Butuh Dana Cepat? Jangan Gadai Barang Berharga Sembarangan

(Tempo/ Tony Hartawan)

Menggadaikan barang berharga yang kita punya kadang menjadi opsi dikala butuh dana cepat untuk meningkatkan usaha atau kebutuhan mendesak. Di Indonesia, tradisi gadai barang sudah lumrah dikalangan masyarakat.

Banyak orang yang menggadaikan barangnya kepada saudara, tentangga, atau bahkan pegadaian. Namun demikian, menggadaikan barang tentu harus dengan kesepakatan yang jelas, perjanjian tertulis hingga dijaminnya keamanan barang yang digadaikan.

Terkadang masyarakat masih menggadaikan barang berharganya tanpa ada perjanjian, kesepakatan, hingga jaminan keamanan. Dan kemudian hari menyebabkan kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku otoritas yang berwenang juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar menggadaikan barang berharganya di tempat yang terjamin.

Hingga 24 September 2018, 24 perusahaan gadai swasta telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, dan dua perusahaan dari 24 tersebut telah memiliki izin dalam menjalankan kegiatan usahanya, yakni Gadai Mitra Rakyat, dan PT GDC Solusi Gadai.

Adapun ke 22 perusahaan gadai swasta yang telah resmi terdaftar di OJK diantaranya, Mari Gadai, Gadai Ogan, Gadai Oke, Gadai Smile. Adapula Indotech Gadai, CV Pioneer Kita, Berkat Mandiri Sejahtera, PT Cipta Dana Gadai.

Kemudian, Fiqri Phone, CV Mitra Aci Global Perkasa, Bless Gadai, GM Com Gadai, Ota Jaya Gadai, Nimfa Gadai, Ginting Gadai, Dotri Gadai. Selanjutnya PT Gadai Bagong Sejahtera, Koperasi Citra Bella Sarana, Alfa Persada Gadai, PT Pegadaian Eva Grup, MazPram Gadai, PT Eka Pesona Abadi.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian.  Sesuai peraturan tersebut, OJK mengimbau pelaku usaha gadai segera mendaftarkan usahanya sebelum 29 Juli 2018 dan mengajukan izin sebelum 29 Juli 2019.

Sebab, usaha pergadaian yang tidak terdaftar atau belum memiliki izin usaha akan dilakukan tindakan penertiban oleh otoritas penegak hukum. Sehingga setiap orang tidak bisa seenaknya menjalankan usaha gadai barang.

Untuk pengajuan pendaftaran atau pengajuan izin bisa dilakukan di Kantor Pusat atau Kantor Regional OJK atau bisa menghubungi di OJK 157. Jadi jangan sembarangan menggadaikan barang ya. Pelajari, dan teliti. Barang aman, hati pun senang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →