Segudang Info Tentang Renovasi dan Pembangunan Rumah Ada di Sini

renovasi dan pembangunan rumah

Hanya orang ceroboh yang renovasi atau membangun rumah tanpa cari info tentang kegiatan itu sebelumnya. Baik renovasi maupun bangun rumah butuh duit. Bisa rugi kalau dilakukan sembarangan.

 

Kan gak lucu. Udah beli tanah ratusan meter harganya ratusan juta. Terus bangun rumah dengan memasrahkan begitu saja ke tukang atau pengembang.

 

[Baca: 4 Hal Penting Dalam Membangun Rumah yang Wajib Diperhatikan]

 

Iya, kalau hasilnya memuaskan. Kalau baru ditempati rumah langsung bocor di sana-sini?

 

Apalagi kalau renovasi rumah. Niatnya mau mempercantik rumah, eh, malah jadi acak-adut. Yang lebih parah, ditipu tukang bangunan yang renovasi rumah.

 

Dibilangnya material yang bagus A, harganya sekian. Ternyata oh ternyata, ada material yang lebih bagus dan harganya lebih murah.

 

Mau dikadalin kayak gitu? Makanya, gak apa-apa repot sedikit cari tahu info tentang renovasi dan pembangunan rumah.

 

[Baca: Sudah Mahal, Eh Kualitas Jelek. Bagaimana Cara Mengecek Kualitas Bangunan Rumah?]

 

Salah satu tempat yang menyediakan segudang info tentang renovasi dan pembangunan rumah adalah pameran material. Di Indonesia, tepatnya Jakarta, setidaknya ada dua pameran besar tentang bahan bangunan ini.

 

1. Indonesia Building Technology Expo (Indobuildtech)

Indobuildtech sudah digelar 13 kali sampai saat ini. Isinya adalah pameran produk dan teknologi material bangunan.

 

renovasi dan pembangunan rumah

 Gak cuma produk lokal yang ada di pameran ini, produk luar negeri juga banyak

 

 

Yang dipamerkan antara lain keramik, pipa, genting, lantai,  pintu, jendela,  pemanas air, pengaman rumah, cat, semen, hingga perlengkapan sanitasi. Pesertanya gak hanya dari Indonesia, lho.

 

Sejumlah negara lain juga ikut dalam pameran ini. Di antaranya Spanyol, Jepang, Prancis, Jerman, Korea, dan Australia.

 

Selain material bangunan, ada juga produk teknologi listrik kekinian yang pasti bakal bikin rumah tambah sedap dipandang. Yang paling penting, peserta eksibisi terbuka buat mereka yang mau tanya-tanya soal material bangunan.

 

2. Megabuild Indonesia

Pameran ini bisa dibilang sebagai kakaknya Indobuildtech. Sebab, rekam jejaknya lebih panjang. Megabuild udah digelar 15 kali hingga saat ini.

 

Megabuild menampilkan berbagai produk material bangunan dari banyak peserta. Seperti Indobuildtech, pesertanya pun datang dari dalam dan luar negeri.

 

Dalam penyelenggaraan tahun 2016, Megabuild menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Chapter Jakarta dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Tujuannya, mensosialisasi profesi arsitek dan pentingnya arsitektur bangunan.

 

Memang, selain menjadi ajang pameran, Megabuildtech memberikan sarana edukasi buat pengunjungnya. Jadi, gak perlu sungkan bertanya-tanya di sini.

 

renovasi dan pembangunan rumah

 Pameran adalah tempat buat menggali informasi sebanyak mungkin

 

 

Selain dua pameran itu, ada beberapa pameran lain. Gak hanya di Jakarta, pameran material kayak gini ada juga di beberapa daerah lain di Indonesia. Tapi memang kebanyakan di kota besar, sih.

 

Namun jangan khawatir. Buat yang gak kebagian pameran, masih bisa gali info tentang renovasi dan pembangunan rumah.

 

Buka saja Internet dan ketikan apa yang mau diketahui. Misalnya mau cari bahan tembok yang direkomendasikan. Atau cat yang cocok dengan kondisi rumah.

 

Renovasi dan pembangunan rumah bukan urusan gampang, lho. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Material hanya salah satunya.

 

Yang paling pokok adalah bujet. Kurang bijak kalau mengejar material paling oke sedangkan bujetnya mepet. Perlu perencanaan yang matang.

 

Tapi memang renovasi dan pembangunan rumah adalah bagian dari investasi. Kalau rumah dibikin sebagus dan sekokoh mungkin, tentu harganya bakal terkerek naik.

 

renovasi dan pembangunan rumah

 Selain menggali info seputar rumah, melihat langsung produk yang ditawarkan adalah salah satu keunggulan datang ke pameran

 

 

Jadi, jika bujet mepet, ambil kredit renovasi rumah pun sejatinya bukan masalah. Tapi, sekali lagi, harus ada rencana sebelumnya.

 

Pikirkan dulu kemampuan keuangan kita. Kira-kira mampu ambil kredit berapa banyak. Bayarnya gimana tiap bulan. Bukan asal kredit karena pengin material rumah sebagus mungkin.

 

[Baca: Perlu Renovasi Rumah. Mending Pakai KTA Atau Kredit Renovasi Rumah?]

 

 

 

Image credit:

  • http://3.bp.blogspot.com/-ZJxHr90VDnY/UvjPPwzFkRI/AAAAAAAAE_c/qPxwywlQqZQ/s1600/Screenshot_2014-02-10-20-02-13-1.png
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/665174/big/Megabuild+Indonesia-ok.JPG
  • http://www.kabarbisnis.com/images/photo/286418e527c083d896abebbcfc8dcf87.jpg