Ini Dia Sosok Pengganti Dirut Garuda Indonesia yang Dipecat Erick Thohir

Pesawat Garuda Indonesia (Shutterstock)

Pesawat Garuda Indonesia (Shutterstock)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Direktur Keuangan Garuda Indonesia Fuad Rizal akan mengisi jabatan pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Fuad akan menggantikan Ari Askhara yang dipecat karena diduga terlibat dalam penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru.

“Sudah saya konfirmasi plt dirut adalah direktur keuangan,” kata Budi Karya ditemui di Jakarta, Jumat (6/12), seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Budi mengatakan kasus pemecatan Ari tak akan menganggu operasional Garuda Indonesia, selama ada direktur kunci.

“Kalau masalah keamanan domainnya direktur operasi dan direktur maintanance yang telah sesuai kualifikasi, jadi masalah keamanan tak bermasalah,” kata Budi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memecat Ari Askhara setelah memberikan waktu untuk mengundurkan diri terkait kasus penyelundupan Harley dan Brompton.  “Saya tentu akan memberhentikan Dirut Garuda. Tapi pasti ada prosedur lagi. Tidak hanya sampai di situ saja termasuk mengusut oknum lain yang terkait,” ujar Erick dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Kamis (5/12).

Pemecatan Ari setelah Erick menerima informasi dari komite audit dan komisaris terkait pelanggaran prosedur yang dilakukan saat pengiriman pesawat baru A330-900 Neo. Harley Davidson yang dibawa melalui pesawat tersebut diduga merupakan milik Ari.

“Ini motor 70-an, pembelian April 2019. Uangnya ditransfer ke Finance Manager di Amsterdam,” kata Erick.

Dia kecewa dengan tindakan yang dilakukan orang nomor satu di maskapai BUMN tersebut. Apalagi, hal ini dilakukan di tengah upaya BUMN itu memperbaiki citra perusahaan.

“Ini faktor pidana, bukan hanya perdata,” ujarnya. Pemberhentian Ari akan melalui persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB. Begitu juga yang akan menggantikan posisi Ari.