Selalu Sedia 5 Makanan Kecil Ini Buat Ganjel Perut Saat Buka Puasa di Jalan

saat buka puasa

Sudah jadi pemandangan jamak kalau kondisi lalu lintas saat puasa bakalan makin ramai. Di trotoar kiri-kanan banyak penjaja makanan kecil seperti gorengan sampai nasi Padang komplet dengan rendang. Ini jadi semakin parah ditambah dengan para pekerja pulang kantor yang ingin cepat sampai di rumah. Walhasil, jalan raya padat, dan kemacetan pun gak bisa dihindari lagi.

Nah, buat umat Muslim yang lagi menjalankan puasa, kondisi ini tentu jadi salah satu faktor pendorong untuk jajan menu pembuka di jalan. Ya mau gimana lagi? Waktu Maghrib sudah datang, tapi pembatal puasa belum di tangan lantaran belum sampai di rumah.

Tapi ingat, jajan menu buka puasa di jalanan bisa berakibat buruk buat kesehatan lho. Gak semua jajanan yang dijual di pinggir jalan itu aman dan sehat untuk dikonsumsi. Secara kasatmata saja, makanan yang gak ditutupi di jalanan terkena asap knalpot dan debu, kan?

Jadi daripada jajan sembarangan yang bisa berakibat masuk rumah sakit dan menghabiskan biaya, lebih baik bawa bekal makanan kecil aja buat buka puasa di jalan. Berikut ini ide makanan kecil yang bisa dijadikan bekal buka puasa:

1. Kurma

saat buka puasa
Oh kurma, kau begitu menggoda hehehe (Buah Kurma / infohaji)

Nabi menganjurkan kita berbuka puasa menggunakan kurma. Hasil bumi dari Timur Tengah ini memang punya banyak manfaat sebagai menu berbuka.

Kurma mengandung gula, zat yang penting untuk memulihkan energi setelah seharian tubuh gak mendapat asupan apa-apa. Sediakan 3-5 buah kurma di kontainer plastik tiap hari.

Buah sejumlah itu cukup sebagai asupan pembuka buat tubuh. Setelah di rumah, baru deh berbuka dengan menu lebih berat.

2. Roti

Roti yang disarankan dipakai untuk buka puasa adalah yang berbahan gandum. Sebab, gandum mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat perut lebih terisi.

Bila memungkinkan, siapkan roti sandwich sebagai bekal buka puasa dari rumah. Isinya dibikin komplet dengan komposisi daging dan sayuran plus tomat agar nutrisi yang masuk ke tubuh lebih lengkap

Namun roti biasa dengan isi cokelat atau keju juga sudah cukup. Asal bukan satu bungkus roti tawar isi 10 lembar. Itu namanya makan malam, bukan buka puasa.

saat buka puasa
Siapa sih yang gak suka roti? Simpel dan bergizi tinggi ya! (Roti Gandum / merdeka)


3. Buah

Buah-buahan juga bisa jadi alternatif bekal buka puasa. Sebaiknya buah tersebut mengandung banyak air seperti melon atau semangka.

Dengan begitu, tubuh bisa mendapat dua macam asupan sekaligus, yakni makanan padat dan cairan. Lebih baik lagi kalau bawa banyak buah sebagai salad.

Tapi kalau mau yang simpel, buah pisang juga bisa dimanfaatkan. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral serta kalori untuk membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

4. Biskuit/ wafer/ cokelat

Biskuit atau wafer juga merupakan makanan kecil yang bisa dipakai buat buka puasa di jalan. Di warung kecil ada, di minimarket apalagi. Tapi jangan baru beli pas di jalan, repot.

Selipkan saja satu-dua bungkus biskuit atau wafer di tas. Biar tinggal buka ketika suara azan magrib terdengar di jalan.

Cokelat batangan juga bisa menjadi pilihan. Makanan kecil ini juga mengandung kalori yang penting untuk menambah energi.

saat buka puasa
Biskuit dan wafer bisa dibawa ke mana saja tinggal nyam! (Biskuit / wordpress)

5. Bakpao

Makanan kecil dari Negeri Cina ini bisa jadi pilihan selanjutnya. Mirip dengan roti, tapi bakpao punya rasa yang lebih khas.

Bakpao dengan isian apa pun bisa dipilih, dari kacang hijau sampai daging ayam. Tapi lebih baik pilih bakpao isi daging ayam.

Sebab, ada kandungan protein dalam daging. Zat ini penting untuk menambah tenaga dan memperkuat otot.

Nah, gimana dengan ide 5 makanan kecil buat buka puasa di jalan itu? Simpel dan lebih terjamin kesehatannya, terutama bila buatan sendiri.

Daripada jajan sembarangan yang belum tentu sehat plus ngabisin duit, lebih baik bawa bekal sendiri kan. Duit jajan takjil itu bisa disimpan buat hal lain, misalnya ditabung untuk keperluan belanja Lebaran.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 5 Resolusi Sehat Tahun Baru yang Nggak Nguras Duit]

[Baca: Bisnis Ramadan: Cari Usaha yang Gak Cuma Laku Pas Ramadan? Bisnis Katering Rumahan Jawabannya!]

[Baca: Bisnis Ramadan: Mau Nambah Penghasilan Selama Puasa? Coba 5 Bisnis Dadakan dengan Modal di Bawah Rp 5 Juta Ini]

[Baca: Ini Nih Mitos-mitos Gak Bener Soal Puasa yang Bisa Bikin Dompet Boncos]