Saat Pandemi, Minat Generasi Milenial Untuk Cari Rumah Meningkat

milenial beli rumah

Pandemi corona tampaknya masih belum mereda, hingga 10 September 2020 di Indonesia tercatat ada sekitar 207.203 orang yang terkonfirmasi tertular dan 8.336 orang yang meninggal karena covid-19.

Jika kondisi ini tidak tertangani dengan cepat, diperkirakan akan mempengaruhi perkembangan perekonomian dalam negeri, salah satunya di sektor properti. Dikhawatirkan, adanya pandemi ini akan membuat penjualan rumah merosot tajam, alhasil ancaman proyek mangkrak pun bisa saja terjadi.

Minat Cari Rumah Meningkat 46%

Tetapi tahukah kamu, di tengah pandemi saat ini, ternyata minat seseorang untuk mencari properti melalui dunia maya terus merangkak naik. Berdasarkan data portal Lamudi.co.id, minat membeli rumah pada kuartal II 2020 meningkat sekitar 46% jika dibandingkan kuartal I 2020.

Uniknya lagi, pencarian rumah tersebut ternyata banyak dilakukan oleh generasi milenial dengan rentan umur 25-34 tahun dengan persentase sebesar 35.20% serta kelompok umur 18-24 (28.73%).

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi.co.id, meningkatnya pencarian rumah saat pandemi terjadi karena banyaknya orang yang melakukan aktivitas Work From Home (WFH). Ini membuat aktivitas berselancar melalui internet semakin tinggi, hal ini akhirnya juga berdampak kepada tren pencarian rumah melalui internet.

Mart mengatakan, karena adanya aturan social distancing, calon pembeli rumah kini tidak perlu repot datang ke pameran properti atau kantor marketing gallery, mereka cukup melihat portal properti maka akan mendapatkan informasi lengkap perihal rumah idaman. “Bahkan jika ingin melihat show unit, calon pembeli rumah juga bisa melakukan video call dengan pihak pengembang,” kata Mart.      

Sementara perihal meningkatnya pencarian rumah oleh kalangan milenial, Mart menilai hal tersebut  bisa dijadikan sinyal positif bahwa generasi muda kini mulai menganggap bahwa memiliki rumah merupakan prioritas utama bukan lagi kendaraan atau gadget baru.

Lantas harga rumah berapakah yang paling banyak dicari oleh milenial? Berdasarkan data Lamudi, mayoritas milenial ternyata tertarik untuk membeli rumah dijual dengan harga Rp 300 juta, harga ini dinilai sangat cocok untuk mereka generasi muda yang baru merintis karir

Data Lamudi juga menyebutkan, banyak milenial yang ingin membeli rumah dengan tipe 27/60, satu lantai dan memiliki dua kamar, mereka juga ingin membeli tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dengan akses tol serta memiliki konektivitas internet.

Kawasan Bodetabek jadi area favorit pencarian rumah generasi milenial   

Kawasan satelit Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, oleh kaum milenial ternyata menjadi daerah favorit pencarian rumah  Dari seluruh wilayah di Indonesia,Tangerang menjadi area yang paling banyak dicari dengan persentase sebesar 22,4%, kemudian disusul oleh Bogor dengan angka 20,02%, Depok 19,22 % dan Bekasi 18,77%.

Faktor harga menjadi pertimbangan kenapa para milenial tertarik untuk membeli rumah di kawasan Bodetabek daripada di Jakarta, selain itu di kawasan penyangga Jakarta tersebut sudah banyak sarana infrastruktur yang dapat membantu mempercepat mobilitas menuju ibu kota.

Menariknya lagi, para pencari rumah milenial tersebut ternyata didominasi oleh kaum Hawa dengan persentase mencapai 53.86%, kemudian pria dengan persentase 46.14%.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →