6 Orang Tajir di Indonesia Kaya Raya Berkat Sawit, Ini Kisahnya

Martua Sitorus (Forbes)

Industri sawit di Indonesia sudah bukan rahasia lagi menguntungkan, hingga membuat para pengusaha di bidang tersebut kaya raya. Bahkan, beberapa jadi orang terkaya di Indonesia, hingga masuk daftar dunia.

Bisnis kelapa sawit memang menjadi salah satu tanaman perdagangan utama di Indonesia. Banyak produk yang bisa dihasilkan dari kelapa sawit, di mana produk-produk tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

Gak heranlah kalau cukup banyak pengusaha terjun ke bisnis ini. Ada yang emang dari awal memulai kariernya di industri sawit. Ada pula yang udah sukses di bisnis lain, kemudian berekspansi ke sawit.

Siapa aja yang berhasil kaya raya dari industri sawit? Yuk, simak legenda-legenda Indonesia berikut ini:

1. Martua Sitorus

Martua Sitorus (Wikimedia)Martua Sitorus (Wikimedia)
Martua Sitorus (Wikimedia)

Nama Martua Sitorus yang kerap disapa Ahok kiprahnya di industri sawit udah gak perlu diragukan lagi. Pengusaha yang membangun Wilmar Internasional tersebut sukses dari nol karena industri sawit.

Wilmar bisa disebut sebagai perusahaan minyak kelapa sawit paling besar di Indonesia. Bermula dari pedagang kecil, Martua yang berasal dari Pematang Siantar berhasil mendunia. Bahkan, namanya kini masuk Forbes.

Total kekayaan Martua mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24 triliun. Beberapa bulan lalu, Martua resmi melakukan regenerasi di Wilmar. Kini dia mengelola perusahaan properti Gamaland dan industri kelapa sawit lainnya, Gama Plantation.

Baca juga: Dari Blogger ke Pebisnis, Ini Kisah Sukses Diana Rikasari Jadi Ikon Asia di Swiss

2. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo (Forbes)
Susilo Wonowidjojo (Forbes)

Sedikit berbeda dengan Martua Sitorus, Susilo Wonowidjojo justru terjun ke industri kelapa sawit setelah sukses. Yap! Bos Gudang Garam tersebut baru memulai bisnis sawit sejak tahun 2005.

Lewat Grup Makin, Susilo Wonowidjojo menggelontorkan dana Rp 2,28 triliun. Dana tersebut digunakan buat membeli perkebunan sawit seluas 74 ribu hektar di Jambi.

Terbukti, namanya masih bertengger di daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Total kekayaan ayah Indra Wonowidjojo itu mencapai US$ 9,2 miliar. Angka tersebut setara dengan Rp 130 miliar!

Baca juga: Pria Ini Jadi Orang Terkaya Indonesia karena Rokok dan Bank, Begini Kiprahnya

3. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono (Forbes)
Ciliandra Fangiono (Forbes)

Ciliandra Fangiono tergolong sangat muda dibandingkan pengusaha sawit lainnya. Namun, jangan pandang sebelah mata. Namanya udah masuk daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes di usia 40-an.

Emang sih Ciliandra Fangiono mewarisi perusahaan sang ayah, Martias Fangiono. Perusahaan tersebut bernama First Resources yang bergerak di bidang kelapa sawit dan kimia oleo. Akan tetapi, peran Ciliandra buat membesarkan perusahaan tersebut akhirnya terbukti, bukan?

Total kekayaan Ciliandra mencapai US$ 1,2 miliar atau sama dengan Rp 17 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Anthony Salim

Anthony Salim (Forbes)
Anthony Salim (Forbes)

Anthony Salim merupakan putra dari pengusaha legenda asal Indonesia, Sudono Salim. Tahu dong siapa Sudono Salim?

Dia merupakan pendiri perusahaan-perusahaan besar kayak Indofood, Bogasari, dan membeli BCA.

Sudono mengalami pasang surut bisnis. Awal menjadi pengusaha pun gak mulus, karena dia memulainya dari nol. Di masa tuanya, Sudono sempat mengalami beberapa kali kebangkrutan.

Namun, sang putra bungsu ternyata cukup piawai meneruskan jiwa bisnis sang ayah. Dari Indofood, Anthony memperluas usaha mereka ke industri kelapa sawit.

Bisnis tersebut berada di bawah naungan perusahaan Indofood Agri Resources Ltd. yang berbasis di Singapura.

Total kekayaan Anthony Salim mencapai US$ 5,3 miliar atau setara Rp 75 triliun.

5. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja (Forbes)
Eka Tjipta Widjaja (Forbes)

Kamu tahu dong siapa Eka Tjipta Widjaja? Namanya masuk dalam daftar ke-3 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Bahkan, namanya didapuk jadi orang pertama terkaya di Indonesia versi GlobeAsia, beberapa tahun silam .

Mengawali bisnis sebagai penjual biskuit di tahun 1930-an, Eka Tjipta Widjaja merupakan salah satu pengusaha sawit terbesar di Indonesia.

Industri kelapa sawit yang dibangun oleh Eka diberi nama Golden Agri Resources. Perusahaan tersebut berada di bawah induk perusahaan yang dia miliki, PT Smart Tbk (SMAR).

Kini total kekayaan yang berhasil dikumpulkan oleh Eka Tjipta sebanyak US$ 8 miliar atau sama dengan Rp 113 miliar.

6. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Namanya dikenal sebagai pendiri Musim Mas Group, grup tersebut bergerak di sektor kelapa sawit.

Dirintis sang kakek yang berasal dari Medan pada tahun 1930-an, awalnya perusahaan ini fokus buat produksi sabun.

Namun, sekarang perusahaan tersebut berubah haluan ke industri sawit. Pilihan tersebut ternyata menghasilkan cuan besar. Terbukti, mereka berhasil jadi salah satu importir minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Nama Bachtiar Karim dan keluarga berhasil masuk daftar Forbes dengan total kekayaan US$ 1,5 miliar. Angka tersebut sama dengan Rp 21 triliun.

Musim Mas Group juga berekspansi ke berbagai sektor lain. Termasuk grup hotel Hotel Mikie Holiday dan industri produksi sabun seperti Lervia, Lark, dan Harmony.

Dari nama-nama pengusaha di atas, terbukti kalau industri kelapa sawit ini emang benar-benar menggiurkan. Gak dipungkiri bahwa industri sawit bikin mereka kaya raya, bahkan jadi legenda di Indonesia.

Tertarik mencoba bisnis di bidang ini? Wah, harus siap-siap dana sangat besar nih. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →