Keuntungan Mengikuti Sekolah Public Speaking, Bisa Hasilkan Uang?

Kamu pasti sudah sering mendengar yang namanya sekolah public speaking? Apa sih keuntungan bagi kamu atau karyawan yang mengambil pendidikan atau kelas public speaking di lembaga pendidikan saat ini udah menjamur.  

Buat menambahkan kepercayaan diri mengikuti sekolah public speaking sah-sah saja bagi kamu yang memerlukan. Nah saat ini sudah banyak lho deretan sekolah atau lembaga yang mengajarkan dan memberikan keahlian dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berkomunikasi.  

Pasalnya masih ada orang yang kurang percaya diri dengan kemampuan berbicara di depan umum. Bagi profesi yang kerap berhubungan dengan masyarakat seperti Public Relations atau Humas mau gak mau mesti memiliki keahlian ini.

Bagi yang belum tahu, apa sih public speaking itu? Public speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (khalayak) lainnya seperti dikutip dari Kompasiana.com, Rabu, (26/2/2020). 

Public speaking sendiri juga bisa diartikan “pembicaraan publik” yang maksudnya adalah mampu berbicara di depan banyak orang. Nah kemampuan ini memang tidak dimiliki oleh banyak orang. 

Gak semudah dibayangkan lho berbicara di depan banyak orang dapat lancar dan tersampaikan pesan apa yang kita maksud. Rasa gugup, grogi saat berbicara di depan banyak orang seperti meeting, memberikan pidato atau acara-acara lainya, perasaan tidak percaya diri bahkan buyar bisa saja terjadi.

Nah dengan adanya lembaga pendidikan public speaking saat ini, diharapkan banget bisa memberikan ilmu dalam berkomunikasi yang baik. Memperhatikan bahasa tubuh, intonasi berbicara, penggunaan kata-kata saat berbicara memang sangat penting banget nih. 

Apalagi bagi yang pengin memiliki jenjang karier di level manajer atau pindah ke perusahaan besar dengan tanggung jawab pekerjaan lebih berat, keahlian komunikasi yang baik sangat dituntut. Jadwal meeting padat dan menjelaskan keadaan perusahaan terkini memang sangat dituntut nih kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Atau mungkin bagi kamu yang terpikirkan untuk menjadi seorang master ceremony alias MC demi mendapatkan pemasukan tambahan? Mengikuti sekolah public speaking bisa lho dijadikan salah satu jalan buat kamu menghasilkan uang tambahan, masuk akal bukan?

Siapa tahu kamu bisa mendapatkan ‘job’ alias pekerjaan sebagai MC acara perusahaan (coorporate), wedding party atau MC profesional gak ada salahnya. 

Belum lagi kalau kamu memang hobi atau punya kepercayaan diri ‘ekstra’ untuk tampil di depan banyak orang. Nah kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan lho. 

Sekolah public speaking besutan para ahlinya

Kelas public speaking kini banyak lho di Jakarta

Nah bagi kamu saat ini tengah mencari atau berminat mengambil kelas di sekolah public speaking sekarang banyak pilihannya. Biasanya nih lembaga pendidikan public speaking banyak didirikan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. 

Misalkan presenter dan penyiar radio senior Becky Tumewu, Erwin Parengkuan hingga Alvin Adam. Para bintangnya di dunia presenter ini memang saat ini tengah asyik dengan bisnis yang sudah lama di rintis. 

Misalnya Alvin Adam School, sekolah yang didirikan oleh Alvin Adam ini juga memberikan kelas public speaking bagi siapapun. Kelas yang tersedia pun juga beragam nih mulai public relation, master of ceremony dan public speaking. 

Alvin Adam dikenal sebagai mantan presenter berita di Metro TV. Biaya untuk mengikuti kelas-kelas yang tersedia beragam lho mulai Rp 3.500.000 hingga Rp 5.000.000. 

Berbeda lagi dengan Talk.Inc yang didirikan oleh Becky Tumewu dan Erwing Parengkuan. Kedua bintang panggung master of ceremony ini udah lebih dulu dikenal mendirikan sekolah public speaking. 

Talk Inc ada lembaga pendidikan yang didirikan oleh presenter senior ini. Nah buat biayanya pun kamu bisa langsung  mengeceknya di website resminya. 

Misalkan kamu seorang karyawan dengan penghasilan Rp 13.000.000 per bulan, sebenarnya kamu bisa mengambil kelas public speaking seperti di atas. Kamu bisa menggunakan metode 20/30/50 untuk mengatur keuangan mu. 

Meskipun memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi demi jenjang karier, yang gemilang buat dirimu, kamu mesti menyisihkan 20 persen dari gaji untuk tabungan. 

Nah untuk biaya sekolah public speaking kamu bisa mengambil dari 30 persen dari penghasilan. 30 persen gaji kamu yang Rp 13.000.000 per bulan yakni Rp 3.900.000.  Dari uang sebesar Rp 3.900.000 per bulannya, bisa kamu alokasikan buat membayar biaya kelas public speaking. 

Cari uang tambahan menjadi mc nikahan atau coorporate

Menjadi mc nikahan atau coorporate kamu bisa menambah uang

Nah untuk 50 persen dari gaji kamu, gunakan buat kebutuhan pokok personal mulai dari uang transportasi, biaya hidup hingga membayar tagihan utang. 

Dengan memiliki gaji segitu, kamu bisa lho mengikuti kelas public speaking demi mendapatkan dan meningkatkan keahlian dalam berkomunikasi. Gak cuma itu, seperti yang udah dijelaskan di atas, kamu juga bisa mencari uang tambahan menjadi seorang master of ceremony atau mc. 

Untuk sebagai pemula menjadi seorang MC tarifnya memang gak terlalu tinggi nih. Untuk menjadi seorang MC di acara pernikahan untuk teman atau sahabat kamu bisa kok membanderolnya di angka Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000. 

Kalau kamu memiliki hubungan pertemanan yang luas, mendapatkan informasi pekerjaan tambahan jadi mc sangat mudah lho. Apalagi menjadi seorang mc buat acara coorporate, fee yang didapatkan cukup lumayan untuk dompet.

Untuk seorang mc pemula acara coorporate atau perusahaan, kamu bisa mematok tarif di harga Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 per acara. Lumayan juga nih kalau kamu bisa mendapatkan 2 atau 3 acara dalam sebulan.

Bayangkan aja kalau kamu mendapatkan job dalam sebulan 3 kali menjadi MC, cukup lumayan lho uang yang masuk dalam kantong. Gimana berminat buat mengikuti sekolah public speaking? Jika berminat, selain udah mengeluarkan biaya buat kelas public speaking kamu juga pandai-pandai nih menghasilkan uang dari kerja sampingan mu sebagai mc. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)