Selain Jokowi, Ini 6 Presiden Sederhana yang Patut Kita Tiru

Jokowi yang sejak tahun 2014 menjabat sebagai presiden di Indonesia dikenal sebagai salah satu presiden sederhana di dunia. Gaya sederhananya terlihat dari pilihan pakaian, transportasi, dan liburan yang begitu merakyat.

Tapi, ternyata bukan cuma Jokowi satu-satunya presiden di dunia yang menerapkan hidup sederhana. Ada beberapa tokoh publik yang pernah menjabat presiden di negeri lain yang ternyata jauh lebih sederhana.

[Baca: Ini Nih 8 Gaya Hemat Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru]

Penasaran gaya sederhana presiden-presiden tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Nelson Mandela

presiden sederhana
Nelson Mandela (biography)

Siapa sih gak kenal dengan nama Nelson Mandela? Presiden Republik Afrika Selatan ini menjabat dari tahun 1994 hingga 1999.

Mandela terkenal karena melakukan pembebasan terhadap kolonialisme dan apertheid di negeri tersebut. Bukan cuma itu, Mandela pun selalu tampil sederhana dan mau berkorban demi rakyatnya.

Salah satu contohnya adalah Mandela rela memotong gajinya sebagai presiden buat anggaran sosial dan membantu anak-anak Afrika Selatan. Rumahnya yang berada di daerah Qunu sama sekali gak mewah, bahkan sama dengan rumah masyarakat umum.

2. Ahmadinejad

presiden sederhana iran
Dekat dengan rakyat (tribunnews)

Kamu mungkin udah pernah dengar kisah mengenai presiden asal Iran ini. Ahmadinejad dikenal sebagai presiden yang gak berjarak dengan rakyatnya. Kemudian, dia pun terkenal hidup benar-benar sederhana.

Kesederhanaannya terlihat dari harta kekayaannya yang gak sebanding dengan presiden-presiden lainnya. Ahmadinejad cuma punya rumah mungil berukuran 175 meter persegi dan mobil tua keluaran 1977 bermerk Peugeot.

Sempat juga santer diberitakan kalau Ahmadinejad meminta buat mengganti karpet antik Persia yang ada di istana negara dengan karpet biasa aja. Dia juga menolak adanya kursi VIP di dalam pesawat kepresidenan.

3. Lula Da Silva

presiden sederhana di dunia
Lula Da Silva (thetimes)

Lula Da Silva terpilih sebagai presiden Brasil ke-39 di tahun 2002 setelah tiga kali mengalami kegagalan.

Yang menarik adalah Lula Da Silva bukanlah sosok terpelajar. Dia berasal dari partai buruh yang saat masih kecil harus meninggalkan bangku sekolah karena bekerja. Lula pun sempat hidup di jalanan.

Latar belakangnya tersebut ternyata gak dilupakan olehnya saat menjabat sebagai presiden. Sewaktu menjabat, Lula tetap berpenampilan sederhana. Bahkan, survei menyatakan tingkat kepuasan rakyat terhadap Lula mencapai 80 persen.

[Baca: Ini Dia 7 Orang Indonesia yang Paling Dikagumi Publik]

4. Evo Morales

presiden sederhana dunia
Sweater-nya ikonik banget (lcid)

Evo Morales adalah orang pribumi pertama yang menjabat sebagai presiden di Bolivia. Dia menjabat sejak tahun 2006 hingga sekarang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kehidupan Evo sebelum menjabat sebagai presiden sangatlah sederhana dan bahkan tergolong miskin. Melihat latar belakangnya tersebut dan kondisi negaranya, Evo rutin memotong gajinya sejak menjabat buat peningkatan jumlah guru dan dokter.

Dia pun kencang mendorong para menterinya untuk mengikut gaya sederhana tersebut.

Oh ya, penampilan Evo Morales pun selalu terlihat biasa banget. Sosok presiden sederhana ini sering mengenakan sweater ataupun jaket kulit biasa.

5. Rafael Correa

presiden dunia terbaik
Berpendidikan tinggi tapi tetap bersahaja (abcnews)

Rafael Correa adalah presiden Republik Ekuador yang menjabat dari tahun 2007 hingga 2017 lalu. Berbeda dari dua nama sebelumnya, Rafael sebenarnya berasal dari golongan keluarga berada. Correa pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat dengan gelar PhD.

Meski demikian, Correa dikenal sebagai anti-neoliberal. Dia pun terkenal sederhana. Gak cuma dari penampilan, tetapi juga dari tindakan.

Salah satu tindakan revolusioner yang dia lakukan adalah memotong setengah dari gajinya sendiri demi menyelamatkan APBN dan gak memotong subsidi rakyat. Correa pun pernah mengeluarkan dekrit buat pembekuan gaji pejabat negara selama dua tahun demi menyelamatkan APBN dari defisit.

[Baca: Gaji Presiden Jokowi Lebih Kecil dari Gaji Bos 4 Bank Ini!]

6. José Mujica

presiden sederhana uruguay
Pejuang rakyat (time)

José Mujica atau dikenal sebagai Jose ‘El Pepe’ Mujica menjabat sebagai presiden Uruguay di tahun 2010 sampai 2015.

Awalnya El Pepe pernah dipenjara karena melawan kediktatoran di Uruguay. Kerja keras tersebut membuahkan hasil. Dia pun didapuk jadi pemenang pemilu tahun 2009 dan menjabat di tahun selanjutnya.

Selama jadi presiden, El Pepe dikenal sangat sederhana. Dia bahkan rela menyumbangkan 90 persen dari total gajinya buat anggaran sosial negaranya. Kekayaan pribadinya gak lebih dari Rp 18 juta dan dia cuma pakai mobil Volkswagen Beetle tahun keluaran 1987.

Pernah suatu kali, El Pepe mengendarai Vespa tua ke gedung parlemen saat masih jadi anggota parlemen.

Keren-keren ya presiden yang udah disebutkan di atas. Ternyata cukup banyak presiden sederhana di dunia ini. Yuk dicontoh!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →