Sempat Melempem di Piala Dunia, Messi Tetap Pesepakbola Terkaya

lionel messi

Nama Lionel Messi memang kerap disebut-sebut, lantaran Messi dianggap sebagai salah satu penyebab terseoknya timnas Argentina di awal Piala Dunia 2018. Argentina emang baru saja menang dari Nigeria dengan skor 2-1, tapi sebelumnya nih, mereka imbang dengan Islandia di skor 1-1, dan dibantau Kroasia dengan skor 0-3.

Tapi jangan salah, meski sang kapten Argentina ini baru mencetak 1 gol di Piala Dunia 2018, dia tetap jadi pesepakbola terkaya di dunia lho.

Menurut laporan dari Forbes, Messi tercatat sebagai atlet terkaya nomor dua dunia. Sementara itu Cristiano Ronaldo menduduki urutan ketiga. Nomor satunya adalah sang petinju Floyd Mayweather Jr.

Kekayaan pria dengan julukan La Pulga ini dikabarkan mencapai US$ 111 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun.

Walaupun gak bersinar di ajang Piala Dunia tahun ini, kerja keras Lionel Messi dalam meniti karier memang patut diacungi jempol lho.

Sebagian dari kamu mungkin tahu bahwa dia adalah sosok pesepakbola tajir. Tapi mungkin kamu belum tahu kan bagaimana kisah masa lalu Messi yang cukup memprihatinkan? Yuk simak kisahnya di bawah ini.

1. Lahir dari keluarga miskin

Lionel Andrés Messi lahir pada 1987 di Rosario, Argentina. Ayahnya adalah buruh pabrik baja, sementara ibunya adalah seorang infal. Passion-nya di dunia sepakbola memang sudah terlihat sejak berusia lima tahun.

Messi terlihat cukup lihai ketika bermain bola. Namun postur tubuh Messi memang dinilai jauh lebih pendek ketimbang bocah-bocah seusianya.

Hebatnya nih, dia udah masuk ke klub sepakbola lho saat masih usia empat tahun. Dan udah pernah menyabet satu piala juga. Konon kabarnya ketika dia bergabung di Newell’s Old Boys, saat masih enam tahun, Messi berhasil mencetak 500 gol.

2. Menderita kelainan hormon pertumbuhan

lionel messi
Gak dipungkiri, Barcelona bisa dibilang menyelamatkan kehidupan Messi (Ju_42/Flickr)

Nahasnya, ketika menginjak usia 11 tahun, Lionel Messi dikabarkan mengidap penyakit kelainan hormon pertumbuhan. Dia pun butuh terapi dan pengobatan kalau gak mau kariernya di masa depan terancam. Apalagi dia mau jadi pemain bola.

Karena kekurangan biaya, keluarganya pun gak sanggup membayar biaya terapi dan pengobatan bagi Messi kecil. Asuransi kesehatan milik ayahnya gak bisa menanggung biaya pengobatan tersebut.

Namun akhirnya, masalah itu bisa teratasi ketika Barcelona memutuskan untuk menampung Messi yang saat itu masih berusia 13 tahun. Klub bola asal Spanyol itu juga berkomitmen untuk membayar biaya pengobatan Messi.

3. Barcelona, tempat keluarga Lionel Messi bergantung hidup

Usai Messi yang masih remaja itu menandatangani kontraknya dengan Barcelona, keluarga Messi pun pindah ke Negeri Matador untuk mengadu nasib. Bayangin aja, bapak dan ibu nekat ke sana meninggalkan pekerjaan.

Mereka cuma berharap, pengobatan yang dibiayai oleh Barca bakal menyehatkan Messi. Dan Messi pun bisa tumbuh dewasa jadi bintang sepakbola di masa depan.

Empat tahun kemudian, lebih tepatnya di tahun 2005, Messi jadi pesepakbola di FC Barcelona yang berhasil mencetak gol. Dia pun selalu tampil sebagai bintang di lapangan, hingga jadi andalannya Barca.

Sejumlah penghargaan keatletan pun berhasil disabet Lionel Messi karena kelihaiannya dalam bermain bola. Dan di Piala Dunia 2014, dia berhasil memimpin Argentina hingga ke final. Walaupun kalah dengan skor 1-0 dari Jerman, penampilan Messi masih patut diacungi jempol.

Tampaknya harapan orangtua Messi berhasil terwujud ya. Kebayang sih seperti apa bahagianya mereka melihat putranya berprestasi seperti saat ini.

4. Gaji di dunia bola sangat fantastis!

lionel messi
Bayangin aja gajinya sebagai pemain sepakbola aja udah segitu (Dilip_Bagdi2005/Flickr)

Sebagai pemain sepakbola, gaji Lionel Messi sudah naik per November 2017. Dia dikabarkan sudah meneken kontrak baru dengan klub bola asal Catalan, Spanyol itu hingga tahun 2021.

Konon kabarnya, Barcelona harus mengeluarkan bujet sebesar Rp 3 triliun untuk mengamankan Messi selama empat tahun. Kalau Rp 3 triliun untuk empat tahun, selama setahun berarti penghasilan Messi di Barcelona sekitar Rp 750 miliar! Serem!

Itu baru gaji lho, belum lagi kalau ada bonus-bonusnya. Kalau gajinya sebesar itu, ya gak apa-apa deh mau beli mobil sport. Tapi kebayang gak sih kalau diinvestasikan, pasti keuntungannya berlebih tuh.

5. Penghasilan sebagai brand ambassador mencapai US$ 27 juta

Sebagai selebriti, tentu saja Lionel Messi juga kerap jadi brand ambassador dari berbagai merek-merek terkenal. Forbes melaporkan, penghasilan Messi dari endorsement produk-produk itu mencapai US$ 27 juta lho.

Beberapa brand yang sudah bekerja sama dengan Messi antara lain adalah Adidas, Gatorade, Pepsi, Ooredoo, Huawei, dan Hawkers. Gokil, brand-brand ternama di dunia semua itu.

6. Punya bisnis yang bakal dibuka tahun 2020 di Cina

 

lionel messi
Untungnya aja, Argentina di Piala Dunia 2018 cuma kalah 1 kali. Bisa dibilang Messi jadi penyelamat nih karena golnya (Victor Yokum/Flickr)

Cristiano Ronaldo punya museum pribadi di kampungnya. Tapi kalau Messi justru memilih Kota Nanjing, Cina. Asal kamu tahu nih, Messi mendirikan sebuah theme park berkonsep sepakbola dan teknologi. Taman hiburan itu bernama The Messi Experience.

Kabarnya sih, tiket masuk taman bermain itu mencapai US$ 40. Lumayan mahal ya, Dunia Fantasi aja gak semahal itu.

Itulah kisah perjalanan Lionel Messi yang dari kecil hingga kini masih setia di Barcelona. Berkat kemenangannya melawan Nigeria, Argentina saat ini duduk di posisi kedua Grup D dan masuk babak 16 besar nih.

Pada Sabtu 30 Juni, mereka bakal menghadapi Prancis lho. Kira-kira Argentina bakal menang gak nih dari tim yang dijuluki Les Blues ini? Dari babak penyisihan, Prancis ini gak pernah kalah lho.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →