Sebelum Memutuskan Beli Mobil Baru, Simak Dulu 4 Hal Berikut Ini

beli mobil baru

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Membeli mobil baru tentunya merupakan hak semua orang ya. Tapi jangan lupa, hak itu sendiri gak bisa berdiri sendiri. Selalu ada kewajiban yang mengiringi.

Jadi, sebelum menuntut hak membeli mobil, apa kamu yakin sudah siap memenuhi kewajiban? Kewajiban beli mobil yang pasti adalah nyiapin duit buat menebus mobil. Ini gak mungkin gak dipenuhi.

Tapi, ada kewajiban lain yang sering terlupakan. Pas beli mobil pertama saja masih ada kewajiban yang bolong, apalagi beli mobil baru lagi.

Membeli mobil itu mendatangkan konsekuensi yang wajib kita hadapi. Kalau belum siap menghadapi konsekuensi itu, beli mobil baru bukanlah ide bagus. Inilah konsekuensi beli mobil baru:

1. Isi garasi nambah

Kalau garasi udah dipakai buat satu mobil, kira-kira masih cukup gak kalau ditambahi? Tempat penyimpanan ini jangan sampai dianggap sepele.

Ingat ya, memarkir mobil di luar rumah bukanlah solusi. Selain ganggu orang karena makan jalan, mobil bisa dimaling dengan gampang.

beli mobil baru
Garasi itu bukan showroom mobil ya, jadi gak usah banyak-banyak isinya (Garasi Mobil / Rumahkecilminimalis)

Ini yang sering dianggap remeh orang. Mungkin leasing bisa mulai menjual mobil sepaket dengan garasi biar gak ada lagi mobil offside terparkir di luar rumah hehehe.

2. Biaya perawatan

Biaya perawatan mobil gak bisa dibilang murah. Apalagi mobil premium. Memang, ada fasilitas servis gratis kalau beli mobil baru. Tapi servis gratis itu berlaku buat pengecekan saja.

Beli oli, spooring, balancing, dan lain-lain masih bayar. Biaya servis berkala ini bisa tembus Rp1 juta untuk servis 40 ribu kilometer.

Apalagi beli mobil second ya . Biaya perawatan pastinya lebih gede karena mesin udah kemakan usia. Gak mungkin dong mengabaikan perawatan mobil dan membiarkan mobil kita gak terawat? Nanti bisa cepat rusak.

3. Bayar pajak

Di banyak daerah sekarang diterapkan pajak progresif kendaraan bermotor. Jadi, kalau beli mobil baru lagi atas nama sama dengan mobil sebelumnya, siap-siap bayar pajak lebih mahal.

Memang, aturan ini bisa diakali dengan beli mobil atas nama anggota keluarga lain. Namun tetap saja bayar pajak lebih banyak ketimbang sebelumnya saat belum punya mobil baru.

beli mobil baru
Ayo antri yang benar ya bayar pajaknya, bebek aja bisa antri loh pak hehehe (Antri Di Samsat / Liputan6)

4. Lunasi cicilan

Punya mobil makin gampang dengan banyaknya fasilitas kredit yang ditawarkan leasing. Tapi fasilitas ini tetap mesti disikapi dengan bijak.

Sesuaikan kondisi keuangan dengan mekanisme kredit. Kalau bisa, perbesar uang muka sehingga tenor lebih pendek.

Yang sering jadi masalah, banyak orang yang lebih memilih persekot kecil karena merasa lebih ringan. Betul, ringan. Tapi tenor panjang artinya risiko makin besar.

Misalnya tenor 5 tahun, kita gak tahu apa yang akan terjadi selama 5 tahun itu. Gimana kalau tiba-tiba terjadi krisis keuangan dan kita gak sanggup melunasi cicilan? Jadi, pertimbangkan baik-baik keuangan sebelum ambil kredit.

Apalagi mobil mengalami depresiasi atau penurunan nilai karena bukan barang investasi. Harga mobil saat dibeli mungkin saja merosot ketika kemudian dijual.

Kewajiban berupa kesiapan menghadapi konsekuensi-konsekuensi di atas mesti dipenuhi jika beli mobil baru. Sebaiknya berpikir sebelum memutuskan beli mobil baru.

beli mobil baru
Kredit mobil hitung dulu yang cermat, baru deh deal, jangan modal nekat bro! (Promo Mobil / Mobilinanews)

Jika sudah siap menanggung konsekuensi itu, hajar saja. Tidak ada pihak yang melarang orang beli mobil, termasuk pemerintah.

Yang pasti, mobil yang baru sudah sepatutnya memberi lebih banyak manfaat. Kalau manfaatnya sama dengan mobil lama sementara keuangan lebih terkuras, kenapa harus beli yang baru?

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini Untung Rugi Beli Mobil Over Kredit Biar Makin Bijak Menentukan]

[Baca: Beli Mobil Kredit Rugi Ah Masak Iya Sih]

[Baca: Bagian yang Wajib Dicek Saat Beli Mobil  Bekas Biar Dapat yang Berkualitas]

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis