Gak Tamat SD! Ini Deretan Fakta Inspiratif Salt Bae

salt bae

Familiar dong sama chefpreneur Salt Bae? Salt Bae merupakan chef sekaligus tukang daging nyentrik asal Turki ini, bernama asli Nusret Gökçe. 

Salt Bae pun menjadikan Nusr-Et sebagai nama restonya yang sering dikunjungi orang-orang terkenal seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, hingga Raffi Ahmad.

Satu hal yang cukup dikenal dari Salt Bae adalah tekniknya menaburkan garam ke daging yang dia masak. 

Di balik kesuksesan Gökçe sebagai seorang chefpreneur, ternyata ada kisah cukup pilu yang tentunya bikin kamu kaget. Tentunya hal itu berkaitan sama latar belakang kehidupan Gökçe.

Mau tahu lebih lanjut fakta mengenai Salt Bae? Yuk, simak ulasan berikut:

1. Gak tamat SD

Salt Bae
Gak tamat SD (Instagram/@nusr_et)

Gökçe lahir di Erzurum, Turki, dari keluarga etnis Kurdi. Pria kelahiran 1983 silam ini ternyata gak lahir dari keluarga mapan melainkan justru sebaliknya. Kabarnya, Salt Bae kecil terpaksa berhenti sekolah saat masih kelas enam SD.

Karena berhenti kuliah, Gökçe harus bekerja sebagai tukang jagal di salah satu distrik di Istanbul. 

Baca juga: Ada yang Sampai Rp 200 Juta, Ini Penghasilan Para Chef Selebriti di Indonesia

2. Merantau dan kerja tanpa gaji

salt bae
Merantau dan kerja tanpa gaji (Instagram/@nusr_et)

Informasi mengenai bagaimana Gökçe meraih kesuksesan memang jarang diketahui publik. Namun, cerita tentang perjalanan merantau Gökçe memang ada di Wikipedia.

Berdasarkan informasi, Gökçe memang pernah merantau ke Argentina dan Amerika Serikat antara tahun 2007 dan 2010. Di situ, dia bekerja di salah satu restoran tanpa digaji!

Apa tujuannya ya? Tentu saja buat belajar lebih dalam untuk menjadi koki sekaligus pengusaha restoran.

Sepulangnya dari AS dan Argentina, dia mendirikan resto di Istanbul dan gak lama kemudian di Dubai. 

Baca juga: 6 Fakta Inspiratif Pendiri Huawei yang Memulai Bisnis dengan Modal Rp 8 Jutaan

3. Viral di medsos

salt bae
Viral di medsos (Instagram/@nusr_et)

Gaya Salt Bae yang nyentrik ini menjadi perbincangan di media. Bukan hanya cara menabur garam, tapi juga dalam hal memotong daging.

Kabarnya, video viral itu di-posting oleh akun Twitter restorannya. Alhasil, netizen langsung bereaksi, dan dari situlah orang-orang penasaran dengan sosok Gökçe.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Nama pria inipun langsung dikenal di kalangan selebriti, politisi, dan seluruh orang-orang top di dunia.

Baca juga: Kekayaannya Rp 3,3 Triliun, Jamie Oliver Masuk Deretan Chef Terkaya di Dunia

4. Kontroversial dan penuh kritik

salt bae
Kontroversial dan penuh kritik (Instagram/@nusr_et)

Meski kerap dipuji, Gökçe juga seringkali menerima kritik pedas dari beberapa pihak. Restoran yang dikelolanya merupakan restoran kelas menengah atas. Harga menu-menunya tentu sangat mahal.

Di tahun 2018, sebagai sebuah steak house, Nusr-Et mendapat banyak review negatif. Bahkan, ulasan-ulasan itu sempat muncul di New York Times.

Gökçe juga mendapat kritik pedas ketika restorannya didatangi Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang menyantap steak mewah saat negaranya didera hyperinflasi. 

Meski demikian, gak semua ulasan itu jelek. Publik juga memuji bagaimana penyajian hidangan yang sangat menghibur di sana. 

Itulah sekilas fakta mengenai Salt Bae yang nyentrik. Gak nyangka kan ternyata dia gak lulus SD, dan bahkan pernah merantau hingga ke Amerika. Namun, di situlah akhirnya dia bisa memetik kesuksesan yang sesungguhnya. 

Semoga kisahnya menginspirasimu! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →