Gak Nyangka! Harga 7 Senjata Tajam Ini Mahal Banget, Tembus Ratusan Miliar

Begitu mendengar senjata tajam, pasti yang ada di bayangan adalah pisau atau pedang. Dulunya, senjata-senjata tersebut digunakan sebagai alat bertempur. Sekarang pun juga demikian, masih dipakai dalam kemiliteran.

Namun, gak sedikit orang-orang yang memiliki senjata tajam dengan tujuan untuk dikoleksi. Namanya barang koleksi, udah pasti harganya mahal.

Dari sekian banyak senjata tajam yang ada di dunia, beberapa di antaranya dijual dengan harga yang terbilang fantastis. Gak tanggung-tanggung, senjata-senjata tersebut dijual dengan harga jutaan dolar alias puluhan miliar rupiah.

Penasaran apa senjata-senjata tajam di dunia yang mahalnya bukan main? Cari tahu yuk dalam ulasan ini yang dikutip dari Sharpblades berikut:

1. Pedang Boateng abad ke-18: Rp 108 miliar

Pedang Boateng abad ke-18
Pedang Boateng abad ke-18

Senjata tajam yang berasal dari Kekaisaran Cina ini dijual dengan harga tinggi di pelelangan. Udah dua kali pedang Boateng dilelang.

Saat pelelangan pertama pada tahun 2006, pedang Boateng dijual seharga US$ 5,93 juta atau sekitar Rp 83 miliar.

Lalu, pada pelelangan kedua tahun 2008, pedang abad ke-18 ini dilepas dengan harga US$ 7,7 juta atau sekitar Rp 108 miliar.

Boleh jadi karena pedang ini dikategorikan sebagai senjata antik, harganya jadi sangat mahal. Sekadar diketahui, pedang Boateng dibikin pada masa Pemerintahan Kaisar Qianlong.

Terbuat dari baja yang dihiasi emas, perak, dan tembaga, pedang ini memiliki desain menarik. Apalagi, penggunaan batu giok sebagai gagang pedang Boateng menjadi faktor yang memengaruhi nilai jual senjata tajam ini.

Baca juga: Capai Rp 38 Triliun! Ini 5 Senjata Mematikan Termahal di Dunia

2. Pedang Napoleon Bonaparte: Rp 91 miliar

Pedang Napoleon Bonaparte
Pedang Napoleon Bonaparte

Senjata tajam lainnya yang mencatat rekor penjualan termahal di dunia adalah, pedang Napoleon Bonaparte. Pedang bersejarah milik Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte ini dijual dengan harga US$ 6,5 juta atau Rp 91 miliar.

Pedang ini pernah dibawa Napoleon Bonaparte dalam Pertempuran Marengo pada tahun 1800. Selain karena nilai historisnya, pedang ini bisa mahal karena memiliki lapisan emas yang melekat di senjata tersebut.

Pedang ini awalnya dipegang keluarga Napoleon dari generasi ke generasi. Hingga akhirnya dijual di Prancis pada tahun 2007.

Baca juga: Intip Harga 7 Alutsista TNI yang Canggih, Salah Satunya Jet Termahal di Dunia!

3. Belati Nasrid abad ke-15: Rp 84 miliar

Belati Nasrid abad ke-15
Belati Nasrid abad ke-15

Disebut sebagai belati bertelinga, senjata tajam abad ke-15 ini dijual dengan harga US$ 6 juta atau Rp 84 miliar. Desainnya yang unik dengan adanya tambahan seperti telinga di gagangnya bikin belati ini punya nilai jual yang tinggi.

Belati bertelinga ini diketahui berasal dari Afrika Utara, dan menjadi simbol keagungan pada zaman Dinasti Nasrid. Dilapisi warna emas dan diukir dengan ornamen yang menarik bikin belati sangat menarik dipandang.

4. Belati Shah Jahan: Rp 46 miliar

Belati Shah Jahan
Belati Shah Jahan

Senjata tajam berikutnya yang dijual dengan harga fantastis adalah, belati Shah Jahan. Senjata yang merupakan milk Kaisar Mughal Shah Jahan dihargai US$ 3,3 juta atau Rp 46 miliar.

Shah Jahan merupakan Kaisar Mughal yang membangun Taj Mahal sebagai tempat pemakaman buat istrinya. Ke mana pun Shah Jahan pergi, dia selalu membawa belati yang terbuat dari baja dan berhiaskan emas ini.

Nah, itu tadi deretan senjata tajam termahal di dunia yang pernah dijual. Gak heran kalau senjata-senjata tersebut begitu mahal. Selain termasuk barang antik, senjata-senjata tersebut juga punya sejarah yang menarik. Jadi, wajar aja kalau para kolektor pengin mengoleksinya. (Editor: Chaerunnisa)