (Kompas)

Wajar aja disebut sebagai rumah terbesar di dunia, wong Istana Nurul Iman ini luasnya sampai 2,1 juta meter persegi.

Eksterior istana ini didesain oleh seorang arsitek asal Filipina, Leandro V. Locsin. Sementara interiornya dikerjakan oleh Khuan Chew, seorang desainer interior ternama yang juga mengerjakan proyek interior Burj Al Arab di Dubai.

Nama Istana Nurul Iman itu sendiri diambil dari Bahasa Arab yang artinya Istana Cahaya Iman.

2. Proyek konstruksinya mencapai US$ 1,4 miliar

rumah terbesar di dunia
Pak Jokowi pun pernah main ke sana (Liputan 6)

Dana yang digelontorkan buat mendirikan istana ini kabarnya mencapai US$ 1,4 miliar pada tahun 1984. Bayangin aja tahun segitu tapi dananya udah sebesar itu. Apa jadinya kalau istana semegah itu dibangun tahun 2018?

Kalau US$ 1 setara dengan Rp 14.171, maka US$ 14 miliar setara dengan Rp 19 triliun! Wow, gokil banget. Rumah Pangeran Arab aja harganya cuma Rp 4,5 triliun.

Kontraktor yang membangun istana ini berasal dari Filipina, namanya Ayala International. Habis kelar bangun istana pada dapat bonus kali ya pegawainya?

3. Ada 1.788 kamar dan 257 kamar mandi

rumah terbesar di dunia
Pernikahan keluarga kerajaan juga diselenggarakan di sini. Wong ruangannya aja besar (Ibtimes)

Jumlah kamar di Istana Nurul Iman ternyata mencapai 1.788. Sementara itu kamar mandinya juga gak kalah banyak, ada 257.

Ini rumah atau gedung kantor ya?

Ya maklum aja deh, namanya juga rumah terbesar di dunia dan rumahnya raja. Pengin gimana juga pasti megah dan mewah.

4. Ada aula yang bisa menampung ribuan orang

rumah terbesar di dunia
Gede ya ruangannya (Tribunnews)

Aula di rumah terbesar di dunia itu bisa menampung sampai lima ribu orang. Namanya juga istana, tentu aja emang butuh tempat berkumpul yang luas banget.

Tempat ini udah pasti ramai saat Idul Fitri, apalagi Sultan gak cuma mengundang tamu-tamu kehormatan tapi juga rakyat biasa. Udah gitu di aula ini juga kerap diadakan acara bagi-bagi sembako sebelum hari raya tiba.

5. Masjid di rumah terbesar di dunia ini bisa nampung 1.500 jama’ah

rumah terbesar di dunia
Istana ini memang luar biasa indah (Michael and Jennene/Flickr)

Masjid yang dibangun Sultan Brunei di rumahnya tentu aja gak sembarangan. Masjid itu luar biasa besar hingga sanggup menampung 1.500 orang.

Walaupun gak sebesar Masjid Istiqlal, tapi buat ukuran masjid istana sih udah gede banget. Seru ya kayaknya kalau bisa mampir ke sana terus foto-foto.

6. Garasi yang sanggup menampung 110 mobil

rumah terbesar di dunia
Mobil Sultan Brunei (Youtube)

Mustahil istana raja gak ada garasinya. Garasi Istana Nurul Iman sendiri sanggup menampung sampai 110 mobil.

Udah gitu, Sultan Brunei juga hobinya koleksi mobil pula. Ya jadi cocok deh.

Beberapa koleksi mobil sport beliau antara lain Bugatti Veyron, Mercedes Benz CLK GTR, Ferrari FXX, McLaren F1, dan Rolls Royce Silver Spurs.

Tentu aja masih banyak koleksi mobil Sultan Hassanal Bolkiah lainnya. Wikipedia menyebutkan bahwa Sang Sultan punya banyak mobil dengan merek yang sama.

7. Kandang kudanya dilengkapi AC

rumah terbesar di dunia
Gerbang depan Istana Nurul Iman (Joe Carr/Flickr)

Bukan cuma kamar penghuni rumah terbesar di dunia ini aja yang dilengkapi AC alias pendiring ruangan. Kandang kudanya pun dikasih AC! Pasti tagihan listriknya mahal banget nih. Atau malah punya pembangkit listrik sendiri di istana?.

Sultan Brunei sendiri punya 200 kuda poni.

8. 5 kolam renang

rumah terbesar di dunia
Penampakan Istana Nurul Iman di Kota Bandar Seri Begawan (Special Rapid 223/Flickr)

Kolam renang sultan jangan dibandingin sama kolam renang rumah Uya Kuya ya. Sultan Brunei sih punya lima kolam ukurang jumbo di Istana Nurul Iman.

Kira-kira siapa aja ya yang hobi berenang? Sampai ada lima gitu?

Seperti itulah rumah terbesar di dunia yang ternyata berdiri di negara tetangga kita. Setelah tahu rumahnya, kok kayaknya pengen ya seandainya kita jadi salah satu dari ahli waris kerajaan Brunei.

Banyak yang bilang kalau kekayaan Sultan Brunei ini mengalahkan Raja Arab. Kabarnya sih total kekayaan bersihnya di tahun 2017 diprediksi mencapai US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 283 triliun.

Jumlah ini emang lebih sedikit ketimbang orang terkaya Indonesia, keluarga Hartono, yang asetnya mencapai Rp 435 triliun.

Tapi tetap aja, kalau bicara tempat tinggal sih menang Sultan Brunei. Rumah terbesar di dunia gitu lho.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →