Rupiah Melemah? Liburan ke 5 Negara Ini Pasti Gak Tekor

Rupiah Melemah

Walau rupiah melemah terhadap Dolar Amerika Serikat, itu bukan berarti liburan ke luar negeri jadi cuma angan-angan. Masih ada lima negara yang bisa kamu kunjungi tanpa harus merogoh kocek dalam.

Negara-negara tersebut bukan cuma negara di kawasan Asia Tenggara lho ya. Ada yang di Timur Tengah, bahkan ada juga di Eropa!

[Baca: Liburan ke Luar Negeri Sebelum 30 Tahun? Lakukan 7 Trik Nabung Ini]

Mengapa MoneySmart menyarankan kamu berlibur ke sana?

Karena, negara-negara tersebut punya mata uang yang nilainya jauh di bawah rupiah. Otomatis kamu bakalan jadi orang tajir ketika berlibur di sana. Asik gak?

Penasaran dengan negara-negara tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Iran

rupiah melemah
Iran (Liputan 6)

Nilai tukar mata uang mata uang Iran dengan Dolar AS memang sangat rendah. Bayangin aja US$ 1 itu setara dengan 42.025 Rial Iran! Dan kalau dibandingin dengan rupiah, 1 Rial Iran cuma senilai Rp 0,330. Itu artinya, walau rupiah melemah kamu tetap bisa jadi orang kaya di Iran.

Salah seorang blogger sempat bercerita bagaimana dia bisa keliling delapan kota di Iran selama minggu, dengan bujet mengejutkan. Coba tebak berapa bujetnya?

Cuma Rp 3 jutaan! Dia sudah keliling Kota Tehran, Kashan, Abyaneh, Nhatanz, Isfahan, Varzaneh, Yazd, dan Shiraz. Dan jangan salah, bujet segitu sudah termasuk tiket wisata, transportasi, makan, dan penginapan.

Untuk transportasi, Iran punya Snapp yang sifatnya mirip-mirip Grab atau Gojek. Dan ongkos BBM di sana memang murah karena mereka menggunakan bahan bakar gas. Kalau penasaran sama rincian biayanya, coba kamu kepoin saja tulisan Blogger Ranselriri.

[Baca: Ini Dia 3 Aplikasi Ojek Online Lokal Pesaing Go-Jek dan Grab]

Bicara soal keindahan, Negeri Persia ini indah banget. Ada banyak bangunan bersejarah yang memang wajib kamu kunjungi. Ada Laut Kaspia, Dowlatabad Garden, Persepolis, dan wilayah dengan kuliner nikmat di Shiraz. Kalau ngomongin soal kulinernya, Iran punya cita rasa yang berbeda dengan makanan Arab lho ya.

2. Vietnam

rupiah melemah
Vietnam (Liputan 6)

Negara kedua yang mata uangnya lemah terhadap rupiah adalah Vietnam. Ya, ini merupakan negara di kawasan Asia Tenggara  yang notabennya tetangga Indonesia.

US$ 1 setara dengan 22,788,50 Dong. Kalau di bandingkan dengan Indonesia, 1 Dong artinya setara dengan Rp 0,609464. Udah pasti bisa jadi orang tajir deh di negara itu walau rupiah melemah terhadap Dolar.

Dua kota utama yang wajib kamu kunjungi di Vietnam adalah Ho Chi Minh dan Hanoi. Kalau mau seru, backpackeran aja di sana. Berasa banget nuansa petualangannya.

Asal kamu tahu nih, Vietnam itu mirip-mirip Legian, Bali atau Bukit Bintang di Malaysia. Kalau kamu backpackeran maka sangat disarankan untuk nginap di wilayah Old Quarter, Hanoi. Di sana adalah tempat backpacker seluruh dunia berkumpul.

Untuk urusan kulinernya, jangan pilih yang di hotel-hotel deh sayang. Cobain warung-warung kopi pinggiran dan street foodnya. Ingat lho, ini Asia Tenggara, negara-negara di kawasan ini terkenal banget dengan street food yang maknyus! Dan kamu juga wajib jajal kopi Vietnam seperti Trung Nguyen atau Da Lat Coffee.

3. Sao Tome and Principe

rupiah melemah
Sao Tome Principe (Pinterest)

Wuih negara apa ini? Udah pernah dengar negara yang satu ini belum? Yang jelas, di sini US$ 1 setara dengan 19.963,47 STD. Atau 1 STD sama dengan Rp 0,695294.

Sao Tome and Principe adalah negara terkecil di Afrika yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Letaknya gak jauh dari Teluk Guinea.

Wisata yang ngetop di sini adalah pantai Praia Jale, Banana Beach, dan Roca Belo Monte. Kotanya gak gede dan di sini kamu bisa menyaksikan bangunan-bangunan bersejarah era kolonial.

Resor-resor yang ada di kota ini juga mewah-mewah dan asri. Ya sebagai turis Indonesia, kamu bisa kok menikmati fasilitas yang mewah. Hanya saja tiket penerbangan ke sana udah pasti gak murah ya.

4. Belarusia

rupiah melemah
Belarusia (Liputan 6)

Kalau Rusia masih terlalu mahal, ya ke Belarusia aja. 1 Rubel Belarusia nilainya setara dengan Rp 0,000144087. Selain mata uang di sana nilai tukarnya lemah, di sana juga bebas visa. Gokil!

Negara bekas Uni Soviet ini punya banyak bangunan tua bersejarah. Kamu bisa lihat-lihat Ibu Kota mereka di Minsk, Kota Brest, Vitebsk, dan Grodno. Nama kota-kotanya susah banget disebut.

Bangunan-bangunan di sana arsitekturnya unik-unik, udah gitu di sana kamu juga diperbolehkan untuk berburu. Seru kan? Gak mainstream banget wisatanya kalau kamu kesana.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah treking di pegunungan, dan menunggang kuda. Dan Eropa Timur gitu lho, tentu beda banget deh sama Eropa Barat dan lainnya.

Untuk tiket pesawat memang gak murah ya. Kalau lagi hoki kamu bisa dapat seharga Rp 6 jutaan untuk sekali jalan. Tapi rata-rata tiket penerbangan ke sana dibanderol di angka Rp 16 jutaan lho.

Sama kayak Sao Tome ya, tugas utama kamu tentu nabung yang banyak dulu buat tiket. Soal liburan di sana sih udah pasti murah, walau Rupiah melemah terhadap Dolar, mata uang mereka jauh lebih lemah daripada Rupiah. 

5. Paraguay

rupiah melemah
Paraguay (Trip Advisor)

Setelah Timur Tengah, Asia, Afrika, dan Eropa, sekarang kita ke Amerika nih lebih tepatnya ke Paraguay. Nilai tukar mata uang Paraguay Guarani (PYG) cukup lemah ketimbang rupiah. 1 PYG itu nilainya cuma Rp 2,50. Aman-aman aja deh jalan ke sini walau Rupiah melemah.

Apa saja yang bisa kamu dapat di negara yang mayoritas penduduknya berbahasa Spanyol ini? Paraguay adalah negara beriklim tropis di kawasan Amerika Selatan, dan kerap disebut sebagai Corazon de America atau jantungnya Benua Amerika.

Negara ini punya hutan terluas di Amerika Selatan dan menjadi surga bagi pecinta flora dan fauna. Di negara itulah kamu bisa melihat spesies Hacoan, sejenis marmut yang pernah dinyatakan punah pada dekade 1970an.

Kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Guaira yang dinyatakan sebagai air terjun terbesar di dunia! Dan Kota Asuncion yang menjadi Ibu Kota Paraguay, merupakan kota tertua di Amerika Selatan.

Itulah lima negara di dunia yang nilai tukar mata uangnya lemah. Dijamin bisa jadi turis tajir deh kalau ke sana walau Rupiah melemah terhadap Dolar.

Tapi kamu tentu tahu ya, bahwa gak semua negara tersebut bisa ditempuh dengan penerbangan yang murah. So, tugas terbesarmu tetap aja harus nabung dulu sebelum traveling.

Sejatinya masih ada kok negara-negara seperti ini yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja seperti Laos, Kamboja, Guinea, atau Sierra Leone. Tapi lima negara ini adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan mewakili lima benua di dunia.

[Baca: Liburan Hemat Bareng Keluarga ke Luar Negeri Bukanlah Mimpi Kalau Kamu Lakukan 7 Hal Ini]