Sebelum Investasi Emas Perhiasan, Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu Ya!

investasi emas perhiasan

Kini udah banyak sekali orang yang memilih untuk investasi emas. Bahkan bagi sebagian orang, emas menjadi salah satu alat ampuh untuk mengantisipasi inflasi dan alat ukur kekayaan.

Tapi apakah hal itu sama dengan jika kita melakukan investasi emas perhiasan? Apa bisa juga disebut sebagai sarana investasi?

Nah, sebelum membicarakannya lebih lanjut. Ada baiknya kita tekankan di sini kalau emas perhiasan itu lebih bersifat sebagai aksesoris dibanding investasi.

Akan tetapi, sah-sah aja kok kalau kamu memilih emas perhiasan sebagai investasi. Karena gimana pun investasi itu berlaku hukum bebas memilih. Tapi tetap aja kamu perlu mengenali dulu keuntungan dan konsekuensinya biar gak menyesal di kemudian hari.

[Baca: Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Cek Plus Minusnya Ini]

Kenapa investasi emas sangat populer?

Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa orang memilih emas perhiasan sebagai investasi.

1. Bisa dibeli sesuai dengan kondisi keuangan

Umumnya, emas perhiasan dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari nilai karat yaitu 18K, 22K, sampai 24K. Kemudian beratnya juga bervariasi.

Jadi kamu bisa membelinya mulai dari 1 gram dan asiknya lagi, harga perhiasan emas itu bisa ditawar.

Inilah kenapa ibu-ibu suka menyisihkan uangnya untuk membeli perhiasan emas. Pasalnya, modal awal untuk membeli perhiasan emas termasuk kecil. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik menjadikan perhiasan emas sebagai investasi.

2. Banyak toko emas

Hayo berani taruhan, yang namanya toko emas itu pasti gampang ditemui. Entah itu di pasar tradisional, perempatan jalan, bahkan sampai deretan ruko-ruko.

Karena itulah, membeli perhiasan emas sangatlah mudah. Ditambah lagi gak ada syarat aneh-aneh untuk membelinya.

Pokoknya asal duit kamu cukup, maka perhiasan emas yang kamu mau bisa dibawa pulang.

3. Sebagai aksesori/fashion

Setuju gak kalau menggunakan perhiasan emas itu bisa menaikkan level kecantikan. Gak cuma itu, perhiasan emas juga jadi label status sosial seseorang.

Nah, itu dia beberapa alasan yang membuat orang memilih perhiasan emas sebagai investasi. Tapi ini mesti diluruskan dulu, karena saat mau investasi pasti yang diharapkan itu adalah mendapatkan keuntungan.

Keuntungan itu bisa dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam konteks ini, investasi emas perhiasan punya banyak kelemahan.

Berbeda dengan emas murni, emas perhiasan bukan investasi

Mau tahu kenapa emas perhiasan tak bisa disebut sebagai alat investasi? Simak penjelasannya berikut ini:

[Baca: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini]

1. Ada mark up nilai

Ketika beli emas perhiasan, maka kamu sebenarnya gak membeli murni berdasarkan kadar karat dan beratnya saja.

Tapi ada biaya lainnya yang membuat harga emas perhiasan lebih mahal seperti ongkos produksi, desain, pajak, hingga biaya kirim sampai ke toko emas.

Gak cuma itu, toko emas juga bakal me-mark up harganya lagi ketika dijual ke konsumen. Bisa-bisa harganya naik sampai 100 persen.

Nah, yang bikin kesel adalah saat dijual toko emas hanya akan menghargai berat dan kadarnya aja. Mereka akan gak peduli meski emas perhiasanmu itu hasil rancangan desainer ternama.

Alhasil, selisih dari harga jual dan beli ini yang membuat beli perhiasan emas itu merugikan. Pasalnya, harga jual dan beli emas perhiasan itu ditentukan sepihak, yakni toko emas. Dan itu sifatnya mutlak.

2. Tidak ada sertifikat keaslian emas

Saat kamu membeli perhiasan emas, biasanya apa aja yang didapat? Perhiasan dan kuitansi pembayarannya aja kan?

Lalu gimana dengan keaslian kadar karat dan beratnya?

Padahal seperti diketahui, kebanyakan perhiasan emas itu adalah hasil campuran dengan logam lain.

Secara teoritis ketika beli perhiasan emas 18 K seberat 10 gram, maka kadar emas murninya hanya 7,5 gram 24K. Sisanya adalah campuran logam lain.

Campuran logam itu biasanya perak dan tembaga. Untung jika pakai campuran perak, lha kalau pakai tembaga? Bagaimana cara mendeteksinya? Akan sangat sulit sekali. Inilah kenapa emas perhiasan sangat sulit dinilai karena gak ada sertifikat keasliannya.

3. Rentan rusak dan hilang

Taukah kamu kalau emas perhiasan itu rentan rusak. Bisa karena patah, kaitannya yang rusak atau warnanya kusam. Nah, berbagai kerusakan itu bisa membuat nilainya jatuh.

Gak cuma itu aja, perhiasan emas juga berisiko ilang seperti dijambret atau jatuh tanpa sadar.

Di mana beli emas perhiasan online?

Ada beberapa keuntungan dengan membeli investasi emas perhiasan secara online. Ketika harga emas naik dan turun, kita tetap akan untung. Hal ini dikarenakan investasi emas secara online mengikuti harga patokan emas dunia (New York Mercantile Exchange). 

Kemudahan lain yang sangat terasa adalah transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama kita terhubung dengan internet. 

Berikut adalah rekomendasi beberapa toko emas online yang dapat menjadi rujukanmu dalam membeli emas.

1. Orori

Orori adalah salah satu pelopor toko perhiasan online di Indonesia. Toko emas online ini menawarkan beragam bentuk, jenis, dan layanan perhiasan sejak 2004. Fokus mereka adalah menghadirkan keindahan perhiasan berkualitas tinggi disertai dengan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan di Indonesia. 

Setiap bulan, Orori menawarkan banyak program yang menguntungkan, mulai dari garansi uang kembali 100%, cicilan 0%, hingga gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia.

Beberapa produk andalan Orori antara lain cincin kawin, cincin tunangan, harga emas hari ini, harga emas antam, pembersih perhiasan, cincin berlian, cincin berlian solitaire, cincin pria, cincin wanita, anting berlian, dan anting emas

Pembelian perhiasan di Orori akan dilayani dengan JNE, PopBox, dan RPX. Pembayarannya pun mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain Visa, MasterCard, CIMB Clicks, Klik BCA, BCA Klikpay, e-Pay BRI, Permatanet, Redivo, dan Alfamart. Untuk promo setiap bulan dan produk aktual dapat diakses di www.orori.com. 

2. Whizliz

Whizliz menjadi rujukan bagi kamu yang hobi dengan dunia mode. Perkembangan mode yang selalu dinamis, ditangkap oleh Whizliz untuk menghadirkan perhiasan emas dan berlian berkelas. 

Sebagai bagian PT. Lino Walden Teknologi yang merupakan joint venture dari perusahaan PT. Lino Putra Mandiri dan PT. Walden Global Services, produk-produk perhiasan yang dikeluarkan oleh Whizliz memiliki kualitas ekspor dambaan desainer mode. 

Selain itu, banyak produk-produk pilihan yang akan mengimbangi selera modemu. Pembelian produk perhiasan dari Whizliz akan dilayani menggunakan jasa pengiriman JNE, Tiki, Pos Indonesia, dan RPX. Metode pembayaran yang digunakan pun beragam, antara lain BCA, Mandiri, BRI, gopay, Shopeepay, Dana, Redivo, OVO, Permata Bank, dan Prima. 

Transaksi cicilan 0% dapat dilayani dengan BCA dan BNI. Mereka menyediakan customer care melalui surel [email protected]. Namun jika kamu menghendaki respons yang lebih cepat dapat menghubungi layanan WA di 0818 211 863.

3. V&CO Jewellery

V&CO Jewellery berdiri sejak 2011 di Melawai Plaza, Jakarta Selatan. Produk utama mereka adalah cincin kawin/tunangan dan berlian. Kini, semakin lengkap dengan ragam produk seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting dan liontin yang berhias berlian ataupun batu mulia lainnya. 

V%CO Jewellery memiliki empat pilar kekuatan, antara lain gaya, kualitas, inovasi, dan harga. Keamanan berinvestasi dengan V&CO Jewellery sudah terverifikasi oleh GMO. Brand ini juga menjadi anggota IDEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia) dan Official Store Tokopedia. 

Apabila melakukan transaksi pembelian online, V&CO Jewellery bekerja sama dengan jasa pengiriman FedEx, JNE, J&T, Tiki, dan RPX. Metode pembayaran dapat dilakukan melalui Visa, MasterCard, BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank, dan Midtrans.

4. Passion Jewellery

Passion Jewellery menyebut pelanggannya sebagai Passioner. Toko emas ini berdiri sejak 2005. Selain dapat bertransaksi secara online, kamu dapat mengunjungi gerai Passion Jewellery terdekat yang tersebar di berbagai tempat, antara lain Tegal, Sulawesi Utara, Tangerang Selatan, Jawa Barat, dua gerai di Jakarta Barat, dan tiga gerai lagi di Jakarta Utara.

Layanan konsumen yang disediakan hanya beroperasi setiap Senin hingga Sabtu pukul 09:00-18:00 melalui [email protected] atau 0815-3945-5102. 

Brand ini sudah mendapat sertifikat dari GIA. Apabila kamu berinvestasi bersama perhiasan di Passion Jewellery, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui Prima, ATM Bersama, Visa, MasterCard, BCA, dan Mandiri. Jasa pengiriman yang digunakan antara lain RPX, Tiki, dan JNE. 

Informasi aktual mengenai promosi dan produk terbaru mereka dapat diakses melalui https://www.passionjewelry.co.id

5. Karatvan Jewellery

Karatvan sudah beroperasi sekitar 10 tahun di Indonesia. Mereka mengimpor produksinya sendiri dan mendistribusikan ke berbagai toko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kualitas produknya tidak diragukan lagi karena menggunakan berlian dari Eropa dan bersertifikat GIA dengan kualitas terbaik Clarity VVS1/VVS2 Dan Color F/G. 

Seiring berkembanganya teknologi internet, produk-produk Karavan dapat diakses di Tokopedia dan Blibli. Meski begitu, kamu dapat mengunjungi toko offline di Cikini Gold Center LG floor No. 21 Jl. Cikini Ampiun, RT.1/RW.1, Pegangsaan, Kec. Menteng Jakarta Pusat – DKI Jakarta 10320. Produk utama Karavan adalah cincin, liontin, anting, dan gelang.

6. Aurum Lab

Pada 2019, brand ini bertransformasi dan menjadi Aurum Lab. Misinya berfokus pada sasaran target perempuan di Asia Tenggara. Produk yang dihasilkan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan Asia Tenggara dan menumbuhkan keberdayaan. 

Sentuhan-sentuhan personal pada keseharian dan kebutuhan dasar perempuan menjadi ruh dari produk-produknya.

7. Ivana Jewellery

Ivana Jewellery sudah berpengalaman dalam mengolah produk-produk perhiasan sendiri selama lebih dari 20 tahun. Toko ini melayani secara personal pemesanan-pemesanan yang datang. Hebatnya lagi, berbagai artis telah berinvestasi perhiasan bersama Ivana Jewellery.

Beberapa jenis produk unggulan mereka adalah cincin pernikahan, cincin tunangan, dan perhiasan perlengkapan untuk pernikahan. Penjualan secara online juga dapat dilakukan di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. 

Untuk informasi produk, promo dan lainnya dapat diakses di https://www.ivanajewellery.com/ atau berbagai media sosial mereka. 

8. Karvi Jewellery

Karvi Jewellery adalah brand yang melayani pembuatan perhiasan sesuai kebutuhanmu. Bentuk, model, dan warna dapat disesuaikan dengan selera klien. Fokus perhiasan yang dapat diproduksi oleh Kervi Jewellery adalah perhiasan-perhiasan untuk kebutuhan pernikahan dan tunangan. Pemesanan online dan referensi produk dapat dilakukan dengan mengakses https://www.karvijewelry.com

9. Frank&Co Jewellery

Frank&Co memproduksi perhiasan dengan kualitas berlian yang berasal dari seluruh dunia. Mereka memiliki prinsip kreativitas, kualitas, inovasi, integritas. Produksi dan penjualan dilakukan sesuai standar yang berlaku. 

Beberapa produk unggulan Frank&co adalah cincin tunangan, pernikahan, dan hadiah. Selain itu, ragam jenis perhiasan juga mereka sediakan. Selama pandemi Covid-19, mereka hanya melayani penjualan secara online. Segala informasi dapat diakses di website www.frankncojewellery.com

10. Adelle Jewellery

Adelle Jewellery membantumu menyempurnakan kebahagiaan di momen yang tidak terlupakan. Proses produksi dilakukan berdasarkan filosofi Jepang, yaitu pengembangan segala sesuatu yang diupayakan dengan maksimal untuk hasil yang memuaskan. 

Jika kamu berencana melakukan investasi bersama Adelle Jewellery, pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain bank transfer dan online payment. Segala informasi mengenai produk dan pemesanan dapat dilakukan melaui laman resmi Adelle di https://adellejewellery.com

Nah, itu dia poin-poin yang sebaiknya kamu pertimbangkan saat memilih investasi emas perhiasan. Semoga bermanfaat ya!