Buatan Indonesia! Ini 5 Senjata Mematikan Milik TNI yang Diproduksi oleh PT Pindad

Senjata TNI yang Dibuat PT Pindad Indonesia (Shutterstock).

Senjata TNI yang Dibuat PT Pindad Indonesia (Shutterstock).

Baru-baru ini terdapat berita yang menyedihkan. Seorang anggota militer Indonesia harus gugur ketika sedang melindungi senjata TNI yang sedang dikirim di wilayah Deiyai, Papua. Ini menambah panjang daftar anggota keamanan kita yang meninggal ketika sedang bertugas.

Disinyalir kelompok yang melakukan aksi tersebut adalah kelompok kriminal bersenjata wilayah setempat.

“Rekan kita, satu anggota TNI yang gugur, dia sedang menjaga kendaraan, menjaga senjata yang disimpan dalam kendaraan. Kemudian dilukai dan akhirnya dibacok dengan panah sehingga gugur. Senjatanya dirampas,” terang Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri pada tanggal 29 Agustus 2019, mengutip dari Detik.

Terdapat berbagai macam jenis persenjataan yang ada dalam kendaraan tersebut mulai dari yang dibuat dari luar negeri hingga yang diproduksi oleh PT Pindad.

Ngomongin tentang senjata TNI buatan PT Pindad, paling gak ada 5 tipe senapan yang sering digunakan oleh angkatan darat guna melindungi wilayah NKRI. Penasaran apa aja? Mending kita simak langsung aya yuk daftar lengkapnya berikut ini:

1. Senjata TNI SS1

Senjata TNI
Senjata SS1 (Pindad.com)

Mengutip dari Military Factory, senjata pertama yang sering digunakan oleh tentaranya dalam bertugas adalah SS1. Tipenya tergolong dalam senapan serbu yang bisa menghempaskan 700 peluru dalam satu menit.

Pertama diluncurkan pada tahun 1991, kemampuan SS1 bahkan udah sampai ke telinga negara lain. Buktinya pemerintah Kamboja, Uni Emirat Arab, Mali dan Nigeria udah memanfaatkan senapan ini sebagai Alat Utama Sistem Pertahanan (ALUTSISTA).

Tentara elit nasional Kopassus pun gak ketinggalan untuk bisa merasakan betapa mematikan senjata yang satu ini.

2. G2

Senjata TNI
Senjata G2 (Pindad.com)

Kedua terdapat senjata TNI berjenis semi-automatic handgun bernama G2 yang dibuat oleh PT Pindad. Kalibernya yang kecil berukuran 9 mm membuat senapan ini ringan untuk dibawa kemana-mana.

G2 pertama kali diperkenalkan oleh PT Pindad pada tahun 2006 dan dibuat khusus untuk pertempuran jarak dekat dan untuk pengamanan pribadi.

3. Pindad SPR

Senjata TNI
Senjata SPR 2 (Pindad.com)

Selanjutnya ada Pindad SPR yang berjenis senjata jarak jauh atau biasa lebih dikenal dengan Sniper. Nama SPR dibelakangnya sendiri memiliki kepanjangan Senapan Penembak Runduk.

Diperkenalkan ke publik pada tahun 2008, Pindad SPR memiliki jarak efektif untuk menembak sejauh 610 meter.

4. PM2

Senjata TNI
Senjata PM2 (Pindad.com)

Datang dari jenis Sub-Machine Gun (SMG) ada PM2 yang udah mulai digunakan sebagai senjata TNI semenjak tahun 2014 lalu.

Dalam satu selongsong PM2 bisa menembakan sebanyak 30 peluru. Ukurannya yang lebih kecil dari SS1 membuat senapan ini lebih cocok untuk digunakan pertempuran jarak dekat.

5. SS2

Senjata TNI
Senjata SS2

Terakhir ada senjata TNI yang merupakan versi pembaharuan dari SS1 yaitu SS2. Tipe ini dirilis pertama kali pada tahun 2006.

Desainnya yang baru mampu menambah rasa nyaman bagi para tentara guna menembak target secara lebih sempurna. Negara Mali dan Uni Emirat Arab lagi-lagi mengimpor senapan ini dari Indonesia.

Nah itulah 5 senjata TNI yang mematikan dan dibuat oleh perusahaan dalam negeri yaitu PT Pindad. Semoga kedepannya ALUTSISTA Indonesia bisa lebih canggih dan mampu bersaing dengan negara lainnya ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis